Sederhana Tapi Bermanfaat | 11 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Sudah tidak asing bagi kita mendengar 2 kata ini, yaitu air putih, karena air putih ini merupakan suatu kebutuhan yang sering kita konsumsi setiap saat. Terdapat berbagai manfaat minum air putih bagi kesehatan lainnya.

Air putih sangatlah sederhana untuk kita, akan tetapi memiliki berbagai macam manfaat yang didapat apabila kita sering kali mengkonsumsinya.

Sekitar 60% didalam tubuh kita tersusun oleh air. Fungsi terpenting air bagi tubuh kita adalah sebagai pengalir darah dan oksigen yang ada didalam tubuh kita keseluruh tubuh kita. Fungsi tersebut tentunya tidak bisa digantikan oleh cairan apapun.

Oleh karena itu pentingnya peran air putih bagi tubuh kita begitu banyak, apabila masih belum percaya akan manfaat itu, kamu perlu membaca sampai akhir artikel ini supaya kalian mengetahui apa saja manfaat mengkonsumsi air putih bagi tubuh kita.

Berikut 11 Manfaat Minum Air Putih bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit

Kulit yang melekat ditubuh kita, mengandung banyak sekali air dan memiliki sebuah fungsi untuk mencegah tubuh dari kekurangan banyaknya cairan.

Disaat kulit kita mengalami kekurangan cairan dan dehidrasi, maka akan Nampak kering dan keriput pada kulit kita. Oleh karena itu, perbanyaklah meminum air putih untuk kesehatan kulit.

Yuk lanjut ke manfaat minum air putih yang selanjutnya..

2. Mencegah Batu Ginjal dan Memperlancar Sistem Pencernaan

Memperlancar Sistem Pencernaan

Usus dan saluran pencernaan yang ada didalam tubuh kita, membutuhkan air supaya berfungsi dengan baik.

Dengan seringnya kita mengkonsumsi air, membantu makanan yang kita makan bisa dengan lancar melewati pencernaan. Jikalau kita kurang meminum air putih, maka akan terjadi sulitnya buar air besar ( BAB ).

Baca juga: 9 Manfaat Kentut bagi Kesehatan

Selain itu juga ketika kita kekurangannya cairan, kosentrasi urine atau air seni, warna, dan bau akan sangat tercium, karena ginjal harus menyerap banyaknya cairan untuk bekerja dengan baik. Inilah salah satu penyebab terjadinya batu ginjal karena kita kurangnya mengkonsumsi air.

Selain itu manfaat minum air putih lain adalah dapat mencegah timbulnya penyakit pada pencernaan seperti pada manfaat dibawah ini…

3. Mencegah Rasa Sembelit

Memperlancar Sistem Pencernaan

Air sangatlah penting untuk melancarkan sistem pencernaan pada tubuh kita, karena adanya air membantu untuk melarutkan sisa makanan dan lancar melewati sistem pencernaan dan usus besar.

Akan tetapi jikalau kita kurang dalam mengkonsumsi air, usus akan menyerap cairan melalui feses untuk menjaga tubuh dari terhidrasi. Hal ini akan menyebabkan rasa sembelit.

4. Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh (Detoks)

racun dari Dalam Tubuh

Mengkonsumsi air putih yang cukup, akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh kita melalui keringat dan seringnya kita buang air kecil.

Oleh karena itu, mengkonsumsi air yang cukup harus dilakukan untuk membantu tubuh dalam mengeluarkan racun yang ada.

5. Meningkatkan Kebugaran Tubuh dan Memberikan Tenaga

berlari

Menurut dokter Stephen Guest, sel – sel otot yang ada didalam tubuh kita sangat membutuhkan air untuk mengoptimalkan kinerja dengan baik. Dengan sel otot yang sehat, membuat tubuh menjadi vit dan bertenaga.

Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa orang yang kurang mengkonsumsi air minum, akan terlihat lemas. Dan kurang bertenaga. Oleh karena itu untuk kebugaran serta bertenaganya tubuh untuk menjalani aktivitas sehari – hari, untuk selalu meminum air putih setiap harinya, minimal 8 gelas dalam sehari.

6. Menurunkan Berat Badan

Bagi kita yang ingin menurunkan berat badan, bisa dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 500 mililiter sebelum makan, maka akan mengalami penurunan badan hingga 44%. Hal ini harus sering kita lakukan yah, bagi kita yang ingin menurunkan berat badan.

Hal ini sudah dibuktikan oleh peserta dari penelitian menjalani hal tersebut selama 12 minggu.

7. Meningkatkan Kinerja Otak

Meningkatkan Kinerja Otak

Terdapat 73% kandungan air yang terdapat didalam otak kita. Apabila otak kita kekurangan asupan air putih, pasti akan mengalami kurangnya konsentrasi, sehingga terjadinya sakit kepala.

Baca juga: Berapa Persen Kapasitas Otak yang Telah Anda Gunakan?

Dengan kita mengkonsumsi air yang cukup. Akan meningkatkan kefokusan otak, dan kelancaran dalam berfikir.

8. Melancarkan Sistem Pernapasan Tubuh

bernapas

Disaat kita mengalami sebuah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, tubuh akan secara alami untuk membatasi pernapasan kita untuk mengurangi kekurangan cairan yang ada didalam tubuh kita. Hal ini akan mengakibatkan sesak nafas ataupun asma.

Oleh karena itu dengan meminum air putih dapat membantu melancarkan pernapasan tubuh.

9. Membantu Mengurapi Sendi

Sebagian besar tulang rawan yang terdapat ditubuh kita terbuat dari air. Tulang rawan tersebut berfungsi sebagai penyanggah pada persendian kita.

Baca juga: 6 Manfaat Bulu Ketiak yang Jarang Diketahui

Apabila tubuh kita kekurangan cairan, maka sendi tersebut akan terasa nyeri.

10. Meningkatkan Kesehatan Gigi

pemuda senyum dengan gigi

Jarang kita ketahui akan manfaat tersebut, cairan yang terdapat pada tubuh kita membantu untuk pembentukan air liur yang terdapat di rongga mulut.

Baca juga: Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Air liur tersebut memiliki sebuah fungsi penting untuk kesehatan gigi, karena air liur ini sebagai pembersih alami.

11. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Adanya sistem kekebalan didalam tubuh kita, dapat membantu mencegah terjadinya serangan virus atau bakteri jahat yang akan masuk kedalam tubuh kita.

Akan tetapi terlalu banyak mengkonsumsi air putih dapat membahayakan untuk tubuh kita, karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik termasuk mengkonsumsi air putih, hal tersebut karena dapat mengakibatkan keracunan air putih atau water intoxication .

Water intoxication adalah meningkatnya jumlah cairan didalam tubuh, air tersebut akan melarutkan elektrolit yang ada didalam tubuh, termasuk sodium.

Jika kadar sodium rendah, maka akan menimbulkan hiponatermia atau tubuh terlalu banyak menyimpan kadar air, sehingga dapat melarutkan natrium dalam darah.

Oleh karena itu kebutuhan atau batas  minimal kadar air yang dibutuhkan oleh pria dan perempuan yang berbeda. Pria membutuhkan 3,7 liter per hari, sedangkan 2,7 liter perharinya.

Baca Juga: Aturan Ideal Minum Air Putih bagi Kesehatan

Seimbangkan mengkonsumsi air putih dengan memakan makanan yang bergizi dan olahraga yang teratur, yang sederhana dan murah ternyata memiliki banyak manfaat.

Bagikan Artikel melalui :