10 Jurusan di SMK yang Memiliki Prospek Kerja Tinggi

Diposting pada

Siswa kelas 9 SMP yang nantinya akan melanjutkan ke SMK tentunya perlu terlebih dahulu mengetahui jurusan di SMK tempatnya bersekolah. Selain itu penting juga untuk mengetahui jurusan apa saja yang memiliki prospek kerja tinggi.

Lalu jurusan SMK apa saja yang memiliki prospe kerja tinggi dengan persentase kerja di masa depan yang tinggi, berikut ini adalah pembahasannya.

1. Animasi

Sekarang ini kebutuhan akan film animasi semakin meningkat, karena nyatanya orang dewasa pun lebih memilih menonton animasi dibandingkan yang lainnya. Karena itu seseorang dengan keahlian yang mumpuni dibidang ini pastinya akan sangat dibutuhkan.

2. Akuntansi

Sebenarnya ini merupakan jurusan yang menjanjikan, hanya saja masih banyak yang bertanya nantinya lulusan SMK akutansi kerja apa. Paling utama lulusan jurusan ini nantinya akan bekerja di perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, jadi jangan takut susah cari kerja.

3. Farmasi

Untuk bisa masuk ke jurusan yang satu ini bukanlah hal yang mudah karena berbanding lurus dengan prospek kerja yang ditawarkan. Bagi yang mengambil jurusan ini nantinya bisa langsung bekerja ataupun melanjutkan pendidikan dibidang yang sama.

4. Pelayaran

Prospek kerja jurusan yang satu ini tentunya tidak perlu diragukan lagi karena nantinya lulusan bisa langsung bergabung didivisi pelayaran. Sudah jelas jika pekerjaan tersebut akan memberikan gaji yang lumayan.

5. Multimedia

Selain animasi jurusan lainnya yang juga berhubungan dengan desain adalah multimedia. Mulmed atau MM ini merupakan jurusan yang memiliki prospek kerja cerah jika melihat bagaimana perkembangan desain di Indonesia.

6. IT

Lalu masih dari jurusan yang berhubungan dengan perangkat digital yakni IT. Jurusan ini tentunya memiliki prospek kerja yang sangat tinggi berdasarkan perkembangan teknologi di jaman sekarang, dan ke depannya.

7. Pariwasata

Indonesia yang terkenal dengan banyaknya tempat wisata tentunya akan memberikan prospek kerja yang besar untuk masyarakatnya. Karena itu bagi yang ingin melanjutkan ke SMK bisa mengambil jurusan ini untuk mendapatkan prospek yang tinggi.

Perbedaan SMA dan SMK yang Wajib Kamu Ketahui

8. Tata Boga

Dunia kuliner tidak akan ada matinya selama manusia masih ada, maka makanan masih sangat dibutuhkan. Jadi bagi yang memiliki keahlian memasak bisa mengambil jurusan ini sebab prospek yang ditawarkan juga sangat menjanjikan.

9. Tata Busana

Tidak hanya makanan saja yang tidak akan ada matinya selama manusia masi ada, tapi pakaian juga. Oleh sebab itu hal yang sangat menguntungkan jika sudah memiliki keahlian mendesain, dan kemudian masuk ke jurusan.

10. Teknik Otomotif

Kendaraan yang jumlahnya semakin bertambah setiap saatnya, tentunya membutuhkan penanganan khusus dari ahlinya. Sehingga teknik otomotif ini juga menjadi jurusan dengan prospek kerja yang sangat menjanjikan baik sekarang ataupun masa depan.

11. Administrasi Perkantoran

Jurusan SMK administrasi perkantoran juga tidak kalah menariknya dengan jurusan sebelumnya. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di perusahaan pemerintahan ataupun perusahaan besar.

12. Pemasaran

Mungkin sudah bukan rahasia umum kalau jurusan ini dianggap sebagai jurusan dengan level paling rendah di SMK. Padahal prospek kerja yang ditawarkan oleh jurusan ini sangat tinggi, baik itu bekerja untuk perusahaan swasta ataupun negeri atau bahkan bisa membuka usaha sendiri.

13. Perbankan Syariah

Indonesia memang sedang menggiatkan kegiatan yang berhubungan dengan syariah, termasuk dalam hal perbankan. Sehingga tidak heran jika jurusan ini memiliki prospek kerja yang tinggi karena semakin banyaknya perbankan syariah yang ada di Indonesia.

14. Tata Kecantikan

Terakhir jurusan di SMK yang memiliki prospek tinggi adalah tata kecantikan seperti make up, ataupun hair style. Jurusan ini juga sangat laris manis untuk urusan lapangan pekerjaan, jadi sangat sedikit lulusannya yang menganggur.

Ternyata jurusan di smk yang memiliki prospek kerja tinggi sangatlah banyak, dan beragam. Jadi jangan bingung lagi saat hendak memilih jurusan SMK nantinya.

Sumber:
1. Rencanamu.id
2. Renesia.com
3. Akupintar.id

Dimas Shandy
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.