10 Tips Cara Berteman dengan Baik

Diposting pada

Semua orang membutuhkan teman, entah itu teman hidup, teman biasa maupun teman dekat. Berteman merupakan salah satu hubungan sosial yang wajib dijaga dan di pertahankan. Jika kita tidak mempertahankan suatu hubungan pertemanan, maka pertemanan itu akan usai.

Lika-liku dunia perteman sangatlah banyak dan beranekaragam akan tetapi banyaknya lika-liku tersebut menuntut kita untuk mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang damai.

Tips Berteman yang Baik

Apa saja tips berteman yang baik itu?, berikut uraiannya:

1. Tidak Egois

Biasanya dalam pertemanan sifat egois muncul begitu saja. Mungkin kita merasa lebih baik dari teman-teman kita, bahkan lebih segalanya, tetapi sifat egois harus kita hilangkan dari dalam diri kita, jika kita menginginkan pertemanan yang baik.

Dalam berteman satu dari kita egois, mungkin teman-teman kita yang lainya juga ikut egois. Ketika teman kalian egois, Apakah kalian menyukainya? Mungkin tidak… jadi mulai sekarang jauhi sifat egois yang ada didalam diri kita ya.

2. Tidak Mudah Emosi

Sifat manusia berbeda-beda, ada yang mudah emosi, ada juga yang emosinya masih bisa di kendalikan. Kalian tau? Bahwa emosi itu suatu hal yang tidak baik, bahkan orang yang emosi mudah sekali melakukan hal yang tidak diinginkan.

Jika salah satu teman kita melontarkan guyonan ringan jangan mudah kita masukkan ke hati, mereka hanyalah bercanda. Mungkin ada yang mudah mengambil hati setiap perkataan yang keluar dari lisan orang lain, akan tetapi itu bukan hal yang baik.

Jika sudah emosi maka biasanya hal yang tidak diinginkan akan terjadi seperti melontarkan kata-kata kasar dan lain sebagainya, memang mengendalikan emosi itu tidak mudah, akan tetapi apabila kita berusaha pasti kita bisa!

3. Tidak Pilih Kasih

Jika kita berteman dan teman kita lebih mementingkan teman kita yang lain, pasti kita kecewa bukan?

Jika teman kita pilih kasih kepada teman kita lainya, pasti sakit kan?

Contoh 1: Saya berteman dengan Si A dan Si B.

Si A memperlakukan Si B dengan baik dan SI A memperlakukan saya dengan Buruk.

Contoh2: Saya berteman dengan Si C dan Si D.

Jika bermain ataupun belajar SI C selalu mengajak Si D dan memvavoritkan Si D, tetapi Saya tidak di pedulikan oleh Si C.

Jika kalian di posisi Saya kalian sakit hati bukan?

Pilih kasih itu tidak baik, membuat rusak sebuah pertemanan dan pastinya jika teman kita pilih kasih saat berteman,  itu sangat menyakitkan, maka jangan sekali-kali seperti itu.

4. Memiliki Sifat Jujur

Kejujuran adalah Kunci Kehidupan.

Nah, kaliamat di atas merupakan kalimat pentingnya sifat jujur, karena jujur hidup akan senantiasa merasa aman. Dan jika kita berbohong, hidup kita akan keluar dari  zona aman.

Jujur itu penting!! Jika jita berteman membawa kebohongan apa yang terjadi? Pastinya semua akan kecewa dan tidak percaya kepada kita.

Contoh: Aku mempunyai kedai kopi terkenal di jakarta. 

Semua orang percaya dengan kalimat di atas, padahal aku tidak mempunyai kedai kopi.

Itu adalah Kalimat kebohongan, jika sekali di lakukan mungkin masih bisa di maafkan, tetapi jika berkali-kali mungkin teman kita tidak akan memaafkannya.

5. Bersikap Terbuka

Bersifat terbuka memang sulit, apa lagi awal berteman, tetapi jika kita berteman lama pasti sudah saling terbuka bukan? atau mungkin semakin tertutup?

Bersifat terbuka itu penting lohh, jika kita memiliki sifat terbuka mungkin teman kita tidak akan berfikir negatif tentang kita dan mereka akan senang dengan kita.

Justru jika kita bersikap tertutup, teman kita akan curiga dan penasaran dengan kita dan mereka kurang senang dengan kita.


6. Memiliki Sifat Pengertian

Kita harus bersikap pengertian kepada teman kita.

Contoh:  Dia ingin Pergi jalan-jalan.

Nah, jadi kita harus mengerti perasaanya dan juga mengikuti isi hatinya maka kita harus mengerti apa yang dia mau. Jika permintaanya tidak terpenuhi mungkin dia akan kecewa dan di samping itu dia berfikir bahwa kita tidak pengertian.

| Baca juga: Cara Bangun Pagi Lebih Cepat! dan Jadi Rutinitas | 8 Langkah Mudah Menumbuhkan Minat Baca

7. Solidaritas (kompak)

Kekompakan menjadi hal terpenting dalam Sebuah pertemanan. Jika ada suatu masalah harus di selesaikan secara bersama-sama, bukan malah lari dari masalah. Jika lari dari masalah akan menyebabkan masalah itu tetap utuh dan tidak terselesaikan.

Menyelesaikan masalah itu tidak boleh dengan amarah, harus dengan kepala dingin dan hati yang dingin. Jika tidak masalahmu semakin bertambah

Mulai dari sekarang jika ada masalah di selsaikan baik-baik ya ! Tidak boleh emosi!

8. Menjalin Komunikasi dengan Baik

Apa yang terjadi jika kita tidak menjalin komunikasi dengan baik saat berteman?

Yang terjadi adalah munculnya kesalahpahaman.

Jadi, Kita harus berkomunikasi dengan baik karena berkomunikasi dengan baik akan  menumbuhakan kepercayaan.

Jika ingin pertemananmu berjalan dengan baik maka jangan lost connection (hilang komunikasi)


9. Menjaga Lisan

Bagaimana perasaanmu jika ada temanmu berkata buruk kepadamu, apa kamu sedih? atau justru senang? lidah manusia memang bisa saja berkata semaunya, tetapi di kendalikan masih bisa bukan?

Contoh: Kamu bodoh sekali!

Itu perkataan buruk bukan? Perkataan yang menyakiti hati orang lain. Jika ada temanmu berkata seperti itu apakah kamu marah? Tentu saja bukan? Diri kita di anggap bodoh, padahal dia belum tentu pintar.

Sebaiknya jika berkata harus mengaca terlebih dahulu, jika tidak kamu akan malu!

Maka dari itu jika berteman jangan menyakiti hati orang lain ya!


10. Menjaga Pertemanan

Bagaimana jadinya jika pertemanan kita hancur begitu saja? pasti sedih bukan?, nah saat berteman kita harus menjaga pertemanan dengan baik, kita tidak boleh membiarkan pertemanan kita hancur begitu saja.

Kunci menjaga pertemanan adalah kepercayaan, kita harus saling percaya, dan saling memahami satu sama lain, agar pertememanan kita tidak berhakhir.

Nah, itu semua 10 Tips Berteman dengan baik.
Semoga memberi manfaat dan dapat menjadikan pembelajaran untuk kita semua.

Share on print
PRINT ARTIKEL