6 Cara Ampuh Menghadapi Stress

6 Cara Ampuh Menghadapi Stress

Diposting pada

Umumnya setiap orang pernah merasakan stress, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia. Stress yang dialami oleh setiap orang tentunya berbeda-beda, antara satu dengan yang lainnya. 

Umumnya perasaan stress muncul akibat adanya ketidaksesuaian antara kondisi internal tubuh manusia dengan realita yang terjadi diluar tubuh manusia.

Banyak faktor yang dapat membuat setiap orang stress, baik itu yang berhubungan dengan finansial hingga perasaan.

Misalnya, saat seseorang memiliki hutang atau tagihan yang tidak sesuai dengan uang yang ia miliki maka hal tersebut dapat membuat seseorang mengalami stress.

Selain dari contoh tersebut masih banyak contoh lainnya yang dapat menjadi sebab seseorang stress.

Jangan pernah menggap stress adalah perka sepele, karena stress berkaitan dengan psikologi manusia.

Baca juga: Pengertian Psikologi

Apabila psikologi manusia sudah terganggu atau bermasalah, maka hal tersebut dapat membuat seseorang menjadi tidak terkendali.

Dalam beberapa kasus stress dapat membuat seseorang menjadi depresi, emosi berlebih, atau bahkan sampai bunuh diri.

Berikut 6 cara ampuh menghadapi stress, yuk simak penjelasannya;

1. Simplicity (Menyederhanakan Hidup)

Simplicity (Menyederhanakan Hidup)

Simplicity adalah salah satu langkah yang digunakan dalam menyederhanakan hidup guna menyembuhkan stress.

Terkadang seseorang akan mengalami stress karena terlalu mengambil pusing sebuah kejadian yang terjadi didalam hidupnya.

Baca juga: Bagaimana Stress Mempengaruhi Otak?

Maka langkah pertama saat Anda mulai mengalami stress adalah berusaha untuk membuat masalah yang terjadi dalam hidup Anda menjadi lebih sederhana.

Cobalah untuk belajar membuat setiap kejadian dalam hidup Anda menjadi jauh lebih simple (sederhana), dengan seperti itu akan membuat fikiran Anda menjadi jauh lebih tenang.

2. Selesaikan Masalah Satu Persatu

Selesaikan Masalah Satu Persatu

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa salah satu penyebab dari stress adalah ketidaksesuaian keadaan hidup seseorang. Ketidaksesuaian yang berhubungan dengan hati dan fikiran dengan keadaan.

Salah satu angkah terbaik saat Anda mendapatkan sesuatu hal yang membuat Anda stress adalah dengan mencoba menyelesaikan problema (permasalahan) yang sedang Anda hadapi dengan perlahan satu persatu.

Cobalah untuk beradaptasi dengan masalah tersebut sambal memikirkan langkah apa yang paling mudah untuk kamu selesaikan.

Misalnya, saat seseorang mempunyai banyak tagihan seperti listrik, rumah, motor dan lain sebagainya.

Sedangkan penghasilannya hanya cukup untuk membayar 2 diantara tagihan tersebut, maka langkah terbaiknya adalah dengan menggunakan mengambil tagihan yang paling penting dan genting (segera).

Setelah tagihan yang bersifat penting dan genting sudah dibayarkan, maka dilanjutkan dengan tagihan yang bersifat penting tapi tak genting dan sebagainya.

3. Be Mindfull (Berpikir Rasional dan Kurangi Emosi Negatif)

Be Mindfull

Saat Anda mulai merasa cemas, bingung, atau bahkan sampai emosi dengan keadaan atau pilihan dalam hidup Anda.

Maka baik bagi Anda untuk mulai berpikir rasional dan berusaha untuk mengurangi intensitas emosi negatif yang ada di pikiran Anda.

Cobalah untuk belajar mengendalikan diri Anda dengan senantiasa berpikir positif dan jauhkan berbagai hal yang dapat membuat Anda berpikir negatif.

Baca juga: Pengertian Kepribadian Introvert, Ambivert, dan Extrovert

Karena stress dapat timbul akibat adanya masalah yang dapat membuat pikiran menjadi tidak rasional dan memunculkan emosi negatif.

Maka cobalah belajar berpikir se-rasional mungkin dengan selalu memandang berbagai hal dengan kacamata positif.

4. Bersosialisasi

Bersosialisasi

Saat Anda merasa ada sesuatu yang membuat pikiran maupun hati Anda mulai tidak tenang, maka ada baiknya Anda untuk mulai bersosialisasi.

Mulailah untuk membangun dan mengembangkan support system yang mendukung, dimana didalamnya ada human connection yang positif.

Dengan seperti itu perlahan-lahan Anda akan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya.

5. Temukan Kebahagiaan Dalam Hal-Hal Kecil

Menemukan kebahagian dalam hal-hal kecil atau sederhana dapat membantumu untuk dapat mengurangi stress yang sedang kamu alami.

Cobalah untuk belajar mencari hal-hal kecil yang sekiranya dapat membuatmu bahagia, seperti berjalan-jalan ditaman dan lain sebagainya.

6. Belajar Tersenyum dan Tertawa

Kucing Tertawa

Dengan tersenyum dan tertawa, mungkin akan membuat perasaanmu menjadi semakin tenang dan membaik.

Cobalah belajar untuk membuat dirimu tersenyum atau tertawa dengan berbagai hal yang kamu anggap lucu atau menyenangkan. 

Contoh hal yang dapat kamu lakukan adalah menyaksikan standup comedy atau jalan-jalan ke tempat hiburan dan lain sebagianya.

Setiap orang mempunyai hal-hal yang dianggap lucu atau meyenangkan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Maka belajarlah mencari sesuatu yang membuatmu dirimu tertawa dan senang, maka perlahan stressmu akan hilang.

Semoga 6 langkah diatas dapat membantmumu dalam mengatasi stressmu ya, baca artikel-artkel lainnya seputar psikologi disini. Terimakasih.

Avatar
Founder and CEO pusilpen.online, pusatilmupengetahuan.com, saintek.id Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...