Apa itu E-Learning – Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada

Di era digital sekarang ini khususnya pada masa ppkm darurat, beberapa kampus maupun sekolah mulai menerapkan pembelajaran secara online. Namun, tahukah Kamu apa itu e-learning atau pembelajaran jarak jauh berbasis online.

Sebenarnya E-Learning ini sudah pernah menjadi bahasan yang cukup populer di dunia pendidikan Indonesia pada tahun 2018 lalu. Akan tetapi bahasan tersebut menjadi semakin hangat lagi di masyarakat setelah terjadinya pandemi Covid-19.

Adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk memberhentikan secara sementara pembelajaran tatap muka (Offline) dan mulai beralih ke PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Beberapa sekolah maupun kampus menggunakan berbagai metode untuk melaksanakan PJJ, salah satunya dengan E-Learning.

Pengertian E-Learning

Pengertian E-Learning

E-Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang dibuat secara sistematis dengan menggunakan teknologi sebagai pendukung proses belajar mengajar.

Saat ini metode pembelajaran ini mulai populer di masyarakat setelah adanya pandemi Covid-19. Hal tersebutlah yang mendorong pemerintah untuk menyediakan fasilitas E-Learning sebagai bentuk transformasi pendidikan 4.0.

Baca Juga: Pembelajaran Kreatif dan Bentuknya bagi Milenial

Fakta yang terjadi di lapangan banyak sekolah maupun universitas yang masih belum mengembangkan platform belajar online sendiri dan lebih memilih menggunakan platform lain seperti Google Classroom, WhatsApp, Zoom, Google Meet dan lain sebagainya.

Kelebihan Pembelajaran E-Learning

Saat ini metode pembelajaran ini sudah banyak digunakan oleh berbagai instansi pendidikan seperti sekolah, madrasah maupun universitas.

Ada beberapa manfaat e-learning yang bisa dirasakan bagi murid maupun guru yaitu:

1. Fleksibilitas Waktu dan Tempat

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa metode pembelajaran ini memang memudahkan guru dan murid untuk mengatur waktu dan tempat. Dimanapun tempatnya asalkan ada jaringan internet dan device pendukung makan proses belajar mengajar bisa berlangsung.

2. Biaya Terjangkau

Biaya yang dikeluarkan untuk metode pembelajaran ini memang dikenal jauh lebih terjangkau jika dibandingkan pembelajaran offline (Tatap Muka).

Salah satu alasan mengapa metode pembelajaran E-Learning ini lebih murah adalah karena bisa memangkas anggaran perawatan fasilitas pendidikan.

3. Materi Belajar Dapat Diulang Kapanpun

Tidak sedikit dari murid yang masih tidak paham dengan penjelasan dari guru atau dosennya. Sehingga banyak dari murid yang rasanya ingin si guru atau dosen menjelaskan ulang materi tersebut. Masalah ini tentunya bisa dapat sedikit teratasi dengan hadirnya metode pembelajaran ini, hal itu karena murid bisa mengakses atau mengualang materi kapan saja dan dimana saja.

Alhasil guru dan murid sama-sama mendapatkan manfaat, si murid bisa dengan mudah mengulang kembali penjelasan guru dan si guru tidak perlu repot mengulang penjelasan.

Kekurangan E-Learning

Selain memiliki kelebihan, ada juga loh kekurangan e-learning yang perlu kita ketahui yaitu:

  1. Berkurangnya Interaksi antara Pelajar dan Pengajar atau Antar Masing-Masing Pelajar
  2. Tidak Sedikit dari Pengajar maupun Pelajar yang Kurang Menguasai Teknologi
  3. Masih Banyaknya Tempat yang Belum Tersedia Jaringan Internet
  4. Tidak Semua Pelajar maupun Pengajar memiliki Device yang Mumpuni
  5. Mahalnya Kuota Internet sehingga Menghambat Proses Pembelajaran
  6. Kemungkinan Terjadinya Perubahan Tujuan Pendidikan menjadi Komersil atau Bisnis

Baca Juga: Kekurangan dari Pembelajaran E-Learning

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu e-learning, kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.