Apa itu Co-Founder? | Perbedaan Founder, CEO, dan Owner

Diantara kita mungkin sudah tidak asing ketika mendengar istilah founder, CEO, atau Owner. Istilah-istilah tersebut umumnya digunakan sebagai sebutan bagi jabatan tertentu pada sebuah perusahaan atau suatu bisnis. Berikut penjelasan mengenai apa itu founder, co-founder, CEO, dan Owner.

Apa itu Founder dan Co-Founder?

Founder adalah suatu istilah sebutan yang digunakan bagi seseorang yang pertama kali mendirikan maupun mencetuskan berdirinya suatu usaha atau bisnis. Secara bahasa kata founder artiya penemu, berasal dari kata found (temu/nemu).

Baca: Apa itu Bisnis?, berikut Pengertian Bisnis Ringaks dan Mudah

Founder sendiri bisa terdiri dari perorangan maupun kelompok tertentu, namun apabila pendiri atau pencetus ide berdirinya suatu perusahaan hanya satu orang saja maka ia juga bisa disebut sebagai pendiri.

Misalnya, pendiri dari website PusatIlmuPengetahuan.Com dan Saintek.id adalah Dimas Shandy, maka ia bisa disebut sebagai founder.

Singkatnya founder dapat kita pahami sebagai orang pertama yang mencetuskan ide maupun pendiri berdirinya suatu badan usaha (perusahaan, usaha, bisnis dll).

Sedangkan co-founder adalah istilah sebutan yang digunakan untuk merujuk kepada rekan atau teman-teman yang membantu founder dalam berdirinya suatu perusahaan.

Pada umumnya co-founder juga bisa disebut pendiri ke 2/3/4 yang mendampingi founder dalam memajukan atau mengembangkan dari suatu perusahaan atau usaha tertentu.

Misalnya, Mark Zuckerberg adalah orang yang pertama mencetuskan ide berdirinya facebook, maka ia bisa disebut sebagai founder facebook. Sedangkan rekan-rekannya yang berjumlah 4 (Andrew McCollum, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes) merupakan co-founder facebook.

Apa itu CEO?

CEO adalah suatu istilah sebutan bagi seseorang yang mempunyai jabatan sebagai pemimpin suatu perusahaan. CEO sendiri adalah singkatan dari Chief Executive Officer.

Jika kita artikan perkata, maka arti dari chief adalah pemimpin, Excutive (jajaran direksi) dan officer (kantor). Sehingga definisi CEO adalah seseorang yang dipercaya atau diamanahi untuk memimpin jajaran direksi dari suatu perusahaan.

Biasanya CEO diangkat oleh seorang komisionaris dan mempunyai siklus jabatan dalam perusahaan. Sehingga jabatan sebagai CEO tergantung waktu, bisa per 5 tahun, 10 tahun dan lain sebagainya sesuai kebijakan dari perusahaan.

Dalam memimpin perusahaan CEO tidak bisa sendirian, sehingga dalam kerjanya ia dibantu oleh jajaran direksi dibawahnya seperti wakil direktur dan sebagainya.

Apa itu Owner?

Owner adalah istilah sebutan yang digunakan untuk merujuk kepada seseorang yang mempunyai suatu perusahaan atau bidang usaha tertentu. Sehingga owner bisa didefinisikan sebagai pemilik dari suatu bisnis usaha atau perusahaan.

Owner sendiri dapat terdiri dari perseorangan maupun kelompok yang mempunyai andil dalam kepemilikan badan usaha atau perusahaan.

Jika dalam berjalannya waktu, bisnis atau usaha mempunyai orang yang ikut berinvestasi dalam berdiriya bisnis atau usaha tersebut maka seorang owner (pemilik) tetaplah pemilik.

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu founder, apa itu co-founder, dan apa itu owner. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel melalui :