Apa Itu Karya Ilmiah : Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis dan Fungsinya

Diposting pada

Istilah karya ilmiah sering digunakan pada berbagai kesempatan. Karya tulis jenis ini sendiri merupakan salah satu bentuk penelitian yang dibuat dengan landasan teori dan metode tertentu. Karya tulisan ini pasti memuat data, fakta, hingga solusi mengenai suatu masalah yang diangkat pada suatu penelitian.

Pengertian Karya Ilmiah

gambar orang menulis

Karya ilmiah adalah suatu laporan yang sifatnya tertulis yang diterbitkan dan didalamnya memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah sebelumnya sudah dilakukan oleh seseorang atau suatu tim sesuai dengan kaidah dan etika keilmuannya.

Cara kepenulisan pada karya tulis ini juga ada aturannya. Penulisan karya tulis dari hasil penelitian ini dilakukan dengan cara yang runtut dan sistematis.

Artinya, kamu harus memperhatikan struktur dari karya tulis ilmiah dengan baik. Dengan mempelajari struktur kepenulisannya, maka akan mempermudah kamu saat akan membuatnya.

Struktur Karya Ilmiah

Secara umum karya tulis ilmiah memiliki 3 komponen utama di dalamnya. Penjelasannya sebagai berikut.

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan memuat dasar-dasar pene;itian dilakukan. Selain itu juga memuat masalah apa yang siangkat dan mekanisme penyelesaian masalah.

2. Pembahasan

Bagian ini bisa terdiri dari satu bab atau lebih sesuai dengan kebutuhan. Pada pembahasan memuat isi dari analisis penelitian.

3. Penutup

Bagian ini terdiri dari simpulan yang diambil dari hasil ananlisis pada bagian pembahasan. Pada bab ini biasanya juga memuat kritik dan saran.

Itulah ketiga komonen penting dalam Karya Ilmiah. Selain itu, biasanya karya tulis ilmiah dilengkapi dengan daftar pustka. Bagian ini diletakkan di akahir tulisan setelah penutup. Daftar pustaka berarti sumber referensi yang kamu gunakan dalam penelitian kamu. Referensi yang kamu pakai bisa dari buku, majalah, hingga artikel lainnya.

Ciri-Ciri Karya Ilmiah

gambar buku dan pulpen

Suatu tulisan penelitian ilmiah bisa dikenali dengan melihat ciri-cirinya. Ciri-ciri ini pula yang harus kamu penuhi saat akan membuat suatu karya tulis ilmiah. Berikut adalah penjelasan mengenai ciri-ciri karya tulis ilmiah.

1. Reproduktif

Penelitian dalam hal ini harus ditulis dengan logis. Hal ini menunjukkan bahwa karya tulis ilmiah benar-benar dituliskan dari kegiatan penelitian. Artinya, pembaca bisa langsung memahami konteks dan konten dari karya tulis ilmiah.

2. Tidak Ambigu

Suatu karya tulis yang bersifat ilmiah harus memberikan pemhaman yang detail bagi para pembaca. Artinya jangan sampai karya tulis ilmiah menggunkana bahasa yang bias makna. Dengan begitu, maksud dari penelitian bisa langsung diterima oleh pembaca dengan mudah.

3. Tidak Emotif

Berbeda dengan karya tulis fiksi, Karya Ilmiah ini termasuk dalam karya tulis non fiksi. Artinya, bahasa yang dituliskan sama sekali tidak melibatkan aspek perasaan. Hal ini karena karya tulis ilmiah adalah penelitian yang memaparkan fakta yang didapatkan dari kegiatan analisis. Sifatnya juga harus objektif. Karya tulis jenis ini sebisa mungkin tidak dituliskan dengan perasaan subjektif dari penulisnya.

4. Bahasa Baku

Karya tulis iliah harus dirtulis dengan bahasa baku. Hal ini dimaksudkan agar bahasa bisa diterima oleh semua kalangan tanpa menimbulkan kebingungan bagi pembaca. Penggunaan dari bahasa baku sendiri harus diterapkan pada seluruh komponen dalam karya tulis ilmiah.

5. Menggunakan Kaidah Keilmuwan

Kaidah keilmuwan harus dgunakan dalam menuklis suatu karya tulis ilmiah hasil dari penelitian. Sehingga, istilah yang ditulis pun juga harus menggunakan bahasa akademisi. Termasuk analisis yang digunakan juga harus memperhatikan kaidah keilmuwan.

Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa peneliti maupun penulis memiliki kapabilitas yang mumpuni di bidang kajian yang ia tulis. Penggunaan kaidah keilmuwan juga sebagai takaran seberapa ahli peneliti tersebut pada budang yang ia kaji.

6. Bersifat Dekoratif

Karya Ilmiah dalam hal ini harus menggunakan istilah yang memiliki suatu makna tertentu. Rasionalitas harus ditunjukkan penulis dengan menonjolkan keruntutan pikiran yang logis dan cermat. Hal ini penting karena karya tulis jenis ini harus bisa menunjukkan maksud yang jelasa kepada pembacanya.

7. Menggunakan Kalimat Efektif

Menulis kalimat yang efektif harus diperhatikan dalam suatu kary tulis ilmiah. Hal ini dimaksudkan bahasa yang digunakan jelas dan tidak muluk-muluk. Dengan kalimat yang efektif akan meminimalisis kebingungan bagi para pembaca.

Jenis-Jenis Karya Ilmiah

Para ahli sepakat bahwa karya ilmiah terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing yaitu sebagai berikut:

1. Skripsi

Skripsi adalah salah satu jenis karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil obervasi yang didapatkan dari suatu percobaan di lapangan. Biasanya skripsi ditulis sesuai dengan pendapat diri sendiri maupun orang lain dan biasanya bersifat saintif.

Menurut pendapat KBBI, skripsi merupakan tulisan yang bersifat saintifik dan menjadi salah satu persyaratan kelulusan bagi para mahasiswa.

2. Makalah

Makalah adalah karya tulis yang bersifat ilmiah dan ditulis dengan tujuan untuk mengutarakan atau membahas mengenai suatu masalah. Pembahasan pada makalah diambil dari berbagai data di lapangan yang sifatnya objektif dan empiris.

Makalah biasanya dibuat oleh kaum pelajar, baik itu SMA, Kuliah maupun masyarakat umum. Bagi para pelajar makalah biasa dijadikan sebagai laporan hasil tugas sekolah maupun perguruan tinggi.

3. Kertas Kerja

Kertas kerja adalah karangan tertulis berisi data yang membahas mengenai masalah tertentu seperti laporan keuangan, neraca, dan modal. Nama lain dari kertas kerja adalah worksheet, sebenarnya hampir sama dengan makalah namun lebih mendalam dan sistematis.

4. Tesis

Tesis adalah teori atau sudut pandang seseorang yang didukung oleh argumen dan di kemukakan pada karya tulis ilmiah.

Karya tulis jenis ini membahas mengenai percobaan terhadap beberapa hipotesis (kesimpulan) dari sebuah penelitian. Biasanya tesis dijadikan sebagai tugas akhir jenjang S2 (Magister) pada perguruan tinggi.

Fungsi Karya Ilmiah

fungsi karya ilmiah

Karya ilmiah memiliki fungsi yang mendasari alasan dibuatnya. Secara umum tujuan karya ilmiah adalah untuk menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol hasil penelitian. Selain itu ada beberapa fungsi lainnya yaitu:

1. Penelitan

Didalam dunia penelitian karya ilmiah dibuat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Sehingga biasanya dijadikan oleh para peneliti dalam mengemukakan hasil penelitiannya. Hal ini dapat memudahkan peneliti untuk bisa mendapatkan data akurat dan rinci untuk objek yang diteliti.

2. Pendidikan

Sesuai dengan jenis-jenisnya, karya ilmiah juga mempunya peran yang cukup besar dalam dunia pendidikan. Selain memberikan pengalaman bagi penulisnya juga membantu penulis untuk berpikir, menulis dan belajar mempertanggungjawabkan hasil tulisannya.

Baca Juga: Pengertian Pendidikan

Pada jenjang sarjana di perguruan tinggi biasanya para mahasiswa dilatih untuk bisa membuat karya ilmiah seperti skripsi, makalah, dan laporan praktikum. Sehingga tak heran jika perannya dalam dunia pendidikan cukup banyak.

3. Kontrol Ilmu Pengetahuan

Karya tulis ilmiah dibuat untuk menjabarkan hipotesis berdasarkan penelitian di lapangan. Tujuannya adalah untuk melakukan kontrol terhadap hipotesis agar dapat menentukan benar atau tidaknya.

Demikianlah penjelasan mengenai karya Ilmiah dari pengertian, struktur, ciri-ciri, jenis dan fungsinya. Keseluruhan aspek tersebut harus kamu perhatikan dengan baik sebab memnag harus kamu tuliskan di karya tulis ilmiah kamu dari kegian penelitian yang kamu lakukan.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.