2 Novel Keren yang Harus Kamu Dalami

Dalam menjalani hidup ini, kita kerap menghadapi berbagai masalah dalam hidup. Ya, karena memang masalah demi masalah adalah bumbu kehidupan, layaknya garam dalam masakan.

Tanpa masalah, hidup akan terasa datar-datar saja. Sehingga untuk benar-benar menjadi kuat, kita butuh bantingan-bantingan luar biasa.

Tak obahnya masalah-masalah yang terdapat dalam kisah-kisah keren di dalam novel-novel. Ya, karena memang novel kerap ditulis dengan inspirasi kehidupan nyata. Kita akan dibawa merenung, tertawa, dan menangis, seperti sedang mendapati diri kita dalam lembaran-lembaran kertas yang berisi kalimat-kalimat santri yang membawa kita hanyut.

Baca Juga: Suka Baca Novel?, Kamu Wajib Tahu! 6 Manfaat Membaca Novel Berikut..

Nah, untuk kamu yang benar-benar merasa hidup ini biasa-biasa saja, jenuh dengan berbagai problematikanya, maka membaca novel untuk mendapatkan inspirasi adalah pilihan tepat.

Bisa saja dengan  menemukan masalah yang sama, kamu juga mendapat sulusi, ia kan? Terdapat dua novel yang bisa kamu baca untuk menemukan kekuatan dalam hidup. Ada apa saja? Yuk simak novel keren yang harus didalami di bawah!

1. Ayah

Novel Ayah Karangan Andrea Hirata

Selain tetralogi Laskar Pelangi Pak Cik Andrea Hirata, novel satu ini juga menjadi novel yang sangat inspiratif yang mengisahkan tentang perjuangan seorang ayah dan pengorbanan seorang anak. Sebagaimana namanya, Novel Ayah bercerita tentang sosok luar biasa.

Seorang ayah tersebut bernama Sabari. Ia selalu mencintai istrinya yang tak pernah memiliki cinta untuknya. Ia berjuang mendapatkan cinta seorang wanita bernama ‘Marlena’, seorang wanita yang dicintainya tanpa jeda. Pertemuan mereka berawal di dalam kelas yang digunakan untuk tes masuk sekolah.

Sabari adalah sosok gigih, jujur, penyayang, dan lugu. Kisah ini menggambarkan bagaimana Sabari membuktikan perjuangannya dalam merawat anaknya seorang diri. Novel Ayah menceritakan kisah dengan latar belakang Kepulauan Belitong,

Senyum tak pernah luput dari wajahnya. Anaknya adalah inspirasi dalam hidup. Berbagai masalah dihadapinya. Mungkin, dengan membaca novel super keren ini kamu bisa lebih menghargai sosok ayah yang selama ini tampak sangat dingin. Novel ini juga bisa menjadi pelajaran untuk kamu, calon ayah, karena Sabari mencerminkan sosok ayah tanpa celah.

2. Anak Rantau

Novel Anak Rantau Karangan Ahmad Fuadi | Novel Keren yang Harus Didalami

Novel satu ini ditulis oleh Ahmad Fuadi. Penulis novel kece berjudul Negeri 5 Menara. Novel Anak Rantau diterbitkan pada tahun 2017. Dengan latar budaya Minang dan banyak mengisahkan tentang kampung halaman dengan tokoh utamanya, Hepi.

Jika dilihat secara umum, Anak Rantau mengisahkan tentang keluarga, petualangan, persahabatan, dan kampung halaman. Meski berjudul Anak Rantau, novel ini membawa kita untuk menyaksikan potensi yang ada dalam kampung halaman, membawa kita pulang, dan memaksa kita untuk menemukan pelajaran penting yang sempat hilang.

Hepi yang bertekad untuk pergi meninggalkan kampung halaman dipaksa menetap di kampung halamannya oleh ayahnya yang nernama Martiaz. Karena merasa kesulitan mengurus Hepi usai ditinggal istrinya, Martiaz memilih memulangkan Hepi ke kampung halaman yang jauh dari hiruk-pikuk Ibu Kota.

Hepi merasa terbuang, tidak lagi dipedulikan oleh ayahnya. Bahkan ia pernah sampai mengejar bus yang ditumpangi ayahnya ketika akan kembali lagi ke kota. Hepi mengajarkan kita tentang sikap menerima, bahwa hidup tak selalu tentang keinginan kita. Ada keinginan orangtua kita yang sulit kita tolak. Maka novel ini membuat kita mencintai kampung halaman lewat kisah menarik antara Hepi dan pergolakan dalam hatinya.

Dua novel keren yang harus didalami tersebut akan membawa kita ke dalam sebuah masalah yang kompleks, lengkap dengan solusinya. Kita diajarkan banyak hal dari dua novel ini, salah satunya adalah belajar menerima takdir yang tak kita sukai.

Bagikan Artikel melalui :