Beranda How to do anything Pendidikan dan Komunikasi Aturan Lengkap Libur Natal dan Tahun Baru

Aturan Lengkap Libur Natal dan Tahun Baru

Aturan Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Pada kesempatan ini kita akan bahas mengenai Inmendagri No. 62 Tahun 2021 Tentang Libur Natal dan Tahun Baru 2021. Tidak terasa saat ini kita sudah berada di penghujung tahun 2021.

Mungkin sudah banyak sekali peristiwa dan berbagai perayaan yang sudah kita lalui pada tahun 2021. Tidak lama lagi kita akan bertemu dengan libur natal dan tahun baru.

Seperti yang kita ketahui, saat ini kita sedang berada pada masa pandeml. Sehingga pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk memperkecil kemungkinan penyebaran vlrus pada perayaan libur natal dan tahun baru.

Aturan Pembatasan Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Tito karnavian selaku mentri dalam negeri (MENDAGRI) menerbitkan IMENDAGRI (Instruksi Mentri Dalam Negeri) Nomor 62 Tahun 2021. Aturan tersebut mengatur tentang usaha pencegahan dan penanggulangan pandeml untuk antisipasi libut natal dan tahun baru.

IMENDAGRI tentang pencegahan pada masa libur tahun baru ini berlaku pada tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2021. Hal ini seperti yang disebutkan pada diktum ke-6 IMENDAGRI pada 22 November 2021 kemarin.

Keluarnya IMENDAGRI 2021 tersebut diharapkan bisa mengaktifkan kembali (Satuan Tugas) yang sudah ada di lingkungan masyarakat. Satgas tersebut mencakup seluruh wilayah baik tingkat provinsi, kabupaten, kota, desa, kelurahan maupun ruang lingkup RT/RW. Pengaktifan tersebut paling lama pada tanggal 20 Desember 2021.

Pemerintah Tiadakan Mudik Libur Natal dan Tahun Baru?

Sebagai bentuk upaya penanggulangan pemerintah meniadakan mudik bagi setiap masyarakat. Hal ini disebutkan pada Imendagri mengenai PPKM IeveI 3 di selama libur natal dan tahun baru. Ini berlaku diseluruh wilayah negara Indonesia.

Pada imendagri disebutkan bahwa pemerintah menghimbau kepada setiap gubernur, bupati atau walikota untuk membantu sosialisasi peniadaan mudik bagi masyarakat. Peniadaan ini juga berlaku bagi masyarakat perantau.

Selain itu didalam aturan tersebut tertulis bahwa jika ada pelanggaran maka akan diberlakukan sanksi sesuai ketentuan undang-undang.

Berikut isi dari IMENDAGRI Nomor 62 Tahun 2021 tentang libur natal dan tahun baru tahun 2021:

Inmendagri No.62 Tahun 2021 Tentang Libur Natal dan Tahun Baru
Inmendagri No.62 Tahun 2021 Tentang Libur Natal dan Tahun Baru

Pemerintah juga menghimbau agar masyarakat tidak pulang kampung tanpa tujuan mendesak atau penting. Sehingga diberlakukan pengetatan arus perjalanan masuk dari luar negeri ke Indonesia.

Setiap masyarakat diharapkan untuk selalu memperketat prokes (protokol kesehatan). Pengetatan ini didorong dengan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, memakai handsanitzer, menjaga jarak, dan menghindari kerumuman). Selain itu ada juga 3T atau Testing, Tracing, dan Treatment.

Isi Aturan Inmendagri No. 62 Tahun 2021

Dibawah ini rincian aturan mengenai Inmendagri No. 62 Tahun 2021 yaitu:

  1. Instruksi Pengaktifan Satgas kepada Gubernur, Walikota, dan Bupati.
    Berlaku dari tingkat provinsi sampai RT, paling lama tanggal 20 Desember 2021.
  2. Peniadaan Mudik bagi Warga dan Perantau
  3. Menetapkan Protokol Kesehatan Sesuai PPKM LeveI 3
  4. ASN, TNI, dan BUMN dilarang Cuti
  5. Pembagian Rapor Semester Pertama dilakukan pada Bulan Januari 2022
  6. Menutup Semua Alun-Alun pada tanggal 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022
  7. Perjalanan Keluar Daerah Tidak Wajib P C R
  8. Tidak Ada Pawai dan Arak-Arakan Pada Tahun Baru
  9. Larangan Pesta dan Perayaan dengan Kerumunan di Tempat Terbuka/Tertutup
  10. Tetap Mengikuti Aturan Mendagri No. 61 dan Mendagri No. 60

Demikian informasi mengenai aturan Lengkap Libur Natal dan Tahun Baru 2021 yang bisa kami berikan. Semoga bisa bermanfaat, tetap stay tune di situs Pusat Ilmu Pengetahuan (Pusilpen) untuk mendapatkan informasi lainnya.

Artikulli paraprak8+ Macam Macam Frozen Food Bakar Paling Diminati
Artikulli tjetërPengertian Bisnis, Fungsi, Tujuan, dan Manfaat yang Didapatkan
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.