Definisi kecepatan sebagai elemen fisik yang fundamental, hingga kecepatan. Sebagai faktor pemasti dalam cabang olahraga seperti nomor-nomer lari jarak pendek, renang, olahraga beladiri dan olah raga permainan.

Definisi Kecepatan dan kelajuan sering diartikan sama dan saling dipertukarkan karena dua istilah ini serupa. Walau sebenarnya, ke-2 nya sebagai istilah yang sama sekali berbeda. Walau begitu, ke-2 nya sebagai sisi dari ilmu fisika mengenai gerak lurus teratur. Baik kecepatan atau kelajuan masuk ke materi peralihan gerak.

Definisi Kecepatan Menurut Para Ahli
Definisi Kecepatan Menurut Para Ahli

Di kutip dari situs wikipedia, secara simpel. Definisi kecepatan (velocity) ialah saat yang di perlukan satu benda untuk peralihan satu benda dari 1 tempat ke arah lain. Dan kelajuan (speed) adalah jarak yang di lakukan satu benda setiap unit waktunya. Kecepatan terhitung dalam besaran vector, dan kelajuan sebagai besaran skalar.

Dengan begitu, ketidaksamaan ke-2 nya juga benar-benar simpel, yaitu kecepatan mempunyai arah dan kelajuan tidak mempunyai arah.

Kecepatan yakni kekuatan untuk lakukan beberapa gerakan yang semacam secara beruntun dalam saat yang sesingkat-singkatnya. Atau kekuatan untuk di tempuh oleh satu jarak yang dengan waktu singkat (Mochamad Sajoto 1988: 21).

Definisi Kecepatan Menurut Para Ahli

Menurut Treadwell (1991) yang di ambil oleh Saifudin (1999: 1-11). Kecepatan tidak cuma mengikutsertakan semua kecepatan badan, tapi mengikutsertakan waktu reaksi yang sudah di lakukan oleh seorang pemain pada sesuatu stimulan.

Kekuatan ini menciptakan jarak yang lebih pendek untuk mengalihkan badan. Kecepatan tidak cuma memiliki arti gerakkan semua badan secara cepat, namun dapat gerakkan anggota-anggota badan dalam saat yang sesingkat-singkatnya.

Dalam lari sprint kecepatan larinya di tetapkan oleh pergerakan beruntun dari kaki yang sudah di lakukan dengan cepat. Kecepatan menyepak bola di menetapkan oleh singkat tidaknya tungkai dalam tempuh jarak gerak tendang.

Kecepatan anggota badan seperti lengan atau tungkai ialah penting juga buat memberi akselerasi ke beberapa objek external seperti sepakbola, bola basket, tenis lapangan, lempar cakram, bola voli, dan lain-lain.

Kecepatan ini sangat bergantung dari berbagai faktor yang memengaruhinya. Contoh faktonya adalah seperti strength, waktu reaksi, dan elastisitas (Harsono 1988: 216). Untuk lakukan pergerakan kecepatan merupakan dari hasil jarak per unit waktu (m/dt), misalkan 100 km /jam atau 120 mtr. per detik.

Kecepatan merujuk pada kecepatan pergerakan saat lakukan satu keterampilan bukan sekedar kecepatan lari. Gerakkan kaki secara cepat sebagai ketrampilan fisik paling penting untuk pemain bertahan dan harus di pertingkat kekuatan mengganti arah di saat teakhir sebagai hal yang paling penting yang lain. Kemudian kecepatan juga sebagai satu dari elemen keadaan fisik.

Menurut Mochamad Sajoto (1995: 9). Beliau beranggapan bahwa definisi kecepatan yaitu kekuatan yang dilakukan oleh seorang untuk melakukan sebuah pergerakan keberlanjutan dalam saat yang singkat.

Jenis Macam Kecepatan

Jenis Macam Kecepatan
Jenis Macam Kecepatan

Menurut Suharno (1985: 31) pengertian kecepatan dalam masalah ini bisa di bagi jadi 3, yakni:

1) Kecepatan sprint

Kecepatan sprint ialah kekuatan organisme olahragawan bergerak di depan dengan kemampuan dan kecepatan optimal untuk capai hasil yang sebagus-baiknya. Misalnya pada pemain sepakbola saat lari memburu bola.

2) Kecepatan reaksi

Selanjutnya Kecepatan reaksi ialah kekuatan organisme olahragawan. Sehingga untuk menjawab satu rangsang sekencang kemungkinan dalam capai hasil yang sebagus- bagusnya. Misalnya pada pemain sepakbola saat menyongsong umpan, pemain itu langsung dengan cepat menyambutnya.

3) Kecepatan bergerak

Kecepatan bergerak ialah kekuatan organ olahragawan untuk bergerak secepat-cepatnya pada sebuah pergerakan yang tidak terputus.

Antara type kecepatan tertera di atas dua type kecepatan, yakni kecepatan reaksi dan kecepatan bergerak benar-benar di butuhkan dalam aktivitas olahraga sepakbola.

Apa Itu Kecepatan dan Percepatan?

Misalkan seorang pemain di saat membawa bola lalu mengoperkan ke teman dan tidak lama kemudian di balikkan kembali yang akan datang dan bola harus di kejar.

Maknanya pemain itu telah melakukan pergerakan dengan pergerakan dengan cepat, karena harus menyusul musuh mendatang. Contohnya di dalam permainan sepakbola ke-2 type kecepatan di atas sering sekali di pakai di mulai dari membawa bola (drible), memberikan umpan ke teman (passing). Saat menyepak bola bahkan juga saat lakukan pergerakan tanpa bolapun seorang pemain harus sekerap kemungkinan lakukan pergerakan.

Pemahaman Definisi Kecepatan Dalam Olahraga

Menurut Dangsina Moeloek dan Arjadino Tjokro (1984: 7) definisi kecepatan bisa di artikan sebagai pergerakan gerak, bisa berlaku baik itu untuk badan keseluruhannya atau anggota badan.

Menurut Nurhasan (1994) yang di ambil oleh Saifudin (1999: 1-11) definisi kecepatan pergerakan dan kecepatan reaksi sering kali di pandang seperti ciri-ciri bentuk fisik yang dimiliki oleh olahragawan berprestasi.

Yang bisa di lihat dalam cabang-cabang olahraga yang memerlukan mobilisasi tinggi, seperti kecepatan lari seorang pemain sepakbola memburu atau membawa bola, kecepatan pemain softball lari dari 1 base ke base selanjutnya.

Ke-2 gerak type tertera di atas benar-benar di butuhkan dalam aktivitas olahraga misalkan seorang pemain sepakbola di saat membawa bola. Lalu mengoperkan ke teman dan tidak lama kemudian di balikkan kembali yang akan datang dan bola harus dikejar, maknanya pemain itu telah lakukan pergerakan (movement) dengan pergerakan dengan cepat, karena harus menyusul musuh yang mengadang.

Di dalam permainan sepakbola, ke-2 type gerak di muka sering dipakai dimulai dari membawa bola, memberi umpan ke teman, saat menyepak bola bahkan juga saat lakukan pergerakan tanpa bola juga seorang pemain harus sekerap kemungkinan lakukan pergerakan (movement)

Berangkat dari teori yang sudah disampaikan di atas, karena itu bisa diambil kesimpulan jika definisi kecepatan menurut para ahli sebagai kekuatan seorang untuk lakukan reaksi, dengan bergerak secepatnya ke target yang sudah diputuskan ada tanggapan.

Bagikan:
Avatar

Ihsan Rahmansyah

Hanya seorang penulis yang lagi belajar, belajar, dan terus belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia