9 Langkah Jitu Menemukan Passion

9 Langkah Jitu Menemukan Passion Kamu, lalu Hidup dengan Bahagia

Diposting pada

Jika kamu pernah berfikir untuk mengubah hidupmu kearah yang jauh lebih baik maka, saya menyarankan kamu untuk mencari sesuatu yang benar-benar Kamu sukai atau kamu yakin hal tersebut adalah passion Kamu, lalu Kamu melakukan hal yang Kamu sukai tersebut dan menjadikannya sebagai sumber penghasilanmu (nafkah).

Passion adalah perasaan antusiasme atau kegembiraan kuat seseorang yang mendorong untuk melakukan sesuatu

Kelihatannya memang tidak semudah saat mengatakannya akan tetapi hal tersebut sesuai dengan usaha dan hasil yang akan Kamu dapatkan nantinya.

Jika kamu malas pergi ke sekolah, atau malas bergegas untuk pergi bekerja, atau setiap harinya kamu merasa kurang motivasi dan kamu dapati bahwa rutinitas sehari-hari yang kamu lakukan terasa membosankan lalu itu terjadi berulang-ulang, maka kamu harus mengubah hidupmu mulai detik ini.

Mengubah hidup disini adalah mengikuti apa yang benar-benar kamu sukai atau biasa kita kenal dengan sebutan ‘passion’, yaps.. passion adalah salah satu hal yang paling penting saat menjalani hidup terutama pekerjaan.

Ketika kamu bekerja kamu membutuhkan passion.

Ketika kamu belajar kamu membutuhkan passion

Ketika Kamu melakukan hal apapun didalam hidupmu pasti dibutuhkan passion didalamnya agar ketika kamu menjalaninya, kamu merasa bahagia dan tidak tertekan dengan keadaan.

Saat kamu mempunyai suatu pekerjaan, atau suatu mata pelajaran yang tidak kamu sukai, maka cukupkanlah diri untuk melakukan hal terbaik yang bisa kamu lakukan dengan sesuatu yang tidak kamu sukai tersebut, jangan sampai hal tersebut membuat kamu pusing, sedih atau bahkan frustasi.

Tetap penuhi tanggung jawabmu saat ini baik kamu menyukai itu maupun tidak,  namun persiapkan diri untuk belajar menemukan passionmu dan ikuti kemanapun arah passionmu itu membawa hidupmu.

Lalu, dari sini muncul pertanyaan “Bagaimana Cara Menemukan Passion?”, berikut kami rangkum “9 Cara Jitu menemukan Passion lalu Hidup dengan Bahagia“.

1. Tanya Pada Dirimu: Apakah Ada Sesuatu yang Kamu Lakukan karena Kamu Benar-Benar Menyukainya?

Apakah Kamu mempunyai hobi, atau sesuatu yang Kamu sukai saat masih kecil, tetapi sampai saat ini Kamu tidak pernah menganggapnya sebagai suatu kemungkinan?

Mungkin Kamu suka membaca, menulis, membuat sesuatu hal, mencari penemuan baru, atau suka memperbaiki sesuatu, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai pekerjaan.

Jika sudah ada sesuatu yang Kamu sukai, atau Kamu merasa unggul saat melakukannya. Sekarang Kamu hanya perlu meneliti kemungkinan yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari sesuatu tersebut.

Setelah kamu mencoba hal tersebut, rasakanlah apakah kamu nyaman dan bahagia saat menjalaninya atau kamu tetap merasa bosan dan tidak nyaman?.

Jika jawabannya “iya”, silahkan lanjut ke cara yang ke-2.

2. Cari Tahu Apa yang Sering Kamu Pelajari Tentangnya

Ketika kita merasa ada sesuatu yang setiap saat selalu ingin kita ketahui, kita cari tahu tentangnya, menggali banyak informasi tentang hal tersebut atau istilahnya “kepo” kemungkinan hal tersebut adalah passion kita.

Tidak ada salahnya kita coba menekuni apa yang membuat kita terus-menerus penasaran tersebut, jika kita sudah menemukan hal yang membuat kita penasaran lalu mencoba terus mempelajari dan melakukannya dalam waktu yang cukup lama, maka darisana hanya ada 2 kemungkinan, yaitu:

1. Merasa nyaman dan benar-benar menikmatinya
2. Merasa bosan dan tidak nyaman saat menjalaninya

Jika yang kamu rasakan sesuai dengan nomor 2 diatas, silahkan kamu lanjut ke cara yang ke-3.

3. Brainstorm (Mengumpulkan Banyak Pendapat)

Brainstrom adalah suatu tekhnik pengumpulan gagasan (pendapat) orang lain untuk membantu menyelesaikan suatu masalah yang sedang dihadapi.

Karena Kamu merasa belum menemukan jawaban seputar passion Kamu, maka saya anggap itu adalah sebuah masalah kecil yang pastinya ada jalan keluarnya sehingga mungkin tekhnik Brainstrom ini cocok untuk Kamu.

Saat kamu bingung dengan pilihanmu, atau merasa memiliki banyak sekali pilihan termasuk saat mencari passion maka tidak ada salahnya kamu meminta pendapat orang lain untuk menjadi pilihan bagimu untuk bisa mempertimbangkan yang terbaik terutama saat memilih passion.

Mengambil pendapat disini tentunya kepada orang-orang yang benar-benar Kamu percaya dan benar-benar faham siapa kamu, atau telah lama dekat denganmu. Ambilah pendapat tersebut lalu kumpulkan dengan pendapat lainnya terutama pendapatmu.

Dan disini pasti ada 2 kemungkinan yang akan terjadi, yaitu:

1. Kamu menemukan passionmu
2. Masih bingung dengan pilihannya

Jika jawabannya yang ke-2 maka silahkan kamu baca cara yang ke-4

4. Amati Sekitarmu dan Cobalah Banyak Hal

Coba amati dan perhatikan sekitarmu lalu temukan ide didalamnya dan kumpulkan menjadi beberapa pilihan atau kamu bisa mencari ide tersebut di internet.

Semakin banyak ide yang Kamu temukan maka semakin besar peluang Kamu untuk menemukan passionmu dan jangan lupa jangan ragu untuk mencobanya.

Seperti pada pembahasan sebelumya, pilihannya hanya 2, yaitu:

1. Semakin bingung dengan pilihan yang ada
2. Sudah menemukan passionmu

Jika jawabannya yang pertama, silahkan lanjut ke cara yang ke-5.

5. Jangan Berhenti dari Rutinitasmu

Lohh ini kok disuruh bertahan dengan rutinitas lama?, kan niatnya mencari perubahan?

Tenang..tenang.. maksudnya disini adalah jika kamu belum menemukan passionmu jangan berhenti dari rutinitasmu saat ini baik itu bekerja, belajar suatu pelajaran dll, tetap bertahan dan nikmati prosesnya, namun disamping itu Kamu berusaha untuk tetap mencari ide untuk passionmu tanpa meninggalkan pekerjaanmu saat ini. Kemungkinannya hanya ada 2, yaitu:

1. Kamu merasa ternyata rutinitasmu saat ini adalah passion terpendammu
2. Kamu merasa belum menemukan apa-apa setelah sekian lama mencari

Jika jawabannya yang ke-2 Kamu boleh lanjut ke cara yang ke-6.

6 Ayo! Coba Dulu

Tidak ada salahnya untuk Kamu menguji ide baru Kamu yang pernah Kamu dapatkan sebelum beralih dari kariermu saat ini. Lakukan idemu itu hanya sebagai hobi atau pekerjaan sampingan pada awalnya, sehingga Kamu bisa melihat dan merasa dari hatimu apakah itu benar-benar passion Kamu.

Kamu mungkin akan bersemangat pada hal tersebut selama beberapa hari, tetapi saat semangat itu mulai redup cobalah bertahan hingga 1 bulan. Buktikan apakah selama itu kamu merasa nyaman atau tidak.

Jika setelah 1 bulan Kamu lulus tes ini (merasa menikmati dan nyaman) Kamu mungkin telah menemukan passion kamu yang sesungguhnya.

Jika jawabannya belum, silahkan lanjut cara ke-7.

7. Lakukan Banyak Riset

Ketahui sebanyak mungkin tentang pilihan-pilihan passion Kamu sebelumnya. Jika ini adalah benar-benar passion kamu, maka kamu pasti aka menikmatinya.

Bagaimanapun, lakukan penelitian lebih lanjut. Baca setiap situs web yang mungkin berkaitan tentang berbagai hal yang pernah kamu duga sebagai passionmu, dan beli buku-buku terbaik yang tersedia di toko buku untuk bisa menemukan passionmu sesungguhnya.

Temukan orang lain, baik di daerah Kamu atau di Internet, yang melakukan apa yang ingin Kamu lakukan untuk mencari nafkah, dan tanya mereka tentang berbagai profesi mereka, lalu pelajari satu persatu.

Berapa banyak yang mereka hasilkan? Pelatihan dan pendidikan apa yang mereka tempuhi? Keterampilan apa yang miliki? Bagaimana mereka memulai? Rekomendasi apa yang mereka miliki?

Mungkin ada seseorang yang benar-benar kamu bisa jadikan sebagai motivasi untuk mengetahui apakah hati kamu tergerak seperti apa yang mereka lakukan, atau tidak.

8. Berlatih, dan Berlatih, dan Berlatih Lebih Banyak Lagi

Cukup mencari-cari apa passionmu, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk selalu berlatih, berlatih dan berlatih lebih banyak lagi dengan banyak hal terutama yang saat ini menjadi rutinitasmu, baik itu dalam pekerjaan maupun sekolah.

Jangan pernah berhenti belajar dan selalu berlatih agar suatu saat latihanmu membuahkan hasil terbaik dan skillmu bertambah.

Secara tidak sadar hal tersebut bisa memacu passion kamu untuk tumbuh dengan sendirinya.

9. Jangan Pernah Berhenti Mencoba

Setelah kamu selesai membaca dan berusaha untuk mengikuti sesuai cara-cara diatas maka langkah terakhir adalah ‘Jangan Pernah Berhenti Mencoba’ pada hal-hal maupun ide-ide baru dan sesuatu yang kamu jalani saat ini.

Lakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan, buang sedikit rasa bosan dan jenuhmu belajar memotivasi diri bahwa suatu saat apa yang kamu lakukan dengan sungguh-sungguh hari ini akan membuahkan hasil yang manis suatu saat nanti dan mampu meberikanmu kebahagiaan.

Ingat! kebahagiaan sejati bukan berasal dari tahta maupun harta akan tetapi dari perasaan tenang didalam diri dan hati.

Apa yang saya uraikan diatas mungkin tidak 100% membantu Kamu menemukan passion, namun penjelasan diatas bisa Kamu jadikan sebagai referensi dimasa yang akan datang.

Saya doakan Kamu semua Sehat serta Sukses selalu dan menemukan passionmu  yang sebenarnya.

Aamiin…

Referensi:

Gambar Gravatar
Founder pusilpen.online/pusatilmupengetahuan.com Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, dan qothrunnadaa.com

1 komentar.

Comments are closed.