Dampak pandemi memang memberikan pengaruh cukup besar pada beberapa sektor, termasuk bisnis. Untuk menyikapi hal tersebut, pemerintah menganjurkan semua masyarakat berada di rumah saja. Akhirnya, tidak sedikit bisnis konvensional yang harus gulung tikar. Oleh sebab itu, supaya tetap mempunyai penghasilan, ada baiknya melihat peluang bisnis online yang akan saya bahas pada artikel ini.

Kenapa harus melihat peluang bisnis online? Karena banyak keuntungan yang bisa Anda dapat ketika melakukannya. Misalnya, Anda bisa memulai bisnis tanpa modal. Maksudnya “tanpa modal” di sini yaitu modal yang Anda perlukan sedikit. Bahkan sama sekali tidak ada, kecuali internet dan komputer.

Hanya bermodalkan internet dan komputer, Anda bisa memulai memikirkan bisnis apa yang tepat untuk dilakukan. Terdapat banyak pilihan binis online. Nah, pada artikel ini, saya akan memberikan informasi jenis bisnis online tanpa modal yang mungkin salah satu satunya sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Rekomendasi Jenis Bisnis Online Tanpa Modal

Anda tidak ingin bisnis tanpa mengeluarkan modal banyak, bahkan hanya memanfaatkan komputer dan internet di rumah? Tentu bisa. Berikut ini adalah 6 rekomendasi bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba:

1. Menjadi Penulis

Bisnis online pertama yang dapat Anda coba yaitu menjadi seorang penulis atau content writer. Apabila Anda memiliki keterampilan menulis, maka terdapat banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut. Kenapa? Sebab saat ini banyak pebisnis yang mulai sadar pentingnya melakukan pemasaran menggunakan content writing.

Salah satunya melalui blog. Namun, tidak banyak pebisnis yang mempunyai keahlinan membuat artikel menarik. Oleh sebab itu, bisnis penulis online cukup menjanjikan.

2. Bisnis Pembuatan Website

Bisnis online tanpa modal selanjutnya yaitu jasa pembuatan website. Pekerjaan ini juga dapat Anda lakukan di rumah.

Apabila Anda termasuk orang yang jago coding? bisnis ini dapat menjadi bisnis menjanjikan. Sebab, banyak orang yang mulai sadar website itu penting. Namun tidak banyak yang mampu membuat websitenya sendiri.

Untuk memulai bisnis ini, buatlah dulu website unik sebagai media promosi dan identitas online Anda. Jangan lupa membangun branding kuat atas keahlian Anda tersebut. Walaupun tanpa modal, tapi dapat menjanjikan keuntungan berlipat. Anda juga bisa membuat pengembangan usaha ke depannya.

3. Menjadi Penerjemah

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa. Nah, jika Anda lulusan sastra, maka bisa memanfaatkan keahlinan tersebut untuk menjalankan bisnis online.

Anda juga tidak perlu repot dengan jam kerja, karena bisa mengaturnya sendiri. Cobalah dengan menawarkan jasa Anda ke beberapa teman, dan mengumpulkan portofolio. Setelah itu, tawarkan jasa Anda ke beberapa perusahaan yang membutuhkan, atau bergabung melalui platform freelancer.

4. Menjadi Tutor Online

Saat ini, aktivitas mengajar  tidak perlu di dalam kelas dan tatap langsung dengan murid. Apabila Anda memiliki keahlian mengajar, maka bisa menjadi potensi untuk memulai bisnis online tanpa modal.

Apalagi saat ini banyak platform yang bisa mendukung berjalannya bisnis tersebut. Berbeda dengan bisnis freelancer lain, pada platform tutor membutuhkan penyeleksian terlebih dulu untuk calon tutor yang hendak bergabung. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan konsumen yang ingin belajar sesuai dengan topik.

Selain melalui platform, Anda juga bisa membangun bisnis online menjadi tutor secara mandiri. Caranya, dengan membuat website portofolio dan melakukan promosi di media sosial sesuai dengan topik dan keahlian yang Anda miliki.

5. Bisnis Jasa Desain Grafis

Sama seperti dalam dunia kepenulisan, keahlian desain grafis juga diperlukan oleh banyak pebisnis. Misalnya, memuat desain kemasan produk, desain logo, membuat brosur, dan lain-lain.

Membuka bisnis desain grafis bisa menjadi ide bisnis onine yang menjanjikan bagi Anda yang memiliki skill desain yang tinggi. Apalagi jenis pekerjaan ini dapat Anda lakukan di rumah atau secara remote.

Alangkah lebih baik untuk membangun reputasi online melalui sebuah website portofolio. Itulah yang dapat menjadi bukti keahlian desain yang Anda miliki. Dengan begitu, calon klien tidak akan merasa ragu lagi membuat karya di tempat Anda.

6. Bisnis Online Sesuai Dengan Hobi

Mempunyai hobi atau keahlian pada suatu bidang dan bisa menjual keahlian tersebut untuk memperoleh penghasilan tentu merupakan hal yang menyenangkan bukan?

Dengan dukungan internet saat ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk menawarkan jasa melalui media sosial. Tidak perlu malu menjual jasa yang Anda miliki, karena terdapat peluang yang begitu besar.

Itulah beberapa bisnis online tanpa modal yang dapat Anda jalankan. Bersikaplah pantang menyerah untuk menjalankan bisnis tersebut. Selain itu, buatlah catatan pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada bisnis yang Anda jalankan, supaya lebih mudah mengembangkan bisnis tersebut ke depannya. Semoga berhasil.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia