Sebagai mahasiswa baru terkadang kamu dihadapkan pada beberapa pilihan jurusan. Agar kamu tidak salah dalam membuat keputusan, ada baiknya membaca tips memilih jurusan perkuliahan yang akan kami bahas pada tulisan kali ini.

tips memilih jurusan kuliah

Memasuki tahun ajaran baru, fenomena memilih jurusan sudah tidak asing lagi didengar di telinga kita. Meskipun pengalaman sebelumnya pernah dilakukan dalam memilih sekolah menengah atas yang sesuai. Tetapi situasi memilih jurusan untuk perkuliahan memerlukan beberapa kajian sebelum menetapkan pilihan. Hal ini benar-benar akan menjadi tantangan sekaligus pengalaman baru.

Memilih jurusan di perkuliahan tidak seperti memilih makanan atau pakaian. Jika tidak cocok bisa sesuka hati mengganti. Jurusan di perkuliahan yang telah dipilih, tidak bisa begitu saja ganti ketika rasa bosan mendera atau tiba-tiba merasa jurusan yang diambil salah.

Perlu diketahui bahwa mengganti jurusan jarang sekali terjadi. Terlebih ketika telah memasuki tahun kedua dan seterusnya. Atau bahkan masih di awal semester sekalipun. Terdapat pengecualian pindah jurusan manakala masih dalam proses masa orientasi mahasiswa baru atau biasa dikenal dengan OSPEK. Kemungkinan menganti jurusan masih bisa dilakukan. Namun, tetap harus mengikuti prosedural yang ada pada universitas tersebut.

Selain prosedur menganti jurusan itu sulit. Terdapat kerugian yang turut menyertai, seperti mengulang semester, membayar ulang perkuliahan dan otomatis memperlama waktu kelulusan. Maka, agar hal demikian tidak terjadi, berikut tips memilih jurusan perkuliahan yang dapat membantu memutuskan jurusan yang tepat:

1. Pahami Arti Kuliah

Tips memilih jurusan kuliah yang pertama adalah memahami arti kuliah. Hal tersebut merupakan salah satu dasar menentukan jurusan. Dengan memahami arti penting melanjutkan kuliah, secara otomatis memliki keterkaitan dengan rencana atau tujuan selama proses berkuliah.

Jangan sampai ketika kamu mendapati perasaan bosan ditengah perjalanan kuliah, kamu tidak mendapati jawaban yang dapat melawan gejolak bosan yang datang. Apalagi alasan berkuliah adalah ikut-ikutan teman. Usahakan lebih dahulu memahami arti dan alasan kuliah adalah benar-benar datang dari dalam diri kamu sendiri

2. Buatlah Perencanaan Tujuan Selama Kuliah

Perencanaan dibuat agar dapat menjadi pegangan selama melakukan suatu aktivitas. Suatu kegiatan akan berjalan maksimal jika dibarengi dengan rencana kerja yang matang. Sama halnya dengan kuliah, sebelum memasuki dunia perkuliahan pastikan bahwa selama berkuliah telah mengerti hal-hal yang perlu dicapai dan dilakukan.

Rancangan awal sebelum memasuiki dunia perkuliahan sebenarnya. Kamu dapat menetapkan rancangan umumnya berkuliah, seperti lulus ideal 4 tahun, berprestasi, magang, menjadi asisten dosen, aktif berorganisasi dan lain-lain atau bahkan rencana lebih jauh kejenjang perencanaan karier setelah perkuliahan.

Rancangan tersebut adalah gambaran umumnya rata-rata orang merencanakan masa  kuliah. Rancangan itu cenderung setelah kamu telah memilih jurusan. Namun tidak ada salahnya apabila mencoba meyakini gambaran umum tujuan selama kuliah ini sebagai proses menentukan jurusan.

3. Pahami Minat dan Bakat yang Dimiliki

Tips memilih jurusan perkuliahan berikutnya sebenarnya adalah hal umum dan utama dari solusi paling efektif yaitu memahami minat dan bakat. Mirip-mirip artinya memilih berdasarkan rasa suka. Dengan memahami minat dan bakat diri sendiri, dapat menjadi fokus dalam memilih bidang studi.

Pastikan jurusan yang akan dipilih berdasarkan minat dan bakat. Suatu proses akan berjalan dengan baik apabila dilakukan dengan senang hati dan berdasarkan keinginan terbesar dari lubuk hati yang paling dalam. Selain itu, pemahaman yang baik akan diri sendiri inilah yang dapat membuat kita bertahan menghadapi tantangan saat belajar tentang ilmu dan skill baru di bangku kuliah.

4. Lakukan Riset Jurusan-jurusan Kuliah yang Dipilih

Kamu bisa membuat daftar jurusan yang menarik minatmu. Pertimbangkanlah setiap pilihan yang ada dalam daftar dengan mempelajari masing-masing bidang ilmunya, proses pembelajarannya, dan hal-hal lain yang dirasa penting untuk diketahui.

10 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Lulusan IPA

Setelah informasi yang diperlukan terkumpul, kamu dapat mencoret jurusan yang sekiranya tidak sesuai denganmu. Maka, tersisalah jurusan yang mungkin sesuai dengan preferensimu.

5. Konsultasi dengan Orang Dekat Berpengalaman atau Profesional di Dunia Kerja

Selain tips-tips yang dari tadi sudah diberikan, tips memilih jurusan berikut ini juga memiliki peranan cukup penting lho! Melakukan jajak pendapat dengan orang terdekat, orang yang sudah berpengalaman,  atau orang tua, membantu kamu untuk mendengar tanggap dari mereka tentang hal yang sedang kamu rasakan. Terutama dalam hal ini adalah orang tua.

Jika kamu memiliki pandangan tersendiri tentang pemilihan jurusan, maka sampaikanlah dengan sebaik-baiknya. Terkadang dalam memilih jurusan, orang tua juga turut menentukan jurusan yang harus kalian pilih. Biasanya ini disadari atau tidak disadari yang cenderung tidak berani berpendapat seringkali menerima keputusan itu dengan tidak senang hati.

Berbicara dari hati ke hati dengan orang tua membuka keterbukaan dari segala arah. Lakukanlah jajak pendapat dengan orang tua sesering mungkin. Restu kedua orang tua juga amatlah berpengaruh dalam kelancaran segala hal dalam mencapai sebuah cita-cita, atau melakukan aktivitas termasuk memilih jurusan dan berkuliah.

Lima poin dari tips memilih jurusan perkuliahan di atas telah mewakili solusi dalam memilih jurusan. Kita juga perlu memperhatikan dua hal, yaitu finansial dan jumlah kuota jurusan. Kedua hal tersebut sering menjadi kekecewaan terbesar sebelum memasuki dunia perkuliahan.

Seringkali kekecewaan dan kegagalan tidak dapat mencapai yang diinginkan menjadikan hilangnya semangat dalam menemukan jurusan yang kemungkinan sama dari pilihan yang pertama. Oleh karena itu, upayakan kesiapan diri menerima kemungkinan kegagalan yang akan terjadi. Semoga tips memilih jurusan perkuliahan di atas tadi bermanfaat untukmu ya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia