Apa itu WordPress? Pengertian dan Manfaatnya Membangun Website

Diposting pada

Saat Anda ingin membangun dan mendirikan website baik untuk keperluan pribadi maupun sosial, ada berbagai cara dan platform yang bisa Anda gunakan. 

Secara umum ada 2 cara untuk membuat suatu website sendiri yang dapat Anda pilih salah satunya yaitu: cara manual dan cara otomatis, masing-masing cara tersebut tentunya memiliki tingkat kerumitannya masing-masing.

Cara yang pertama adalah cara manual, cara ini memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi, Anda harus belajar bahasa pemrograman seperti HTML dan CSS, namun pada tutorial kali ini kita tidak membahas tentang cara manual ini.

Cara kedua adalah cara otomatis, cara ini terkenal cukup mudah karena Anda cukup melakukan instalasi dan berbagai kegiatan lainnya dibantu adanya CMS (Content Management System), seperti WordPress, Joomla, dan Drupal.

Berbagai jenis CMS tentunya berbeda-beda tapi walaupun berbeda tetap memiliki tujuan dan fungsi yang sama yaitu membangun website.

Pada tutorial kali ini kita akan membahas seputar WordPress dan beberapa manfaatnya dalam membangun website.

Apa itu WordPress? – Pengertian dan Sejarahnya

WordPress adalah salah satu platform yang digunakan untuk membuat suatu website yang diciptakan pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little.

Munculnya WordPress sendiri berawal dari inspirasi Matt Mullenweg dan Mike Little saat software yang mereka pakai yaitu b2/cafeblog ditutup, mereka berinsiatif ingin membuat software serupa dengannya untuk memudahkan dalam membangun website atau blog.

Versi pertama yang mereka rilis yaitu versi 1.0 pada tahun 2004, pada versi pertama ini hanya memiliki fungsi-fungsi dasar yang mirip dengan inspirasi mereka yaitu b2/cafeblog tadi, namun pada WordPress ini ada sedikit modifikasi, darisinilah awal mula CMS paling populer didunia muncul.

Ada beberapa keunggulan dari WordPress diantaranya:

1. Open Source (Bebas dipakai, dan di modifikasi secara Gratis)
2. Tersedia Plugin yang dapat di install untuk memudahkan user (pengguna) membuat berbagai macam Fitur di website tanpa coding
3. Kemudahan dalam menggunakannya (CMS satu ini telah tersedia dalam Bahasa Indonesia) 

Dan berbagai keunggulan lainnya yang akan kita bahas dibawah ini.

Alasan Memilih WordPress

Ada beberapa alasan kenapa kita harus memilih CMS WordPress saat membangun website, berikut uraiannya:

Mudah Digunakan (Pemula dan Ahli)

Salah satu kelebihan CMS ini adalah kemudahan saat menggunakannya, dimana kita bisa membuat website tanpa harus memiliki kemampuan koding seperti harus mempelajari HTML dan CSS, dengan adanya WordPress pembuatan website akan jauh lebih mudah lagi karena kita cukup memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia didalamnya seperti tema, plugin dan lain sebagainya tentunya juga akan mengehemat waktu dan biaya.

Komunitas yang Besar

Sampai saat ini pengguna website adalah 30% di seluruh Dunia, artinya dari banyaknya CMS WordPress adalah salah satu CMS yang paling besar komunitasnya yang tersebar diseluruh Dunia termasuk Negara Indonesia.

Forum diskusi Mengenai WordPress diadakan secara online dan offline. Hal ini tentunya sangat memudahkan Anda saat mengalami masalah untuk bertanya pada komunitas khususnya komunitas WordPress yang ada di Indonesia.

Banyak Pilihan Tema

Saat membangun suatu website tentunya hal pertama yang kita siapkan setelah instlasi website adalah meimilih tema yang menarik untuk website kita.

Tema yang ada di WordPress sendiri sangat beragam dan sangat banyak jumlahnya, bahkan banyak tema WordPress yang dibuat oleh orang-orang Indonesia sendiri, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat membuat dan memilih tema yang cocok untuk Anda.

Banyak Pilhan Plugin

Selain banyaknya pilihan tema pada WordPress plugin pada WordPress tidak kalah banyak, bahkan tersedia sangat melimpah dengan berbagai fungsinya dalam memberikan fitur pada website Anda.

Seperti plugin Yoast yang berfungsi untuk menaikan SEO pada website Anda, LiteSpeed untuk mempercepat kinerja website dan plugin lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memperkaya fitur website Anda.

Kekurangan WordPress

Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh CMS WordPress yang satu ini, berikut uraiannya:

Kurangnya Tingkat Keamanan

Karena CMS yang satu inin cukup populer backan 30% pengguna di Dunia maka hal inilah yang menjadikan WordPress memiliki tingkat keamanan yang kurang hal tersebut disebabkan karena semakin tingginya jumlah pengguna maka semakin tinggi pula tingkat kejahatan oleh Hacker, akan tetapi ada berbagai cara untuk mempermudah Anda dalam meningkatkan keamanan website Anda, salah satunya adalah menggunakan plugin yang berfungsi meningkatkan keamanan website Anda.

Keterbukaan Dukungan Pihak Ketiga

Dibalik kemudahan akses WordPress terutama untuk pihak ketiga, hal ini perlu Anda waspadai terutama saat memilih tema dan plugin yang berasal dari pihak ketiga.

Karena bisa jadi tema maupun plugin yang Anda gunakan terdapat Bug atau bahkan virus yang dapat merusak website Anda.

Kecepatan

Karena salah satu keunggulan Worpress adalah tersedianya banyak plugin hal ini berdampak pada tingkat kecepatan suatu website, dimana biasanya orang yang menggunakan WordPress sebagai CMS, mereka menggunakan lebih dari 1 Plugin.

Dimana penggunaan masing-masing plugin sendiri memiliki dampak yang berbeda-beda pada kecepatan suatu website.

Jenis WordPress

Ada 2 jenis CMS WordPress, yaitu:

WordPress gratisan (WordPress.com)

Sesuai dengan namanya wordpress satu ini full 100% gratis tanpa biaya sepeserpun, tapi tetunya memiliki banian sekali kekurangan, diantarannya:

1. Space penyimpanan terbatas
2. Nama Domain Milik WordPress bukan 100% milik kita
3. dll

WordPress berbayar (WordPress.org)

Lohh katanya open source, tapi kok bayar?, tenang.. tenang.. kali ini yang bayar bukan WordPress nya tapi domain dan hosting.

Apa itu domain?

Singkatnya, domain adalah alamat yang dimiliki oleh suatu website, seperti .com, .org, dan lain sebagainya.
Nama domain ini menunjukan fungsi dan jenisnya masing-masing, seperti domain .store yang berfungsi untuk menunjukan bahwa pengguna tersebut membuat website untuk berjualan dll.

Apa itu hosting?

Hosting adalah tempat penyimpanan data pada suatu website, dimana ada banyak sekali penyedia hosting, salah satunya Niagahoster.

Apabila Anda berminat ingin membeli domain maupun hosting di Niagahoster Anda bisa menggunakan kode maupun link afiliasi kami untuk mendapatkan diskon.

Kode Afiliasi:

a-pusilpen123

Link Afiliasi:

https://panel.niagahoster.co.id/ref/252072

Avatar
Founder and CEO pusilpen.online, pusatilmupengetahuan.com, saintek.id Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...

1 komentar.

Comments are closed.