5 Hal Yang Harus dilakukan Saat Kelas 10

Setelah masa pendidikan di SMP usai, kamu akan melanjutkannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, yakni SMA atau SMK pilihanmu. Berikut 5 hal yang dilakukan saat kelas 10.

Kamu harus tahu, kehidupan di SMP dan SMA itu sangatlah berbeda. Mulai dari lingkungan, pelajaran dan lain-lain, akan banyak sekali perubahan yang akan kamu rasakan.

Kamu harus rela meninggalkan kebiasaan-kebiasaan dan sifat-sifat burukmu sewaktu masih duduk di bangku SMP. Kamu harus merubahnya ke arah yang lebih baik dan dituntut untuk bersikap lebih dewasa.

Perubahan dan persiapan diri di kelas 10 sangatlah penting dilakukan, karena 3 tahun lagi, kamu akan lulus sekolah dan akan berjuang di kehidupan yang sesungguhnya.

Lalu, untuk memulai semua itu, apa saja yang harus kamu lakukan pada saat kelas 10?

1. Mulai Memikirkan dan Menentukan Rencana Setelah Lulus

Memang terkesan buru-buru, tapi hal ini sangat penting untuk dipikirkan agar mempunyai tujuan yang jelas setelah lulus nanti.

Hal ini juga menjamin kamu tidak akan menganggur lama-lama karena bingung harus melakukan apa.

Baca: Macam-Macam Rencana Orang Setelah Lulus

Apa rencana yang ingin kamu lakukan setelah lulus? bekerja atau kuliah? atau membuka usaha saja? pikirkanlah semua itu matang-matang agar kamu tidak salah langkah.

Jika kamu ingin kuliah, mulailah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kampus incaranmu, belajar yang giat dan meningkatkan motivasimu. jika kamu ingin bekerja, kamu juga harus mempersiapkan dirimu untuk bersaing di dunia kerja.

Begitupun dengan membuka usaha, kamu juga harus belajar tentang kewirausahaan mulai dari sekarang ya!.

2. Mengikuti Berbagai Macam Ekstrakulikuler dan Organisasi

Mengikuti ekskul dan organisasi tentunya akan banyak sekali manfaatnya, seperti melatih kerjasama, rasa tanggungjawab, kepemimpinan, kedisiplinan dan lain-lain.

Kamu bisa berkenalan dengan banyak siswa-siswi dari kelas yang berbeda, bisa juga bertukar pikiran dari sudut pandang yang berbeda, bahkan kamu bisa mengambil nilai-nilai positif dari orang-orang yang kamu kenal, atau dengan kata lain kamu bisa termotivasi.

Selain itu, banyak relasi juga membuatmu merasa semangat menjalani hari-hari di SMA/SMK. Bisa saja, dengan banyak terjalin relasi, setelah lulus kamu akan banyak dapat tawaran kerja karena banyak orang yang sudah mengenalmu.

Kelas 10 adalah momen yang tepat untuk aktif di organisasi dan ekskul, karena kamu akan sangat sibuk di kelas 12 dan mungkin saja sekolahmu tidak mewajibkan kamu aktif lagi, jadi manfaatkan waktu sebaik mungkin.

3. Menabung

Di kelas 10 ini. Kamu harus menyisihkan uang jajanmu untuk ditabung, karena seiring berjalannya waktu, akan banyak sekali pengeluaran yang tidak terduga. Terutama di kelas 12 nanti, banyak sekali biaya yamg harus dikeluarkan, seperti untuk album kenangan, biaya bimbel, perpisahan beserta rentetannya.

Tinggalkanlah kebiasaan borosmu dan mulailah mengumpulkan uang agar tidak terlalu membebani orangtuamu.

4. Mengasah Skill dan Bakat.

Kelas 10 adalah waktu yang cocok digunakan untuk mengasah skill, karena kelas 10 masih tergolong santai dan banyak waktu luang. Ada baiknya kamu menggunakan waktu itu untuk mengasah skill dan bakatmu seperti dengan rajin mengikuti lomba, event, atau banyak-banyak berlatih sendiri lewat internet dan kursus.

Mungkin nanti skillmu akan sangat berguna setelah lulus, jadi teruslah mengasahnya ya!

5. Belajar Yang Giat

Memang benar, kelas 10 adalah tingkat kelas yang paling santai di SMA/SMK. Namun, bukan semata-mata kamu bisa bebas bermalas-malasan dan bersikap masabodo tentang pelajaran di kelasmu. Kamu tetap harus meningkatkan prestasi akademik.

Kamu juga bisa sedikit demi sedikit mempelajari materi kelas 12, agar nantinya kamu tidak terkejut lagi saat menghadapi banyaknya ujian di kelas 12.

Dan juga, kamu bisa satu langkah lebih maju untuk lolos tes SNMPTN/SBMPTN dan berhasil mengerjar universitas incaranmu, karena itu merupakan hasil dari usahamu yang giat belajar.

Intinya, dikelas 10 ini kamu harus mulai bisa membagi waktumu sebaik mungkin, tinggalkanlah kegiatan yang tidak bermanfaat dan mulailah kebiasaam-kebiasaan baru yang lebih berfaedah, semoga ini bisa bermanfaat untuk kamu yang baru naik ke kelas 10.

Bagikan Artikel melalui :