8 Tips Hidup Sukses dan Bahagia – Anak Muda Pasti Bisa!

Semua orang pasti mendambakan kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup. Namun, apakah kesuksesan dan kebahagiaan seseorang dapat diukur? Hal ini karena tujuan masing-masing individu berbeda. Mereka memiliki pencapaian sendiri.

Oleh karenanya kesuksesan adalah hal yang relatif bagi setiap orang dan tergantung bagaimana pola pikir kamu memandang kehidupan.

Bagi remaja kebahagiaan pun sangat didambakan, apalagi untuk mereka yang baru memasuki tahap menuju kedewasaan. Ada berbagai rintangan yang sering kali terasa berat.

Berbagai tekanan datang dari sana sini, seperti orang tua yang banyak menuntut, pertemanan yang sering terjadi bulliying, serta sekolah yang membebani banyak sekali tugas.

Namun, tanpa adanya pemberian motivasi bagi kamu. Itu semua terasa berat saat ini bagi kamu.

Lalu adakah solusi dari berbagai persoalan kehidupan remaja agar dapat merasakan kesuksesan dan kebahagiaan?.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai tips hidup sukses dan bahagia.

Berikut ini 8 Tips Hidup Sukses dan Bahagia yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan kamu sehari-hari.

1. Yakin Terhadap Diri Sendiri

Yakin Terhadap Diri Sendiri

Memiliki tujuan dan prinsip saja tidak cukup untuk menjalani kehidupan ini, kamu butuh keyakinan bahwa dirimu bisa.

Kenapa? Karena berdasarkan buku karya Doug Hooper (You Are What You Think) mengemukakan bahwa “ Anda adalah apa yang anda pikirkan”.

you are what you think - doug hooper

Selain itu, di dalam teori mengenai efikasi diri, terdapat sebuah istilah “pygmalion effect” atau “galatea effect”, yaitu salah satu bentuk dari self-fulfilling (pemenuhan diri) dimana dengan mempercayai sesuatu, bisa menjadikannya kenyataan (Robbins & Judge, 2013).

Maka apa yang kamu pikirkan akan menjadikan itu dirimu. Jika kamu berpikir kamu seorang pemenang maka kamu akan menjadi pemenang dan sebaliknya.

Baca juga: Cara Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri

Berilah pola pikir dan alam bawah sadar kamu motivasi yang optimis. Misalnya jika kamu optimis bisa melakukan sesuatu dan bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu tujuan kamu pasti akan berhasil dan sebaliknya. Maka, mulai sekarang ubah pola pikir kamu.

Karena dengan berfikir positif kamu bisa mendapatkan Hidup Sukses dan Bahagia.

2. Mulai Menemukan Identitas Diri

Bagi setiap anak yang menginjak usia remaja menemukan identitas diri bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan proses yang cukup panjang.

Baca juga: 9 Cara Mengetahui Potensi Diri

Tapi apa sih yang dimaksud dengan identitas diri? Identitas diri adalah sesuatu tempat dimana kita bisa meletakkan diri kita. Ini bisa kita kaitkan dengan kenyamanan dalam diri kita terhadap memeluk agama, memilih profesi, lingkungan pertemanan dan lainnya.

3. Belajar dari yang Terbaik

belajar

Ketika mendengar kata belajar pasti kamu sudah membayangkan sesuatu yang membosankan dengan setumpuk buku di hadapan mu.

Pada abad ke-21 ini kamu sudah harus berpikir lebih terbuka dan positif, belajar bukanlah hanya di ruang kelas duduk mendengarkan penjelasan dari gurumu, sambil mengerjakan setumpuk soal matematika atau sejarah, tetapi belajar itu tidak tergantung waktu dan tempat.

Misalnya kamu bisa belajar tentang bagaimana melatih kesabaran dan peduli terhadap orang lain melalui orang tua kamu di rumah, belajar kekompakan dan kesolidaritasan dengan teman kamu atau belajar melalui media internet yang dapat menambah wawasan pengetahuan.

4. Kurangi Pola Pikir Negatif

berfikir positif

Kamu pasti pernah galau dengan alasan dan sebab yang belum pasti. Terkadang ini membebankan pikiran kita dan juga menyita waktu kita loh tanpa kamu sadari.

Sebaiknya kebiasaan berpikir negatif ini kamu kurangi dan segera istirahat jika kamu lelah melakukan aktivitas.

Baca juga: Hanguskan Rasa Pesimis, Wujudkan Jiwa Optimis

Selain itu, kamu juga bisa bercerita ke orang tua, kakak kadang bercerita ke adik bagitupun sebaliknya dan teman sebaya untuk menghadapi segala kekhawatiran yang kamu alami ini. Hindari berpikir negatif dan ubah pola pikirmu menjadi lebih positif.

5. Jadikan Hidup sebagai Perjalanan yang Menarik

melihat langit

Dalam kehidupan pasti kamu pernah merasakan kekecewaan ataupun kebahagiaan yang mendalam. Hal itu sudah biasa, setiap orang baik remaja maupun orang dewasa merasakannya.

Maka, kamu tidak boleh langsung patah semangat kalau tujuan impian yang kamu inginkan tidak sesuai sama kenyataan yang dihadapi.

Jadi, kalau kamu kecewa terhadap sesuatu jangan terlalu diratapi. Kamu harus berpikir maju dan selalu optimis. Tanamkan di dalam diri kamu bahwa “Allah tidak menguji hamba-Nya diluar kemampuannya”.

Baca juga: Hanguskan Rasa Pesimis, Wujudkan Jiwa Optimis

Ketika kamu lagi merasakan kesenangan juga jangan lupa untuk selalu bersyukur dan berterima kasih kepada Sang Pencipta ya sobat.

6. Menemukan Tujuan Hidup dan Jangan Takut Bermimpi

berjalan

Adanya cita-cita dan tujuan hidup ini sangat membantumu untuk memotivasi agar selalu bangun pagi dan semangat untuk menuntut ilmu. Ketika kamu duduk dibangku sekolah dasar cita-cita kamu banyak sekali pasti, ingin jadi ini dan itu.

Tapi seiring berjalannya waktu kamu malah bingung sama apa yang kamu suka (passion) dan mau jadi apa nanti kamu dimasa depan.

Baca juga: 9 Langkah Jitu Menemukan Passion

Coba deh kamu merenung sejenak dan pikirin lagi apa yang selama ini kamu suka dan kamu sangat enjoy dalam melakukannya. Mulailah dari hal-hal sederhana yang selama ini kamu jadikan hobi. Cara itu cukup efektif dan setelah kamu tau tujuan dan cita-cita kamu, kamu harus optimis dan melangkah dengan berani.

Jangan takut bermimpi besar dan jangan lupa untuk selalu diiringi dengan usaha dan doa.

7. Persiapkanlah Kebahagiaan yang Sesungguhnya

pemandangan alam

Banyak orang berpikir bahwa kematian di kaitan dengan usia dan kesehatan. Berarti remaja umurnya masih muda dan badannya masih sehat, jadi masih belum mikirin kematian.

Eits, memangnya ada yang tau kapan kita akan meninggal? Umur muda atau tua bukan lah patokannya. Maka persiapkan amalan terbaikmu selagi nafas ini masih berhembus.

Ingatlah bahwa dunia ini hanya permainan dan kehidupan yang kekal sebenarnya adalah akhirat kelak. Jadi persiapkanlah kebahagiaan yang sesungguhnya dan kekal disana ya jangan sampai lupa.

8. Selalu Bersyukur

bersyukur

Mulailah berpikir positif setiap kamu terbangun di pagi hari dan bersyukurlah hari ini kamu masih bisa bernafas dengan lega dengan keadaan sehat serta segar bugar, tidak semua orang diberikan nikmat kesehatan.

Kamu harus memulai mensyukuri segala hal-hal kecil yang ada di hidupmu. Ingatlah bahwa “Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih (Qs. Ibrohim : 7).

Dan Musa berkata: “Jika kamu dan orang-orang yang ada di muka bumi semuanya mengingkari (nikmat Allah) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (Qs. Ibrohim : 8).

Demikian 8 Tips Hidup Sukses dan Bahagia, semoga bermanfaat..

Bagikan Artikel melalui :