10 Tips Mudah Bangun Qiyamul Lail

Setiap kaum muslimin mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah qiyamul lail. Pada kesempatan ini kita akan bahas 10 tips mudah bangun qiyamul lail.

Pengertian Qiyamul Lail

Pengertian Qiyamul Lail

Qiyamul Lail itu dari dua kata dalam bahasa Arab. Qiyam artinya berdiri, sedangkan Lail artinya malam. Jadi, qiyamul lail secara bahasa tidak harus dengan melakukan sholat.

Dalam kebiasaan kita, istilah Qiyamul Lail itu kemudian dikaitkan dengan shalat Tahajjud dan shalat-shalat sunnah yang dikerjakan di waktu tengah malam, khususnya setelah bangun dari tidur.

Malam menjadi waktu yang istimewa. Tidak salah jika Allah bersumpah dengan waktu malam, di awal surat Al-lail. Kejadian-kejadian besar sering terjadi di waktu malam, terutama sepertiga malam terakhir. Pada waktu itulah, seorang hamba dapat mendekatkan diri dan mencapai derajat kedekatan dengan Allah yang begitu tinggi.

Dalil Qiyamul Lail

Demikianlah seperti yang disabdakan Rasulullah di dalah hadist berikut ini :

إنّ أقرب ما يكون الربّ من العبد جوف الليل الآخر فإن استطعت أن تكون ممن يذكر الله في تلك الساعة فكن

“Sesungguhnya kondisi paling dekat Rabb dengan hamba adalah waktu tengah malam. Maka apabila kamu mampu menjadi orang yang berdzikir kepada Allah diwaktu itu, maka kerjakanlah.”(HR.Ar-tirmidzi).

Baca Juga: Pengertian Hadist dan Cabang-Cabang Keilmuwannya

Dalam kondisi sujud saat Qiyamul Lail, seorang akan menjadi lebih dekat dengan Allah. Karena sewaktu dalam kondisi sujud, seorang hamba dalam posisi paling dekat dengan Rabbnya. Bisikan apa pun kepada Allah pasti didengar karena kedekatan itu, apalagi ditambah dengan keheningan malam yang sunyi dari suara bising mesin,hewan, dan lalu-lalang manusia.

Tips Mudah Bangun Qiyamul Lail

10 Tips Mudah Bangun Qiyamul Lail

Selain pertolongan dari Allah, keimanan kita, dan cinta serta keterpautan hati kita dengan Allah, ada baiknya kita mencoba tips agar bisa bangun malam untuk Qiyamu Lail :

1. Membersihkan Diri dari Penyakit Hati

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan membersihkan diri dari penyakit-penyakit hati seperti dengki,iri,sombong dan penyakit hati lainnya.

Apabila merasa ada sesuatu hal yang tidak enak dengan sesama muslim, maka segeralah mengikhlaskan dan memaafkannya. Hal tersebut dilakukan agar penyakit yang ada didalam hati bisa hilang.

2. Berusaha Menjauhkan Diri dari Kemaksiatan dan Dosa

Langkah selanjutnya adalah mengusahakan diri dengan maksimal untuk menjauhi berbagai hal yang bisa menjerumuskan terhadap kemaksiatan dan dosa. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan memasang niat yang kuat untuk selalu berada di jalan ketaatan kepada Allah.

3. Tidak Berlebihan dalam Makan dan Minum

Barang siapa banyak makan, maka akan banyak minum, barangsiapa yang banyak makan dan minum, maka akan banyak tidur. Sepertinya kalimat tersebut bisa sedikit menggambarkan kepada kita bahwa makan dan minum berlebihan bisa meningkatkan rasa ngantuk. Hal ini tentunya akan membuat diri kita menjadi sulit untuk bangun tepat waktu, terutama untuk Qiyamul Lail.

Selain itu islam juga melarang berbagai hal yang dilakukan secara berlebihan, termasuk didalamnya makan dan minum. Seperti dalam firmannya surat Al-A’raf ayat 31:

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوٓا

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

4. Tidak Terlalu Lelah dalam Bekerja

Saat bekerja mungkin sebagian orang ada yang kurang memperhatikan kondisi tubuhnya, hal ini tentunya dapat memberikan efek kurang baik terhadap waktu tidur. Apalagi hampir mayoritas orang bekerja pada waktu terang (pagi, siang, atau sore), jika sampai terlalu lelah maka besar kemungkinan akan sulit untuk bangun qiyamul lail.

5. Memberikan Tubuh Asupan Makanan yang Sehat dan Halal

Asupan gizi yang berasal dari makanan yang kita konsumsi mempunyai andil yang cukup besar terhadap kondisi diri terutama hati. Sehingga penting bagi kita untuk memastikan bahwa rezeki yang kita cari untuk membeli makanan haruslah jelas halalnya.

Selain itu kita juga harus memastikan bahwa asupan gizi dari makanan kita adalah sehat. Karena makanan yang didapatkan dengan halal dan asupan gizi yang cukup dapat membantu kita untuk bisa bangun malam.

Halal disini bukan dari sekedar cara mendapatkan makanannya saja, akan tetapi juga dari bahan pembuatan makanan tersebut.

6. Memantapkan Hati dan Meluruskan Niat

Dengan memantapkan hati untuk melakukan Qiyamul Lail pada malam ini akan kuat membantu kita untuk bangun malam. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memantapkan hati adalah dengan meluruskan niat.

Memantapkan hati untuk bangun malam dan meluruskan niat bahwa ibadah yang akan dikerjakan semata-mata hanya untuk Allah subhanahu wata’ala. Semua hasil dari amalan sesuai dengan niatnya, kalimat tersebut dapat kita jadikan motivasi dalam meluruskan niat.

7. Menyetel Alarm atau Meminta Anggota Keluarga Membangunkan

Setelah hati kita sudah mantap untuk melaksanakan qiyamul lail maka kita bisa untuk berusaha agar diri kita bangun malam. Salah satunya adalah dengan menyetel alarm, atau meminta anggota keluarga yang bangun terlebih dahulu untuk membangunkan.

Abu Hurairah,istri, dan pembantunya adalah contoh yang baik. Mereka membagi malam menjadi tiga, lalu saling membangunkan satu sama lain untuk Qiyamul Lail.

8. Mengerjakan Adab-Adab Sebelum

Dengan mengerjakan adab-adab tidur sebelum tidur dapat membantu kita untuk melaksanakan keinginan ibadah tersebut. Salah satu sunnah Rasulullah adalah tidur dalam keadaan suci dan di awal malam, tidak lama setelah mengerjakan shalat isya’.

9.Berdoa Saat Terbangun dari Tidur malam

Apabila kita sudah meniatkan dengan kuat ingin qiyamul lail dan pada saat malam tersebut kita terbangun, maka alangkah baiknya untuk langsung berdoa. Selain itu berdoa karena bersyukur allah masih membangunkan, kita juga berdoa kepada allah agar berbagai dosa kita diampuni dan dijauhi dari kemaksiatan.

Setelah bangun dan berdoa kita bisa langsung melakukan wudhu seperti biasa agar diri kita bisa kembali suci dan fisik bisa menjadi segar.

10. Menjauhi Hal yang menyebabkan Hati Keras dan Bebal,

Tips mudah bangun qiyamul lail yang selanjutnya adalah hendaknya kita untuk menjauhi berbagai hal yang dapat membuat hari menjadi keras dan bebas. Beberapa hal tersebut seperti terlalu banyak becanda dan melakukan hal yang tidak mendatangkan manfaat bagi diri kita.

Semoga tips ini bisa membantu kita semua agar lebih mudah bangun malam untuk Qiyamul Lail.

Bagikan Artikel melalui :