Alasan Kenapa “Hardskill” dan “Softskill” Penting untuk Karirmu

Setiap orang memiliki Hardskill dan Softskill yang berbeda-beda antara satu sama lain, namun banyak yang tidak yang menyadari bahwa Hardskill dan Softskill sangat penting bagi mereka terutama dalam dunia pekerjaan.

Sepanjang karier Anda, Anda akan dinilai berdasarkan Hardskill Anda. Tetapi Anda akan sangat membutuhkan Softskill untuk keseharian anda. Mungkin Hardskill hanya akan memenuhi persyaratan Anda untuk dapat masuk ke Dunia kerja, tapi softkill dapat melengkapinya.  Softskill dapat meningkatkan karier Anda dengan memungkinkan Anda berinteraksi secara efektif dengan orang lain di lingkungan kerja Anda.

Sebelum membahas lebih jauh, pertama kali harus kita ketahui apa yang disebut dengan Hardskill dan apa itu Softskill.

Hardskill (keahlian utama) adalah suatu keahlian yang dimiliki seseorang berdasarkan ilmu pengetahuan, tekhnologi, maupun keterampilan secara tekhnis, Hardskill ini sangat penting dalam Dunia kerja untuk membantu seseorang untuk mampu menyelesaikan tanggung jawab mereka dalam Dunia pekerjaan tersebut.

Sebagai contoh: apabila Anda seorang coding maka Anda harus menguasai 1 bahasa pemrograman (seperti JavaScript), mengembangkan keterampilan berlogika Anda, dan belajar berfikir sepreti komputer.

Softskill (Self Management) adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengatur diri serta kamampuannya yang berhubungan dengan orang lain. 

Kenapa Softskill penting untuk pekerjaan? jawabannya karena sebagian besar pekerjaan melibatkan interaksi dengan orang lain, keterampilan seperti kesabaran, kemampuan mendengar, dan antusiasme akan membuat Anda jauh lebih berharga. Softskill lainnya, seperti dedikasi, kemampuan berorganisasi, dan memiliki etos kerja yang baik akan sangat membantu mengembangkan Hardskill Anda.

Hardskill Anda dapat menentukan tingkat keahlian Anda; Softskill Anda menentukan karakter pribadi Anda dan seringkali, hal ini yang membuat anda bernilai dimata orang lain.

Cara Meningkatkan Hardskill

Semua keterampilan – baik itu Hardskill maupun Softskill akan meningkat dengan sering berlatih. Anda mungkin harus mengambil kursus atau pelatihan untuk dapat menguasai keterampilan yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam dunia ekonomi yang akan terus mengalami perubahan, dan karena persyaratan teknis dari banyak pekerjaan yang ada saat ini akan terus mengalami perubahan, Anda mungkin harus terus belajar keterampilan yang baru seita harinya.

Jika Anda sudah menemukan Hardskill Anda, kabar baiknya adalah bahwa Hardskill dapat ditingkatkan dengan terus mempelajari dan berlatih.

Tingkatkan Hardskill Anda dengan mengambil waktu khusus untuk Anda kapat fokus meningkatkannya baik dengan ikut kursus maupun pelatihan. 

Contoh: Jika Anda memiliki Hardskill dalam bidang otomotif tidak ada salahnya Anda terus mempelajari ilmu yang berkaitan dengan dunia otomotif seperti tekhnik mesin dll, hal itu mampu meningkatkan Hardskill Anda.

Cara Meningkatkan Softskill

Berbeda dengan Hardskill, dimana Hardskill sendiri mampu Anda tunjukan secara langsung didepan banyak orang dan terlihat nampak jelas, terkadang sulit menunjukan Softskill yang anda miliki. Lagipula menunjukan didepan banyak orang bahwa Anda orang yang rajin, pintar memanajemen waktu dengan baik, dan berbagai kebaikan lainnya mungkin tidak akan banyak yang percaya dengan itu.

Namun, jika Anda bisa membuktikan didepan banyak orang tanpa mengatakannya sehingga orang lain mengakui Sofskill Anda maka hal itu akan terlihat jauh lebih baik, jadi disini tugas Anda adalah membuktikan bahwa Anda memiliki Softskill yang jauh lebih baik.

Menurut LinkedIn ada 5 Softskill yang paling dicari oleh perusahaan saat ini, yaitu:

1. Kreativitas
2. Persuasi (Komunikasi baik yang dapat mempengaruhi dan menyakinkan orang lain)
3. Kerjasama yang baik
4. Kemampuan beradaptasi
5. Manajemen waktu yang baik

Apakah Anda berfikir bahwa anda tidak kreatif?, sangat banyak cara-cara untuk melatih kreativitas Anda tentunya harus sesuai dengan passion yang Anda miliki saat ini.

| Baca Juga9 Langkah Jitu Menemukan Passion Kamu, lalu Hidup dengan Bahagia

Trik mudahnya tentu saja dengan mempelajari dan menerapkan ilmu-ilmu yang Anda dapat dari berbagai sumber baik Google, YouTube, Bing, dan lain sebagainya lalu menerapkannya sesuai dengan passion yang Anda miliki.

Bagikan Artikel melalui :