10 Game Edukasi Anak untuk Asah Kreativitas

Diposting pada

Siapa yang tak tahu dengan istilah game. Game merupakan salah satu bentuk permainan yang terstruktur dan memiliki berbagai fungsi seperti hiburan bahkan edukasi. Game edukasi ini dapat melatih otak kita agar lebih kreatif dalam melakukan berbagai hal.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini game menjadi salah satu aktivitas yang paling banyak dikerjakan. Bahkan jika dilihat trennya tidak mengenal batasan usia, baik muda atau tua menyukai permainan ini.

Hanya saja, tidak semua game memberikan pengalaman positif atau bisa dikatakan yang mengedukasi. Kebanyakan lebih untuk hiburan ataupun bersenang-senang.

Nah, pada kesempatan ini kita akan fokus membahas mengenai beberapa game edukasi yang sangat bermanfaat untuk melatih kreativitas kita.

1. Brain Test

Game Edukasi Brain Test

Game besutan Unico Studio ini adalah salah satu game asah otak  yang cukup populer. Karena sudah digunakan lebih dari 100 juta orang yang tersebar di seluruh dunia. Yang paling menarik adalah, kamu bisa menggunakan game ini tanpa jaringan internet.

Jika dimasukkan dalam kategori, game ini adalah termasuk permainan asah otak. Sehingga selain menawarkan hiburan juga menghadirkan cara mengasah kemampuan dan terkadang memaksa harus berpikir keras.

2. Tebak Gambar

Game Edukasi Tebak Gambar

Tebak gambar adalah game yang berkonsep asah otak ringan, dimana kamu akan menebak gambar yang dimodifikasi sedemikian rupa. Fitur game ini terbilang kreatif dan imajinatif, sehingga sangat cocok untuk mengasah kemampuan.

Popularitas di Google Play Store, game tebak gambar ini sudah tidak diragukan lagi. Alasannya adalah pengguna yang mencapai lebih dari 10 juta. Tentu jumlah ini bukanlah jumlah yang sepele.

3. Brain Out

Game Edukasi Brain Out

Meskipun tren penggunaannya tidak setenar saat awal kemunculannya, game brain out masih menjadi salah satu game yang sangat recomended untuk dimainkan. Selain bisa menghibur, sekaligus mengasah kemampuan.

Jika terjadi kendala, kamu tidak bakal kesulitan untuk bisa memecahkan setiap soal yang ada. Karena telah ada jawaban yang lengkap. Salah satu situs yang mengulas kunci jawaban brain out sangat lengkap adalah mscapers.com.

4. Game Matematika – Pelatihan Otak

Game Edukasi Matematika

Pelajaran matematika seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Padahal jika mengetahui cara dan terbiasa memecahkan masalahnya, maka tidak akan mengalami kendala yang berarti. Kecuali soal yang belum pernah ditemui.

Nah, game matematika ini bisa menjadi salah satu cara untuk bisa belajar dengan mudah. Di dalam aplikasi ada berbagai soal matematika yang dikemas semenarik mungkin dan sesuai dengan persoalan matematika pada umumnya.

5. Game Anak Edukasi Hijaiyah

Game Edukasi Hijaiyah

Sebuah permainan yang akan memberikan kemudahan dalam mempelajari Huruf Hijaiyah. Seperti yang diketahui bersama, Huruf Hijaiyah adalah salah satu pelajaran penting dalam agama Islam. Untuk bisa membaca AL-Qur’an caranya adalah memulai dengan belajar Huruf Hijaiyah.

Pada game ini, kamu akan belajar mengenal huruf dan angka secara lengkap. Konsep belajarnya sangat interaktif dan tidak membosankan, sehingga sangat membantu dalam belajar agar semakin semangat.

6. Tebak Gila 1 – Pemutar Pikiran

Game Edukasi Tebak Gila 1

Konsep permainan ini adalah pertanyaan yang dikemas sedemikian rupa bahkan terkesan menjebak. Disini pemain akan berfikir untuk bisa menyelesaikan setiap pertanyaan agar bisa melaju ke level berikutnya.

Yang paling seru dalam permainan ini, kamu juga bisa bermain dengan player lain dari berbagai belahan dunia. Skor terbaik yang didapatkan secara otomatis dikirimkan ke papan peringkat setelah mencapai checkpoint.

7. Permainan Anak-Anak – Profesi

Game Edukasi Permainan Anak Profesi

Dengan permainan edukatif ini, anak-anak lebih mudah dalam mengenal beragam profesi yang ada. Beberapa profesi populer seperti pilot, dokter, polisi hingga chef dihadirkan dengan desain nampak nyata.

Game yang berukuran 20 MB ini setidaknya sudah digunakan lebih dari 5 juta di seluruh dunia. Dari respon penggunanya juga positif, sehingga tidak ada salahnya jika tertarik untuk mencoba games ini.

8. Funny Food 2

Game Edukasi Funny Food

Game edukasi yang sudah ada sejak 2017 ini sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Secara spesifik, Funny Food 2! Sangat berkaitan erat dengan pengelan buah dan sayur-sayuran. Namun, dikemas dengan beragam fitur yang menarik.

Beberapa tema yang bisa dipelajari dengan memainkan game ini adalah berhitung, mengenal bentuk dan warna, kreativitas, mengenal unit dan bagian, pencocokan hingga penyortiran. Semua dikemas dengan konsep yang menarik.

9. Game Anak Anak – Mobil Truk, Game Edukasi Anak

Game Edukasi Mobil Truck Anak

Meskipun konsepnya adalah kendaraan, bukan berarti game ini untuk anak laki-laki saja lho. Karena onti dari permainan ini adalah mengenalkan beragam jenis kendaraan beserta fungsinya. Sehingga sangat edukatif.

Misalnya saja mobil  truck, disini bisa digunakan untuk mengangkut berbagai keperluan dalam membangun sebuah gedung atau bangunan lain. Sebagai bukti eksistensinya, aplikasi besutan GoKids! Ini sudah diunduh lebih dari 50 juta.

10. Cat dan Pelajari

Game Edukasi Game Edukasi Cat dan Pelajari

Berikutnya adalah game edukasi yang cocok untuk anak-anak. Ada lebih 200 halaman mewarna yang siap disulap menjadi gambar berwarna yang seru. Adapun untuk kategorinya sangat

Itulah beberapa game edukasi untuk anak yang bisa dijadikan salahs atu alternatif. Jika tertarik untuk menggunakannya, cukup pilih salah satu yang paling diminati. Dengan begitu kamu bisa mudah dalam menuntaskan setiap level.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.