9 Cara Untuk Mengetahui Potensi Diri

Potensi adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, baik berbentuk terlihat ataupun tidak terlihat. Akan tetapi belum sepenuhnya bisa terlihat dan dimanfaatkan secara total atau keseluruhan dari setiap orang.

Banyak yang belum memahaminya dengan baik, seperti memahami karakternya, tingkah lakunya, atau bahkan potensi yang ada didalam dirinya.

Akibat dari kita yang tidak mau mengenali diri kita sendiri, mungkin akan sulit bagi kita untuk mencari tau lebih dalam suatu kelebihan yang kita miliki hingga pada akhirnya potensi tersebut akan terpendam dan hilang.

Baca juga: Cara Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri merupakan suatu hal yang penting, disaat kita sedang melamar suatu pekerjaan, kita akan ditanyakan suatu potensi yang kita miliki, dan kita tidak mengetahui apa potensi yang ada pada diri kita.

Maka pekerjaan tersebut akan ragu untuk menerima kamu. Maka tidak ada salahnya untuk kita mengenali potensi yang kita miliki dengan cara – cara dibawah ini :

1. Mencari tau kelebihan yang ada

cari tahu kelebihan

Mencari tau suatu kelebihan yang kita miliki, merupakan sebuah cara untuk mengetahui potensi yang ada pada diri kita. Biasanya hal itu berlawanan dengan apa yang kita mau, misalnya kamu memiliki kemampuan untuk menjadi seseorang psikologi, akan tetapi didalam diri kita tidak merasakan senang dalam mempelajari ilmu tersebut.

Baca juga: Pengertian Psikologi Secara Lengkap

Hal ini mungkin disebabkan oleh ketidak nyamanan dalam belajar, atau yang lainnya. Untuk mengetahui kelebihan kamu dibidang apa, maka kamu bisa konsultasi dengan mudah.

2. Meminta saran terhadap orang lain

meminta saran kepada orang lain

Cara selanjutnya untuk mengetahui potensi yang kita miliki, kita bisa lakukan kelebihan apa yang kita miliki dengan meminta bantuan terhadap orang lain untuk memberikan saran yang terbaik darinya. Bisa meminta saran terhadap keluarga, kerabat, atau orang terdekat yang mengetahui diri kita secara keseluruhan.

Biasanya mereka akan memberikan sebuah saran untuk melakukan suatu aktivitas yang kita sukai, dan suatu keahlian yang menonjol dari dalam diri kita menurut pandangan mereka. Hal itu akan memudahkan kita untuk mengetahui potensi kita yang terpendam tersebut.

3. Kenali potensi yang paling menonjol

potensi

Apakah kamun memiliki sebuah potensi yang banyak ? akan tetapi tidak terlalu ahli ? banyak orang yang mengalami hal tersebut sehingga membuat diri mereka bingung.

Baca juga: 9 Langkah Jitu Menemukan Passion

Misalnya kamu suka bermain bola, tapi kamu juga suka mengajar, dan suka juga mengambil gambar layaknya seorang photographer. Bahkan ketiga hal tersebut bisa menjadi sebuah hobi secara bersamaan.

Cobalah kenalilah lebih dalam lagi terkait potensimu tersebut. Jikalau semuanya memiliki kesamaan, dan tidak ada yang menonjol, ketika kamu mencoba lagi untuk belajar lagi untuk mengenali diri kamu, maka pilihlah salah satu diantaranya maka hasilnya akan berbeda disaat kamu fokus terhadap satu potensi tersebut.

4. Luangkan beberapa menit setiap harinya

waktu

Luangkan waktumu beberapa menit setiap harinya, coba luangkan waktumu setiap harinya untuk merenung dan bertanya pada diri sendiri untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan apa yang kamu punya.

Buatlah sebuah tulisan kesimpulan dari apa kekurangan yang kamu punya untuk diperbaiki dan menjadi sebuah kemajuan kedepannya. Supaya kamu menjadi fokus dan mengetahui diri kamu sebenarnya.

5. Buatlah suatu tujuan

tujuan

Buatlah suatu tujuan yang akan kamu raih kedepannya, karena tujuan itu yang membuat kamu lebih fokus dan terarah untuk menggapai sesuatu. Layaknya sebuah potensi pada dalam diri, kamu harus mengetahui tujuan dari potensimu tersebut.

Tujuan yang kamu tentukan, tidak harus tujuan besar, akan tetapi tujuan kecilpun bisa mengarahkanmu dalam mewujudkannya itu, asalkan kamu sudah memiliki rencana dan gambaran yang akan kamu lakukan kedepan.

6. Berani untuk mengambil suatu keputusan

Beranilah untuk mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan apa yang kamu lakukan untuk mengenali potensi yang dimiliki. Hindari sebuah perkataan yang menunda – menunda disaat kamu bisa mengerjakan pada saat waktu itu juga, agar menghasilkan suatu hal yang bermanfaat, baik dalam waktu yang lama ataupun waktu yang sebentar.

Baca juga: 11 Perbedaan Pemenang dan Pecundang

Jikalau hasil tidak sesuai apa yang diharapkan, jangan lelah untuk berusaha dan terus mencoba. Karena untuk mengetahui potensi yang dimiliki itu tidak mudah.

Ambil point penting dari suatu kegagalan, dan jadikan sebuah pelajaran untuk melangkah kembali agar mendapatkan hasil yang memuaskan seperti apa yang direncanakan.

7. Bertemanlah dengan orang banyak

berteman

Pada kenyataannya sangat sulit sekali bagi kita untuk menemukan potensi yang kita punya. Tapi jangan khawatir karena adanya orang sekitar kita bisa membantu.

Pastikan kamu mencari pergaulan yang baik, orang yang berfikiran positif akan kesuksesan. Agar kamu mendapatkan ilmu, dan pengalaman dari orang lain tersebut.

8. Berani melakukan suatu hal yang belum pernah dilakukan

berani

Melakukan suatu hal yang belum pernah dilakukan mengakibatkan resiko yang besar. Jikalau kamu selalu dibaluti rasa takut untuk mencoba hal yang baru, kamu akan sulit untuk mengetahui potensi yang sudah ada, dan akan semakin terpendam sehingga hilang dengan berjalannya waktu. Hal tersebut akan sangat membantu untuk mengenali diri sendiri lebih dalam lagi.

9. Pertahankan sebuah komitmen

komitmen

Disaat kamu sudah memiliki sebuah cara dan tujuan untuk mengetahui potensimu, maka buatlah sebuah komitmen untuk mempertahankan rasa semangat, dan selalu termotivasi dari komitmen yang telah kamu buat diawal. Dan carilah orang yang selalu mengingatkan akan komitmenmu tersebut.

Awalnya kamu pasti merasakan dirimu lebih buruk dari orang lain, dan suka membanding – bandingkan diri sendiri dengan yang lain.

Baca juga: Perlukah Kita Membandingkan Diri ?

Disaat kamu telah mengetahui akan potensimu yang kamu punya, rasa itu akan hilang dengan sendirinya dan akan fokus dalam meningkatkan potensimu tersebut. You can be try it !

Bagikan Artikel melalui :