6 Manfaat Bulu Ketiak yang Jarang Diketahui

Rambut yang numbuh dibagian ketiak, sebagian kalangan orang merasakan terganggu dan memilih untuk mencukur habis bulu ketiak  tersebut.

Dengan cara mencabut ataupun mencukur bulu ketiak, merupakan yang sering dilakukan untuk membuat ketiak terlihat mulus, dan mempercaya dirikan penampilan.

Setiap orang memiliki bulu ketiak, akan tetapi sedikit orang yang mengetahui fungsi atau manfaat adanya bulu ketiak tersebut.

Ada beberapa manfaat adanya bulu ketiak yang membuat kamu menjadikan berfikir untuk membiarkan atau mencukur bulu ketiak.

1. Melindungi Ketiak dari Racun

Adanya bulu ketiak, ternyata memiliki fungsi untuk menghalangi zat racun yang ingin masuk kedalam tubuh. Zat racun tersebut akan terhenti pada bulu ketiak, dan akan mati disaat kita mandi secara bersih.

Bayangkan saja, jikalau bulu ketiak kita dicabut atau dicukur habis, pori-pori yang ada dibulu ketiak akan terbuka yang membuat zat racun tersebut masuk ke dalam tubuh kita.

Baca juga: Pengaruh Alkohol Terhadap Otak Manusia

Zat racun bisa saja masuk melalui deodoran yang sering kita pakai, disaat kita tidak memiliki bulu ketiak, lalu menggunakan dedeoran, hati-hati yah.

Barangkali racun tersebut masuk kedalam tubuh kita dan mengakibatkan terinfeksinya ketiak kita dikarenakan berkontak langsung dengan deodorant tersebut.

2. Mengatur Suhu Tubuh

Setiap bulu yang ada pada bulu kita merupakan bagian yang sangat sensitive terhadap suhu. Bulu tersebut akan berdiri disaat terkena suhu yang dingin, dan sebaliknya jikalau terkena suhu yang hangat bulu tersebut akan berbaring.

Adanya perubahan tersebut itu secara alami adanya, karena untuk melepaskan panas supaya agar suhu didalam tubuh tetap stabil.

3. Mengurangi Gesekan pada Kulit

Manfaat lain adanya bulu ketiak adalah untuk mengurangi adanya gesekan kulit terhadap bagian lengan atas dan bagian bawah disaat adanya gerakan yang kuat.

Sehingga adanya bulu ketiak tersebut tidak hanya sebagai pengganggu akan tetapi memiliki manfaat untuk meminimalisir adanya suatu gesekan yang berlebih yang akan menyebabkan iritasi akibat gesekan tersebut.

4. Melindungi Ketiak dari Bakteri

Ternyata yang terlihat jorok memiliki fungsi untuk melindungi dari bakteri dan kontoran. Setiap aktivitas yang kita lakukan dimanapun dan kapanpun ada kemungkinan bakteri dan kotoran yang menempel di ketiak yang membuat aroma bau semakin tidak sedap, karena area ketiak kita yang hampir selalu tetutup.

Kotoran tersebut akan mengendap di bulu ketiak. Jikalau bulu ketiak kita dicabut ataupun dicukur habis dan pori-pori akan terbuka kemungkinan akan masuknya bakteri tersebut kedalam tubuh kita.

5. Mencegah terjadinya Kanker Payudara

Payudara merupakan bagian yang vital dan harus dijaga oleh perempuan. Membiarkan bulu ketiak tumbuh bisa salah satu caranya mencegah terjadinya kanker payudara.

Adanya suatu kelenjar pada bagian ketiak yang yang berhubungan langsung dengan payudara. Sehingga disaat ada zat-zat atau bakteri yang masuk melalui ketiak tanpa dihentikan, akan menyebabkan terjadinya gangguan terhadap payudara. Bahkan menjadi salah satu akibat terjadinya kanker payudara.

6. Sebagai Daya Tarik untuk Diri Sendiri

Di bagian ketiak adanya suatu kelenjar aprokin. Kelenjar tersebut berfungsi untuk ‘feromon’ yang berfungsi untuk menarik daya perhatian calon pasangan.

Kelenjar apokrin dan suatu kelembapan yang akan menimbulkan aroma bau pada ketiak yang menunjukan sebuah tanda seseorang sudah siap untuk memproduksi.

Berdasarkan sebuah penelitian bahwa setiap orang memiliki aroma ketiak yang berbeda – beda satu dengan yang lainnya. Ini menjadi suatu alasan kenapa seseorang bisa menjadi begitu bau, akan tetapi disukai oleh beberapa orang.

Cara Menghilangkan Aroma Bau Ketiak yang Berbulu

mencium ketiak

Ketika badan kita mengeluarkan aroma yang tidak sedap, jangan salahkan sepenuhnya terhadap badan dan bulu ketiak kita. Karena adanya aroma yang tidak sedap tersebut adanya bakteri – bakteri yang bersarang diketiak kita.

Baca juga: 9 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan

Supaya badan kita tidak mengeluarkan aroma yang tidak sedap maka yang kita perlu lakukan adalah :
 

  1. Menjaga kebersihan ketiak dengan menggunakan sabun. Hal ini dapat mengurangi jumlah bakteri yang bersarang diketiak dan mengurangi aroma bau yang tidak sedap tersebut.
  2. Mengunakan dodoran juga bisa mengurai bau ketiak kita, akan tetapi sebelum kita menggunakan deodorant alangkah baiknya bersihkan terlebih dahulu ketiak kita dengan air bersih.
    Karena mengoleskan atau menyemprotkan deodorant ke permukaan ketiak kita yang kotor makin membuat bau tidak sedap.
  3. Mengurangi memakan makanan yang pedas, yang mengandung bawang, dan lainnya dapat meningkatkan aroma ketiak semakin tidak sedap.
    Oleh karena itu kurangi memakan – makanan yang mengandung rempah – rempah dan rasa pedas.
  4. Pastikan pakaian yang kita gunakan itu bersih, selalu mengganti dan mencuci pakaian dengan bersih setelah kita pakai, selain itu juga pastikan handuk yang kita gunakan dalam keadaan bersih untuk mencegah adanya bakteri yang menyebabkan bau badan dari handuk yang lembab.

Kalian mau memilih untuk membiarkan bulu ketiak panjang, atau di cukur ? tentunya pilihlah yang nyaman dikalian yah.

Baca juga: Cara Mencukur Bulu Ketiak untuk Mengurangi Bau Badan

Yang terlihat jorok, ternyata memiliki banyak manfaat yah ¬ Semoga bermanfaat, see you

Bagikan Artikel melalui :