8 Ciri Kepribadian Orang Yang Sangat Cerdas

8 Ciri Kepribadian Orang Yang Sangat Cerdas

Diposting pada

Setiap manusia memiliki kecerdasan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, dimana setiap perbedaan tersebut bisa dilihat melalui ciri-ciri yang ada pada kepribadian setiap orang, pertanyaan seputar kecerdasan seseorang telah dimuat di situs Quora dan ada banyak orang diseluruh dunia yang telah memberikan tanggapan ada yang memberikan jawaban melalui pengalaman mereka ada juga yang mengambil jawaban melalui hasil riset.

Apakah kamu termasuk memiliki ciri-ciri orang yang sangat cerdas?

Berikut kami rangkum tanggapan paling menarik seputar pertanyaan “What are the common traits of highly intelligent people?( Apa Ciri Umum Orang Yang Sangat Cerdas)” yang paling relevan berdasarkan sains dan telah disetujui oleh beberapa peneliti sehingga kami simpulkan ada 8 Ciri Kepribadian Orang Yang Sangat Cerdas.

1. Highly Adaptable (Sangat Mudah Beradaptasi)

Beberapa pengguna Quora yang memberikan tanggapan terkait pertanyaan tersebut menyimpulkan bahwa salah satu ciri orang cerdas adalah ia mampu untuk menyesuaikan diri dan berkembang pada setiap kondisi yang ada termasuk peraturan dan lain sebagainya (flexible and able to thrive in different settings).

Seperti pada tulisan Donna f Hammet, bahwa orang-orang cerdas mampu beradaptasi dengan “

“menunjukkan apa yang bisa dilakukan terlepas dari kerumitan
atau batasan yang diberikan pada mereka.”

Sehingga orang yang memiliki ciri kepribadian cerdas akan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru baik berkaitan dengan peraturan yang ada maupun batasan-batasan yang harus mereka jalani di lingkungan mereka yang baru tersebut.

Penelitian psikologis terbaru mendukung pernyataan ini bahwa tingkat kecerdasan dapat diukur bergantung  pada kemampuan seseorang untuk mengubah perilaku pada berbagai kondisi yang ada dan menyesuaikan diri pada berbagai kondisi.

2. Mengakui Hal Yang Tidak Diketahui


Orang-orang yang memiliki ciri kepribadian orang yang cerdas akan mudah mengatakan ‘tidak tahu” pada sesuatu hal yang benar-benar tidak ia ketahui dan dia tidak memaksakan diri untuk menjawab atau melakukan hal yang tidak ia ketahui sehingga tidak melebih-lebihkan sesuatu yang tidak benar-benar ia ketahui.

Seperti tulisan Jim Winer bahwa orang-orang cerdas:

“tidak takut mengatakan: ‘Saya tidak tahu.’
Jika mereka tidak mengetahuinya, mereka dapat mempelajarinya. “

Hasil tulisan oleh Jim Winer tadi didukung oleh penelitian klasik oleh Justin Krunger dan David Dunning yang menemukan bahwa:

“Semakin kurang tingkat kecerdasan seseorang
Maka, semakin seseorang tersebut melebih-lebihkan kemampuan kognitif Mereka”

Berikut contoh kasusnya
Seseorang sedang melaksanakan test interview lalu ia ditanya “Apa Kelebihan yang Anda Miliki?” lalu orang tersebut menjawab “Saya memiliki kelebihan A,B dan C’ padahal kemampuan yang benar-benar ia miliki adalah “D” maka kita japat berasumsi bahwa orang tersebut memiliki tingkat kecerdasan yang kurang .

3. Insatiable Curiosity (Memiliki Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi)

Orang yang cerdas memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga ia baanvak mempelajari sesuatu yang tidak ia ketahui.

Albert Einstein pernah berkata:

“Saya Tidak Punya Bakat Khusus
Tetapi, Saya Hanya Ingin Tahu.”

Pernyataan Albert Einstein tersebut cukup menggambarka bahwa rasa ingin tahu adalah salah satu ciri orang-orang yang cerdas karena Albert Einstein sendiri adalah seorang ilmuan terkenal yang karyanya banyak menjadi rujukan para ilmuan lainnya.

Keyzurbur Alas mengatakan bahwa:

“Orang Cerdas Membiarkan Diri Mereka untuk Terpesona dengan Kemampuan orang lain.”

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 (Research published in 2016) menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan anak-anak dan keterbukaan terhadap pengalaman – yang mencakup keingintahuan intelektual -di masa dewasa.

Hasil penelitian di UK menyebut bahwa anak umur 11 tahun memiliki tingkat IQ yang tinggi karena meraka memiliki rasa ingin tahu yang jau lebih kuat dibadingkan dengan orang dewasa yang berumur 50 tahun.

Dapat disimpulkan bahwa untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang adalah dengan melihat rasa ingin tahu yang ada pada setiap orang.

4. Open Minded (Berpikiran Terbuka)


Orang-orang pintar tidak menutup diri mereka dengan ide atau peluang baru yang tidak pernah dia ketahui.

Hammett menulis bahwa orang yang cerdas:

“Mau Menerima dan Mempertimbangkan Pandangan Lain dengan Nilai dan Pikiran yang luas,” dan bahwa mereka
“Terbuka untuk Solusi Alternatif.”

Para ahli psikologi mengatakan bahwa orang-orang yang berpikiran terbuka (mereka yang mencari sudut pandang alternatif dan menimbang bukti secara adil)- cenderung mendapat skor lebih tinggi pada SAT dan pada tes kecerdasan.

Pada saat yang sama, orang-orang yang pintar sangat berhati-hati tentang ide dan perspektif mana yang mereka ambil.

Alas berkata:

“Pikiran yang cerdas memiliki keengganan yang kuat untuk menerima banyak hal berdasarkan nilai nominal
dan karenanya orang cerdas menahan kepercayaan sampai dihadirkan dengan banyak bukti,”

5. Menyukai Kesendirian

Richard He mengatakan bahwa orang yang sangat cerdas cenderung “sangat individualistis.”

Yang menarik disini adalah, penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa orang yang lebih pintar cenderung memperoleh kepuasan saat bersosialisasi yang lebih rendah daripada kebanyakan orang yang bersosialisasi dengan teman-teman mereka.

6. Mampu Mengontrol Diri

Zoher Ali menulis bahwa orang-orang pintar mampu mengatasi masalah yang ada didalam dirinya dengan “merencanakan, mengklarifikasi tujuan, mengeksplorasi strategi alternatif, dan mempertimbangkan konsekuensi sebelum [mereka] mulai.”

Para ilmuwan telah menemukan hubungan antara kontrol diri dan Ciri kecerdasan setiap orang.

Dalam suatu studi 2009, peserta harus memilih antara dua pilihan saat mendapatkan pembayaran (gaji) yaitu: pembayaran yang lebih kecil (langsung/segera) atau pembayaran yang lebih besar di namun, dibayarkan kemudian hari.

Hasil menunjukkan bahwa peserta yang memilih pembayaran yang lebih besar di kemudian hari – yaitu, mereka yang memiliki lebih banyak kontrol diri – umumnya mendapat skor lebih tinggi pada tes kecerdasan tersebut.

7. Funny (Humoris)

Advita Bihani menunjukkan bahwa orang yang sangat cerdas cenderung memiliki selera humor yang cukup tinggi. Namun, pada tingkat humoris ini tentunya berbeda dengan orang-orang biasa lainnya.

Para ilmuwan setuju dengan pernyataan tersebut. Satu studi menemukan orang yang menulis teks kartun lucu mendapat skor lebih tinggi pada ukuran kecerdasan verbal.

Studi lain menemukan komedian profesional mendapat skor lebih tinggi daripada rata-rata pada ukuran kecerdasan verbal.

8. Memiliki Empati yang Tinggi


Orang yang cerdas Mereka peka terhadap pengalaman orang lain (memiliki empati yang tinggi). Orang yang cerdas:

“Hampir merasakan Apa yang Dipikirkan / Dirasakan Seseorang.”

Beberapa psikolog berpendapat bahwa empati, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perasaan orang lain serta bertindak dengan cara yang peka terhadap kebutuhan itu, adalah komponen inti dari kecerdasan emosional.

Individu yang cerdas secara emosional biasanya sangat tertarik untuk berbicara dengan orang baru dan belajar lebih banyak tentang mereka baik itu seputar pengalaman maupun pengetahuan mereka.

Gambar Gravatar
Founder pusilpen.online/pusatilmupengetahuan.com Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, dan qothrunnadaa.com