Usaha jualan frozen food memang kelihatan janjikan. Tetapi, saat sebelum mengawalinya, Anda harus tahu dahulu apa kelemahan bisnis frozen food.

Karena bagaimana juga tidak bisa disangkal, masing-masing bisnis pasti ada kekurangan dan juga kelebihannya.

Karena yang kita tahu bahwa selama pandemi COVID ini masih ada, banyak orang yang berdiam diri di rumah aja. Sehingga ketika sudah bosen dirumah, ingin mencoba kuliner dari rumah.

Sehingga bisnis ini, cukup menjanjikan di zaman ini. Selain itu, temen-temen bisa juga dengan fleksibel dalam menjalankan bisnis makanan yang satu ini.

Lalu apa saja kelemahan bisnis makanan beku? dan kenapa harus menjalankan bisnis ini ? Berikut penjelasannya yang dapat Anda untuk jadikan rekomendasi bisnis saat sebelum terjun ke dunia bisnis makanan beku.

Apa Itu Bisnis Froozen Food

Apa Itu Bisnis Frozen Food
Apa Itu Bisnis Frozen Food

Bisnis Frozeen food adalah makanan yang telah diproses yang selanjutnya diawetkan dengan membekukannya dalam freezer.

Usaha makanan beku dapat diawali dari rumah. Bila diatur dengan benar-benar, Anda dapat memperoleh omset dan keuntungan yang cukup besar.

Kelemahan Bisnis Frozen Food yang Diketahui Oleh Pemula

Bukan hanya satu saja kelemahan pada usaha makanan ini, tapi ada beberapa. Tetapi, kami akan merangkumnya jadi 5 sisi saja, diantaranya :

1. Waktu Expired Makanan Yang Terbatas

Kelemahan bisnis frozen fod yang pertama adalah terbatasnya kadaluwarsa makanan. Karena paling untuk makanan sendiri kuat sekitar 2-3 minggu saja di dalam frezer. Sehingga tidak bisa disimpan terlalu lama.

2. Banyaknya Pesaing

kelemahan Bisnis frozen fod selanjutnya adalah banyaknya pesaing yang bermunculan sekarang-sekarang ini. Hal itu terjadi karena bisnis ini digemari beberapa orang. Oleh karena itu, tidak boleh bingung bila kompetitor Anda pun banyak. Kemungkinan, di kompleks perumahan Anda telah ada satu atau 2 orang agen bisnis frozen food ?

Untuk mengakali jumlahnya kompetitor ini, Anda pasti harus dapat bereksperimen. Beri sebuah kekhasan pada produk makanan beku yang Anda jual supaya konsumen suka dan ingin abonemen.

3. Bisa Kemungkinan Sepi Pesanan

Kelemahan Bisnis Frozen Food
Kelemahan Bisnis Frozen Food

Kelemahan bisnis frozen food lainnya ialah sepinya pesanan. Hal itu karena, frozen food ialah makanan cepat sajian yang tahan lama. Automatis, konsumen Anda tidak tiba tiap hari. Tetapi sekian hari setelah makanan beku yang telah di beli awalnya habis.

Itu yang membuat bisnis makanan beku ini terkadang tidak selamanya ramai. Anda minimal harus punyai banyak konsumen setia supaya bisnis ini masih tetap jalan. Atau, Anda dapat melangsungkan lapak untuk jualan bisnis frozen food masak agar stock cepat habis.

4. Bergantung Pada Freezer

Kelemahan bisnis frozen fod selanjutnya adalah sangat bergantung pada mesin freezer. Mesin pendingin atau freezer adalah elemen terpenting untuk usaha ini. Oleh karena itu, yakinkan mesin pendingin Anda bekerja yang baik. Masalahnya bila mesin pendingin hancur, karena itu produk frozen food Anda dapat basi.

Jika sudah demikian, pasti Anda dapat rugi, kan? Tentu saja agar mesin pendingin jalan maksimal, Anda pun perlu listrik. Karena itu listrik dan mesin pendingin sebagai sisi terpenting dalam bisnis frozen food.

5. Produk Junk Food

Saat ini ini banyak orang yang terbuka kesehatan dan pilih beberapa makanan yang sehat. Dalam pada itu, frozen food terhitung dalam kelompok junk food karena memiliki kandungan pengawet dan zat kimia yang lain.

Untuk menangani ini, Anda dapat berkreatifitas membuat frozen food homemade yang tidak memakai pengawet. Produk Anda pasti semakin banyak di cintai dan bisa jadi di referensikan ke beberapa orang paling dekat dari konsumen setia Anda.

Alasan Menjalankan Bisnis Froozen Food

Ada beberapa alasan kenapa temen-temen harus menjalankan usaha makanan frozen.

1. Sudah Punya Target Pasar Jual

Target pasar jual adalah orang yang kemungkinan akan membeli produk. Misalkan temen-temen terjun ke bisnis ini, sehingga target jual dari produk ini adalah para ibu-ibu atau bahkan anak muda.

2. Fleksibel

Dalam menjalankan bisnis makanan beku, bisa di katakan fleksibel. Karena kamu cukup bekerja dari rumah, dan membuat pesanan ketika ada yang memesan.

Seperti yang kita singgung di atas, bahwa frozen food ini tidak bisa bertahan lama, sehingga untuk mengatasi hal itu, temen-temen bisa memproduksi makanan ketika ada yang memesan.

3. Modal Sedikit

Bisnis makanan beku bisa di bilang hanya mengeluarkan modal yang sedikit. Sehingga jika memang temen-temen baru punya modal yang kecil, bisa di coba bisnis ini.

Tips Menjalankan Bisnis Reseller Frozen Food

Penutup

Nah, itu beberapa kelemahan bisnis frozen food yang harus di pahami. Selain bisnis ini fleksibel, dan sudah ada target pasar. Bisnis ini juga fleksibel di kerjakan. Jadi bisa dikatakan bisnis ini cocok di jalankan di zaman ini.

Cukup sekian, semoga artikel ini cukup membantu temen-temen dalam menjalankan bisnis ini. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di website pusat ilmu pengetahuan.

Bagikan:
Avatar

Ihsan Rahmansyah

Hanya seorang penulis yang lagi belajar, belajar, dan terus belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia