Setiap orang di seluruh dunia memiliki kisah perjalanan hidup masing-masing, baik yang berkaitan dengan keluarga, teman atau bahkan dirinya sendiri. Sehingga setiap orang punya jalan hidup yang berbeda-beda, hal ini bisa digambarkan melalui tulisan biografi mereka masing-masing.

Pada kesempatan ini kita akan membahas apa itu biografi, struktur, cara membuat dan contoh-contohnya.

Pengertian Biografi

Pengertian Biografi

Biografi adalah bagian dari karya sastra berisi kumpulan kisah perjalanan hidup seseorang yang dipaparkan dalam bentuk tulisan.

Istilah biografi diambil dari Yunani yaitu “Bios” yang artinya Hidup dan “Graphien” yang artinya tulisan. Secara bahasa biografi merupakan kumpulan tulisan yang berisi perjalanan atau riwayat hidup yang dimiliki seseorang.

Baca Juga: Apa Itu Hikayat?

Dengan membaca teks biografi kita bisa mengetahui perjalanan hidup dan mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain. Tentunya ini bisa memotivasi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dikemudian hari.

Biasanya teks ini ditulis oleh orang lain, didalamnya mencakup riwayat hidup, pengalaman, dan kisah hidup seseorang dimulai sejak lahir hingga meninggal dunia.

Selain itu definisi biografi adalah karya sastra berupa riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Tujuannya sendiri adalah untuk memahami perjalanan hidup suatu tokoh untuk dijadikan sebagai tauladan dan diambil pelajarannya untuk memperbaiki diri.

Struktur Biografi

Struktur Biografi

Sebagai karya tulis ada 3 struktur biografi yaitu orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi. Berikut penjelasannya:

1. Orientasi

Orientasi merupakan strukur biografi yang menjelaskan gambaran awal hidup seseorang secara umum. Didalam orientasi terdapat informasi dasar seseorang seperti nama, tanggal lahir, tempat lahir, riwayat pendidikan dan latar belakang keluarga. Bagian ini membantu para pembaca mengenal asal mula kehidupan suatu tokoh sebelum terjadinya peristiwa penting lainnya.

2. Peristiwa Penting

Yaitu bagian yang berisi urutan kehidupan atau peristiwa yang dialami oleh tokoh yang ditulis dalam teks biografi. Biasanya didalamnya berisi berbagai kejadian menarik, mengharukan, mengagumkan atau mengesankan yang dialami oleh tokoh. Peristiwa penting ditulis untuk membantu pembaca dalam memahami alur hidup tokoh hingga menjadi seperti sekarang.

3. Orientasi

Sesuai dengan namanya, orientasi merupakan kesimpulan yang berisi pandangan si penulis mengenai rangkaian peristiwa penting yang dialami oleh tokoh. Struktur ini sifatnya adalah opsional, artinya struktur ini boleh ada pada teks biografi boleh juga tidak.

Contoh Biografi

Contoh Biografi

Biografi tak hanya menuliskan perjalanan hidup tokoh terkenal saja, akan tetapi bisa juga ditulis oleh murid kepada gurunya. Berikut contoh biografi seorang guru yang ditulis oleh muridnya:

Guruku Sang Pejuang Pendidikan

Guruku bernama pak Bima , beliau saat ini menjabat sebagai wakil kepala sekolah salah satu sekolah yang terletak di Bekasi. Beliau dikenal sebagai guru yang ramah, bijak, dan baik oleh murid-muridnya.

Guruku merupakan salah satu lulusan universitas negeri di jakarta dan menjadi guru biologi sampai saat ini. Selain metode pengajarannya yang mudah dipahami pak bima juga dikenal sebagai guru yang ramah dan baik oleh murid-muridnya.

Beliau banyak meraih kejuaraan dan penghargaan baik dari pemerintahan maupun instansi swasta. Meski demikian, pak bima dikenal sebagai orang yang rendah hati, arif dan bijaksana oleh murid dan guru-guru lainnya.

Slogan beliau yang terkenal dikalangan muridnya adalah “Belajar Itu Memang Asyik”, hal tersebut karena pak bima memiliki keinginan agar murid-murid bisa menikmati suasana belajar.

Pak Bima pernah berkata bahwa tujuan utama beliau menjadi guru adalah untuk berbagi pengetahuannya kepada murid-murid karena disamping bisa mendapatkan pahala, ada kebahagiaan tersendiri melihat murid-muridnya bisa sukses.

Beliau merupakan seorang pejuang pendidikan yang tak pernah kenal lelah berkontribusi dalam dunia pendidikan. Salah satunya dibuktikan dengan membangun Rumah Belajar MIPA Excellent bagi siswa-siswi yang ingin belajar selain di sekolah.

Rumah Belajar MIPA Excellent diperuntukkan bagi setiap siswa dengan kondisi ekonomi apapun, karena memang tujuan didirikannya adalah untuk membantu siswa belajar.

Selain menggunakan metode pengajaran offline, MIPA Excellent juga sudah merambah di dunia online melalui website utamanya yaitu MIPAEXCELLENT.COM.

Cara Membuat Biografi

Cara Membuat Biografi

Setelah mengetahui pengertian biografi, struktur dan contohnya, saatnya kita belajar cara membuat biografi. Ada beberapa cara yang harus dipersiapkan yaitu:

1. Menentukan Tokoh yang Akan Ditulis

Sebelum menulis teks biografi seseorang, hendaknya kita untuk menentukan siapa yang hendak kita tulis biografinya. Tokoh yang ditulis dalam teks ini tidaklah harus terkenal, melainkan bisa juga dari orang-orang terdeka yang kita kenal.

Baca Juga: Pengertian Teks Prosedur

Hal yang terpenting adalah sebagai seorang penulis mengumpulkan dasar informasi mengenai tokoh yang akan ditulisnya, sehingga isi teksnya dapat dipertanggung jawabkan.

2. Mengumpulkan Fakta, Data dan Informasi

Setelah selesai menentukan siapa yang hendak dijadikan sebagai tokoh pada teks ini. Selanjutnya tugas seorang penulis adalah mengumpulkan berbagai data seperti fakta dan informasi dari tokoh tersebut.

Penting diingat bahwa dalam mengumpulkan data fakta riwayat hidup seseorang haruslah diambil dari referensi atau sumber yang jelas dan terpercaya. Informasi tersebut bisa diambil dari berbagai sumber seperti media sosial, orang-orang terdekatnya dan sebagainya.

3. Mulai Menentukan Judul

Siapkan judul terbaik yang tepat sesuai dengan keadaan si penulis, hal tersebut karena judul akan mewakili isi dari biografi. Saat membuat biografi kita bisa fokus kepada kelebihan atau hal yang dinilai unik dari tokoh yang hendak ditulis kehidupannya.

Demikian artikel mengenai pengertian biografi, struktur teks, contoh dan cara membuatnya. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami definisi dan cara membuatnya. Silahkan memberikan komentar dibawah jika teman-teman memiliki tambahan informasi lainnya. Terimakasih.

Bagikan:
Dimas Shandy

Dimas Shandy

I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia