Handphone, utamanya yang berbasis Android kini menjadi barang yang paling sering bekerja ekstra. Kendala yang sering terjadi hp Android lemot tiba-tiba. Kalau sudah begini banyak orang mencari cara atasi hp Android lemot.

Kondisi tersebut terjadi dari kebutuhan pengguna untuk aktivitas WFH dan SFH. Entah disebabkan oleh kenaikan suhu yang ekstrim (akibat keseringan di charger), atau memori yang penuh sehingga membuat hp Android lemot.

Secara umum ada banyak sekali cara yang sering dipakai untuk mengatasi kendala hp Android lemot. Nah berikut adalah beberapa cara atasi hp Android lemot yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak!

Cara Atasi Hp Android Lemot dengan Mudah di Rumah

Cara Atasi HP Android Lemot

Untuk mengatasi handphone berbasis Android yang lemot kinerjanya, ada enam cara mengatasinya, yakni :

1. Menginstal Aplikasi Pembersih File

Cara ini bisa dicoba sebagai langkah pertama dalam mengatasi hp Android yang tiba-tiba lemot atau melemah. Umumnya kinerja hp lemot tiba-tiba terjadi disebabkan oleh faktor terlalu padatnya memori yang digunakan.

Oleh sebab itu jika smartphone mulai lemot, bisa jadi itu menjadi satu pertanda kalau sudah waktunya bagi Anda untuk membersihkan memori. Kalaupun membersihkan memori secara manual terasa sangat merepotkan, sebaiknya pilih satu aplikasi pembersih file secara instan yang terdapat di layanan aplikasi Google Play Store.

2. Hapus Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah menelusuri riwayat pemakaian aplikasi. Segera hapus aplikasi yang memang termasuk jarang  atau tidak dipakai. Ini dilakukan sebagai sebuah upaya untuk memperluas ketersediaan ruang kosong pada smartphone.

Caranya cukup mudah. Anda masuk ke fitur pengaturan, kemudian pilih opsi pengelolaan sistem lalu ke ruang penyimpanan. Nah di situ nanti, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang harus dihapus atau uninstall.

3. Ikuti Seluruh Pembaruan OS yang Tersedia

Selama ini beredar anggapan bahwa dengan memperbarui OS terus menerus, bisa mengganggu ketersediaan ruang kosong pada handphone. Faktanya justru berbanding terbalik. Hal tersebut menjadi informasi yang tidak benar dan dibantah kebenarannya. Pasalnya dengan mengikuti seluruh pembaruan OS yang tersedia, hp akan selalu terjaga kondisinya.

Sistem OS yang oke akan menjamin kinerja handphone selalu prima. Jadi sebaiknya saat ponsel sudah meminta pembaruan segera lakukan pembaruan, agar hp Android bisa digunakan lagi.

4. Hentikan Aplikasi yang Memakan Baterai Lebih Banyak

Berikutnya adalah dengan melakukan patroli pada seluruh aplikasi yang terinstal pada perangkat. Cara ini ternyata terbukti ampuh untuk menghemat pemakaian baterai. Pasalnya ada banyak aplikasi yang secara diam-diam menyedot daya baterai padahal aplikasi tersebut sedang tidak aktif.

Apa Itu Teknologi?

Cara untuk mengatasinya pun cukup muda. Anda masuk kebagian pengaturan, lalu ke “Apps”. Di sana nanti akan terlihat seluruh aplikasi dan berapa persen daya baterai yang dipergunakannya. Kemudian pilih “Force Stop” untuk menghentikannya.

Namun, masih ada satu tips yang cukup berguna. Yakni hindari memakai aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan untuk menghemat baterai. Pasalnya ada beberapa aplikasi yang umumnya memuat iklan. Nah iklan yang masuk ini lah yang akan memakan daya baterai lebih besar. Dahsyat ya ternyata!

5. Bersihkan Home Screen dan Selektif Memilih Tema Smartphone

Kemudian jaga perangkat untuk selalu dalam posisi baik. Selalu keluar dari beragam aplikasi secara benar. Jangan sampai memenuhi home screen dengan setumpuk jendela aplikasi yang terbuka.

Masalahnya, home screen ini juga bisa jadi pemicu dari perangkat handphone yang lemot. Selain itu, home screen yang banyak, membuat daya baterai bisa terkuras lebih cepat. Inilah hal sepele yang ternyata bisa membuat gadget menjadi lebih cepat udzur.

6. Pasang Aplikasi Sosmed Versi “Lite”

Hal lainnya yang bisa diupayakan adalah dengan menggunakan berbagai aplikasi sosmed dalam versi “lite”. Terdengarnya seperti lucu mungkin. Tapi percayalah, aplikasi sosmed versi lite juga tetap worth it dipakai. Karena tidak sedikit orang yang memaki versi lite ini. Alasannya pun tidak lain adalah untuk irit memori.

Selain itu versi lite ini memang didesain khusus untuk menghemat pemakaian ruang memori pada perangkat gadget yang minim. Sehingga tidak ada salahnya untuk mulai mengganti seluruh aplikasi sosmed yang ada dengan versi lite-nya.

Demikianlah enam cara atasi Hp android lemot. Mulai dari cara yang mengharuskan patroli dan seleksi aplikasi yang terinstal. Sampai ke mengganti seluruh aplikasi sosial media yang terpasang dengan versi mininya.

Kesemuanya ini bisa dan disarankan untuk dicoba. Mengingat tindakan mengganti gadget di kondisi yang masih serba tidak pasti, bukanlah opsi yang terbaik. Sehingga memang mau tidak mau, harus mengusahakan berbagai cara atasi Hp android lemot. Semoga bermanfaat yah!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia