Badan Golgi (Pengertian, Struktur, Pembagian dan Fungsi)

Mungkin kita sering mendengar tentang badan golgi namun, apa itu badan golgi?. Berikut penjelasan terkait badan golgi baik pengertian badan golgi, struktur, dan fungsinya.

Pengertian Badan Golgi

Badan Golgi adalah suatu organel pada sel yang berfungsi yang berfungsi sebagai ekskresi sel. Ukuran badan golgi tidak sekecil organel sel lainnya sehingga dapat dilihat hanya dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Organel ini pertama kali ditemukan oleh Camillo Golgi yaitu seorang ahli histologi dan patologi berkebangsaan Italia .

Baca juga: Pengertian Sel Lengkap dan Mudah

Hampir semua sel eukariotik ditemukan organel badan golgi didalamnya, badan golgi juga banyak dijumpai pada organ tubuh manusia yang melaksanakan fungsi ekskresi didalamnya, contohnya ginjal. Sedangkan badan golgi yang terdapat pada hewan ada sekitar 10-20 badan golgi. Umunya badan golgi yang terdapat pada sel tumbuhan disebut dengan diktiosom.

Struktur Badan Golgi

Diagram dari satu "tumpukan" badan Golgi.

Badan golgi memiliki struktur berupa berkas kantung yang memiliki bentuk cakram yang bercabang menjadi serangkaian pembuluh yang berukuran sangat kecil di ujungnya.

Badan golgi berfungsi sebagai ekskresi sel sehingga pada struktur badan golgi pembuluh mengumpulkan dan membungkus karbohidrat serta berbagai zat lainnya untuk diangkut ke permukaan sel. Pembuluh tersebutlah yang juga menyumbang berbagai bahan yang diperlukan bagi pembentukan dinding sel.

Organel pada badan golgi disusun oleh membran yang berbentuk tubulus serta vesikula. Tubulus tersebut kemudian melepaskan kantung-kantung kecil yang berisi berbagai bahan yang diperlukan seperti: enzim yang berfungsi untuk pembentukan dinding sel.

Badan golgi memiliki bentuk yang hampir mirip dengan RE (Reticulum Endoplasma), bedanya kalau badan golgi terdiri dari berlapis-lapis ruangan yang juga ditutupi oleh membran sedangkan RE terdiri dari jaringan tubula dan gelembung membran.

Struktur Bagian Badan Golgi

Skema transpor di dalam badan Golgi
Skema transpor di dalam badan Golgi

Berdasarkan struktur organelnya badan golgi terbagi mempunyai 2 bagian yaitu cis dan trans. Berikut penjelasannya:

1. Struktur Cis Badan Golgi

Struktur bagian cis pada badan golgi adalah bagian yang berfungsi untuk menerima vesikel-vesikel [vesicle] yang kebanyakan berasal dari RE (Retikulum Endoplasma) kasar.

Vesikel-vesikel tersebut yang akan diserap menuju ruangan-ruangan yang ada di dalam badan Golgi kemudian isi dari vesikel tersebut akan diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk penyempurnaan dan lain sebagainya. Ruangan-ruangan tersebut akan bergerak dari bagian cis ke bagian trans.

2. Struktur Trans Badan Golgi

Struktur bagian trans pada badan golgi adalah bagian yang berfungsi sebagai tempat pemecahan ruangan-ruangan yang berasal dari cis yang kemudian membentuk vesikel yang siap untuk  disalurkan menuju bagian-bagian sel yang lainnya atau menuju ke luar sel.

Fungsi Badan Golgi

Skema transpor di dalam badan Golgi

1. Membentuk Vesikula (Kantung)

Fungsi yang pertama badan golgi adalah membentuk kantung yang disebut vesikula. Kantung tersebut berfungsi sebagai ekskresi. Ekskresi sendiri terjadi pada beberapa sel yang ada di kelenjar kantung kecil tersebut yang berisi enzim dan bahan-bahan lainnya.

2. Membentuk Membran Plasma

Membran plasma hampir sama seperi vesikula (kantung) atau membran golgi. Kantung yang telah dilepaskan dapat menjadi bagian dari membran plasma.

3. Membentuk Dinding Sel Tumbuhan

Badan golgi juga berfungsi untuk membantu pembentukan dinding sel pada tumbuhan. Badan golgi berperan dalam pembentukan dinding sel dengan mengumpukan dan membungkus karbohidrat serta berbagai zat lainnya yang kemudian diangkut ke permukaan sel.

4. Tempat Modifikasi Protein

Badan golgi berfungsi juga sebagai tempat terjadinya modifikasi protein didalam sel.

5. Manyaring dan Mengumpulkan Berbagai Molekul

Badan golgi berfungsi untuk melakukan penyaringan dan mengkumtulkan berbagai molekul yang digunakan untuk sekresi sel.

6. Transpor Lipid

Badan golgi juga memiliki fungsi untuk melakukan proses transpor lipid.

7. Pembentukan Lisosom

Fungsi ke-7 dari badan adalah membentuk organel yaitu lisosom.

8. Pembentukan Akrosom dan Spermatozoa

Fungsi terakhir dari badan golgi adalah untuk membentuk akrosom dan spermatozoa. Akrosom dan spermatozoa berisi enzim yang digunakan untuk memecah dinding pada sel telur.

Demikian pembahasan terkait badan golgi, semoga dapat bermanfaat.. Terimakasih.

Bagikan Artikel melalui :