8 Langkah Mudah Menumbuhkan Minat Baca-2-2

8 Langkah Mudah Menumbuhkan Minat Baca

Diposting pada

Membaca merupakan salah satu kebiasaan baik ,banyak orang belum menyadari bahwa, dengan membaca kita sama saja telah membangun pondasi keilmuan dan membuka wawasan pengetahuan dunia yang sangat luas dan tentunya pasti banyak hal yang membuat kita semakin sadar, bahwa ada banyak hal yang belum kita ketahui. Jika kamu ingin membaca menjadi sebuah kebiasaan, ada beberapa cara mudah untuk membangun kebiasaan tersebut, berikut 8 Langkah Mudah Menumbuhkan Minat Baca:

Sadari bahwa Membaca itu Sangat Menyenangkan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah ubah mindset kamu dan sadari bahwa membaca merupakan hal yang sangat menyenangkan, dengan seperti itu alam bawah sadar  kamu akan selalu berfikir, bahwa membaca itu menyenangkan, sehingga kamu selalu merasakan sensasi menyenangkan setiap kali kamu membaca.

Jika kamu memiliki buku yang bagus dan menarik atau kamu memiliki buku yang tidak kamu sukai lalu kamu memaksakan diri untuk membacanya, hal tersebut akan terlihat seperti sebuah momok untuk kamu, maka cobalah belajar untuk memaksakan diri untuk membacanya. Jika kamu melakukan hal tersebut selama beberapa hari berturut-turut, maka semakin lama kamu akan mulai sulit untuk berhenti membaca, sehingga tanpa kamu sadari diri kamu telah belajar untuk menyukai kebiasaan membaca tersebut.

Buat Waktu Khusus untuk Membaca

Kamu harus membuat waktu khusus untuk membaca setidaknya selama 5-10 menit setiap harinya. Ini adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk mulai membangun kebiasaan membaca kamu, karena ketika kita mulai berbicara kata “membangun” maka, tentunya hal tersebut tidak terjadi secara spontan semuanya butuh proses dari yang terkecil.

Misalnya, kamu bisa membiasakan membaca saat sarapan dan makan siang (bahkan makan malam jika kamu sedang makan sendirian), membaca setiap kali kamu sedang istirahat dan duduk, serta ketika kamu pergi tidur nah, ketika hal tersebut kamu lakukan maka tanpa sadar kamu sudah memiliki kebiasaan membaca empat kali sehari, Itu awal yang baik, dan dengan sendirinya hal tersebut akan menjadi  suatu kebiasaan yang baik untuk kamu. Tetapi masih ada lagi yang bisa kamu lakukan.

Selalu Bawa Buku


Kemanapun kamu akan pergi, bawalah buku. Misalnya ketika kamu hendak pergi bermain atau pergi ke suatu tempat untuk berkunjung, jangan lupa untuk selalu membaca buku, karena walaupun kamu sedang tidak sempat membaca setidaknya kamu tetap membawa buku, bisa jadi ada saat dimana kamu sedang bosan dan tidak ada yang bisa kamu lakukan selain membaca buku, sehingga mungkin saja kebiasaan tersebut akan mulai tumbuh tanpa kamu sadari karena itu adalah salah satu cara yang bagus untuk menghabiskan waktu kamu.

Buatlah Daftar Bacaan

Simpan daftar semua buku menarik yang hendak kamu baca. Kamu bisa menyimpan ini di jurnal kamu, buku catatan saku, lemari buku kamu, di wiki pribadi kamu, dan di mana pun.

Pastikan juga setiap kali kamu tahu ada buku yang bagus, segera kamu simpan dan masukan buku tersebut kedalam daftar bacaan kamu, baik buku yang kamu dapatkan secara online maupun secara langsung. Jangan lupa juga untuk mencoret atau menandai bagian dari buku yg sudah kamu baca, Trik & Tips : buatlah buku catatan khusus untuk daftar buku kamu, dan simpan daftar buku bacaan yang kamu temukan setiap kali kamu mendengar ada buku yang bagus dan menarik untuk dibaca

|  Baca Juga: Cara Bangun Pagi Lebih Cepat dan Jadi Rutinitas

Temukan Tempat yang Tenang.

Carilah tempat yang tenang di mana saja, di mana kamu dapat duduk di kursi dengan nyaman (jangan berbaring kecuali kamu akan tidur). Dan usahakan agar saat kamu mulai ingin membaca tidak ada hal yang dapat menggangu kamu seperti televisi, computer, maupun gadget hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan gangguan, dan usahakan untuk tidak ada musik atau suara anggota keluarga / teman sekamar yang dapat menggangu konsentrasi membaca kamu, Jika kamu tidak menemukannya maka silahkan kamu cari tempat dimana saat kamu berada didalam tempat tersebut kamu sudah masuk mode membaca.

Kurangi Televisi / Internet

Jika kamu benar-benar ingin menjadikan membaca adalah sebuah kebiasaan, coba kurangi konsumsi TV atau Internet. Ini mungkin akan sulit bagi banyak orang. karena setiap menit saat kamu mengurangi Internet / TV, kamu bisa menggantinya dengan membaca. Tanpa kamu sadari hal tersebut bisa membuat rasa bosan kamu saat membaca mulai hilang.

Bacakan untuk Anak Kamu

Jika kamu memiliki anak, maka kamu harus sering membacakannya buku, sehingga hal tersebut akan menciptakan kebiasaan membaca pada anak-anak kamu, hal tersebut adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa mereka akan menjadi orang yang gemar membaca ketika mereka dewasa. Temukan beberapa buku anak-anak yang bagus dan menarik, lalu bacakan kepada mereka. Pada saat yang sama, kamu mengembangkan kebiasaan membaca dalam diri kamu sendiri, dan menghabiskan waktu berkualitas bersama anak kamu juga.

Tetapkan Target

Tetapkan tujuan yang tinggi. Misalnyak katakan pada diri kamu bahwa kamu ingin membaca 50 buku tahun ini (atau nomor jumlah lain). Kemudian mulailah berusaha untuk mencapainya. Pastikan kamu tetap menikmati bacaannya – jangan buru-buru dalam membacanya, hal terpenting adalah kamu benar-benar faham apa yang tertulis didalam buku bukan seberapa banyak buku yang kamu baca.

Semoga 8 hal yang telah kami bahas diatas dapat bermanfaat serta dapat menjadi motivasi untuk kamu agar semakin giat dan semangat dalam membaca sehingga kebiasaan membaca tersebut sudah tertanam didalam diri kamu.

Sumber: LifeHack.org

Share on print
PRINT ARTIKEL