Beranda Pendidikan Apa Itu Kraepelin Dan Contohnya

Apa Itu Kraepelin Dan Contohnya

262
0

Apa itu Kreplin? Inilah ArtinyaPada saat ingin mengikuti seleksi pekerjaan pastinya Anda akan berhadapan dengan beberapa tes. Salah satunya adalah tes psikologi. Ada banyak sekali tes yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian Anda. Seperti Tes Kreplin ini contohnya. Lalu apa itu Tes Kraepelin?

 

Apa itu Kraepelin?

Tes ini sendiri tercipta dari tangan seorang ahli Psikiater asal Jerman bernama Emile Kraepelin. Mulanya tes ini bertujuan untuk membedakan orang normal dan tidak normal. Namun seiring berjalanya waktu, tes ini menjadi salah satu cara perusahaan atau sebuah lembaga untuk menyeleksi calon karyawan.

Termasuk saat melakukan tes untuk menempatkan seorang karyawan di posisi yang ada. Maka tak heran jika tes ini juga ada pada saat proses promosi, kenaikan pangkat hingga mutasi. Di Indonesia sendiri tes ini sudah banyak perusahaan bahkan lembaga TNI juga gunakan untuk proses seleksi.

Tes ini bertujuan untuk mengungkap faktor lain seperti fokus dan konsentrasi hingga ketelitian dan stabilitas kerja para pesertanya. Di dalam tes ini juga terdapat beberapa aspek psikologis yang memberikan pengaruh besar.

Misalnya seperti pushing power, persepsi visual, ketahanan hingga koordinasi sensomotorik dari para pesertanya.

 

Pengertian Tes Kraepelin Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Kraepelin, di sini kami juga sudah merangkum beberapa pengertian berdasarkan dari para ahli. Sehingga dari pemahaman mereka ini, Anda bisa semakin mengerti tentang apa itu Tes Kraepelin.

Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Menurut Dr. J. de Zeeuw

Dr. J. de Zeeuw mengungkapkan jika tes ini merupakan sebuah tes yang mengukur segala faktor khusus non intelektual. Contohnya seperti fokus dan konsentrasi.

  1. Anne Anastasi

Jika menurut Anne Anastasi yang merupakan seorang Psychological Testing, tes ini adalah suatu tes yang bertujuan untuk mengukur kecepatan maupun speed test. Dengan ciri utama keterbatasan waktu yang berlaku pada tes ini.

Sehingga saat menjalankan tes ini para peserta harus bisa menyelesaikannya sesuai dengan waktu yang berlaku.

 

Dari pernyataan di atas bisa kita simpulkan jika tes ini memang mengharuskan peserta untuk berkonsentrasi penuh dan fokus pada setiap soal yang ada. Jadi kini sudah tahu kan, apa itu Kraepelin?

Artikulli paraprakAlat Tes Kraepelin dan Hasil Tes Yang Baik
Artikulli tjetërAutisme dan Mengapa Tidak Boleh Diabaikan