Manfaat Buah Apel

10 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Diposting pada

Menurut Wikipedia, Apel merupakan buah yang biasanya kulitnya berwarna merah jika sudah matang (siap dimakan) yang pertama kali ditanam oleh Orang yang berada di Asia Tengah. Pohonnya bisa tumbuh setinggi 3 – 10 meter dengan daun yang berbentung lojong yang memiliki panjang 5 – 12 cm dan lebar 3 – 6 cm.

Sekarang buah apel sudah dibudidaya di seluruh dunia karena manfaat buah apel untuk kesehatan sangat banyak, buah apel mengandung zat-zat nutrisi yang sangat penting bagi tubuh seperti antioksidan, flavonoid, dan serat yang berguna untuk menurunkan berbagai risiko kesehatan, seperti kanker, hipertensi, dan diabetes.

Manfaat Buah Apel

Manfaat buah apel tidak perlu diragukan, apel berguna untuk kesehatan melebihi yang kita pikirkan karena apel memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan bagi tubuh manusia.

Berikut ini merupakan manfaat buah apel untuk menjaga kesehatan

1. Menjaga kesehatan otak

Menjaga kesehatan otak

Manfaat buah apel bisa mengurangi matinya sel-sel saraf akibat penuaan karena mengandung antioksidan kuersetin dan flavonoid. Kulitnya juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak.

Baca: Berapa Persen Kapasitas Otak yang Telah Anda Gunakan?

Menurut penelitian manfaat buah apel memiliki efek yang baik untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan stroke.

2. Menyehatkan mata

Menyehatkan mata

Mata manusia akan mengalami penurunan kemuampuan seiring bertambahnya usia. Faktor usia atau kebiasaan buruk dapat menyebabkan mata terkena rabun jauh, rabun dekat, silinder, maupun masalah mata yang lain.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata yaitu dengan mengkonsumsi buah apel karena mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

3. Menyehatkan mulut dan gigi

Menyehatkan mulut dan gigi

Dengan mengkonsumsi buah apel maka mulut akan memproduksi air liur untuk membersihkan rongga mulut sehingga bisa mengatasi bau mulut.

Selain itu, buah apel juga mengandung zat tanin yang berfungsi untuk membersihkan plak yang menempel pada gigi, sehingga gigi menjadi lebih sehat.

4. Baik untuk jantung

Baik untuk jantung

Resiko penyakit jantung dan menurunkan konsumsi dapat diatasi dengan mengkonsumsi apel satu atau dua buah apel sehari secara rutin. Buah apel juga bisa mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri.

Kombinasi serat larut dalam lemak seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati), dan antioksidan bisa mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

5. Mengurangi resiko gangguan pernapasan

Manfaat Buah Apel Mengurangi resiko gangguan pernapasan

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit pernapasan.

Tidak hanya itu, wanita hamil yang mengkonsumsi jus apel secara rutin juga dapat menekan gangguan pada pernafasan anak dalam kandungannya.

6. Memberikan perlindungan pada tulang

Manfaat Buah Apel untuk Memberikan perlindungan pada tulang

Masalah osteoporosis juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin karena terdapat kandungan flavonoid (phloridzin).

Selain itu, Kandungan Boron pada buah apel juga berfungsi untuk memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Hal Ini juga baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.

7. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh

Manfaat Buah Apel untuk Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian menemukan bahwa buah apel mengandung antioksidan yang disebut quercetin yang dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketikan pikiran sedang stres.

8. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat Buah Apel untuk Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan dapat berupa sembelit atau diare. Terkadang sembelit dapat terjadi karena kurangnya konsumsi serat sedangkan diare terjadi karena kurang bersihnya makanan yang kita makan.

Mengkosumsi buah apel kedua masalah pencernaan ini dapat diatasi karena kandungan seratnya dapat berfungsi untuk mengatasi sembelit, namun bisa juga menyerap kelebihan air dari kotoran yang menyebabkan diare.

9. Memelihara kesehatan usus

Memelihara kesehatan usus

Buah apel yang segar kaya akan serat larut dan tidak larut yang membantu melancarkan buang air besar. Mengkonsumsi buah apel yang segar dengan kulitnya lebih disarankan karena mengandung banyak serat dan antioksidan.

Selain itu, kandungan pektin pada buah apel juga memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.

10. Mengkontrol gula darah

Mengkontrol gula darah

Bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin. hal ini agar tidak bertambah dan menjadi serius karena Galacturonic acid di suplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin.

Itu dia manfaat buah apel untuk menjaga kesehatan. Manfaat buah apel yang paling sering orang ketahui yaitu dapat meminimalisir risiko kanker usus besar, kanker paru-paru dan kanker prostat.

Untuk mendapatkan manfaat buah apel secara optimal, pilih buah apel segar yang berwarna terang, tidak terlihat memar, dan bertekstur padat. Kandungan gizi dalam buah apel bisa terjaga jika disimpan dalam kulkas bersuhu 2 – 4 derajat Celcius.

Avatar
Frelancer yang memiliki hobi menulis artikel dan membuat berbagai aplikasi berbasis Website