Cara Belajar Efektif Agar Materi Mudah Dipahami Dan Diingat

Diposting pada

Manusia tidak akan pernah lepas dari kegiatan belajar. Terutama bagi siswa sekolah, maupun mahasiswa. Namun, tidak semua mengerti cara belajar efektif yang tepat agar dapat dengan mudah memahami dan mengingat materi yang dipelajarinya. Hal ini menyebabkan materi yang dipelajari sering dilupakan dalam waktu cepat.

Belajar merupakan suatu proses untuk memasukkan dan mengolah informasi ke dalam otak. Perlu diketahui, ada banyak informasi yang harus diingat dan diolah oleh otak tersebut.

Hal ini membuat kemungkinan seseorang akan mudah melupakan informasi yang tidak disimpan baik dalam otaknya. Itulah sebabnya, perlu cara belajar yang tepat, agar menjadi efektif, seperti dengan menggunakan cara-cara di bawah ini.

1. Hindari Ruangan Bising Dan Pengap

Cara Belajar Efektif dengan Menghindari Ruangan Bising dan Pengap

Cara belajar efektif  adalah belajar di lingkungan yang nyaman dengan sirkulasi udara baik. Jika menyukai ketenangan, belajar di kamar yang sepi, maupun perpustakaan, bisa menjadi pilihan.

Selain itu, belajar di lingkungan dengan udara segar, seperti teras rumah atau taman, juga dapat membantu. Lingkungan yang pengap dan bising dapat mengganggu saat akan konsentrasi, sehingga materi akan lebih sulit untuk dipahami.

Selain itu, cari gaya belajar yang paling sesuai dengan kesukaan masing-masing. Ada orang yang lebih suka belajar sendiri karena dapat meminimalisir gangguan pada konsentrasi. Namun, ada juga orang yang lebih menyukai belajar bersama karena lebih menyenangkan dan interaktif. Tak jarang orang yang menggunakan kombinasi keduanya, yaitu mempelajari materi sendiri, tetapi kemudian mendiskusikannya dengan teman di lain waktu.

2. Membuat Rangkuman Materi Yang Dipelajari

Cara Belajar Efektif dengan Merangkum Materi yang Dipelajari

Masih ada cara belajar efektif lainnya yang bisa dilakukan, yaitu dengan membuat rangkuman dari materi yang dipelajari. Rangkuman akan membuat otak mengingat informasi pokok saja. Hal ini akan lebih meringankan bebannya dalam memahami dan mengingat. Selain itu, rangkuman lebuh mudah dibawa, sehingga materi dapat diulang di mana pun dan kapan saja.

Baca Juga: Pembelajaran Kreatif dan Bentuknya Bagi Milenial

Ada baiknya, saat membuat rangkuman, tulis tangan dengan jelas. Tak ada salahnya memberi highlight pada poin penting agar mudah diingat. Setelah selesai merangkum, baca rangkuman tersebut dengan bersuara, meskipun tidak terlalu nyaring. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengaktifkan seluruh panca indera saat belajar. Dengan melakukan hal ini, otak akan lebih mudah mengingat informasi yang ada dalam materi pelajaran.

3. Membuat Singkatan

Gambar Mejikuhibiniu

Langkah ini merupakan cara belajar efektif saat harus menghafal sebuah daftar. Seperti halnya singkatan “MeJiKuHiBiNiU” yang dapat memudahkan seseorang mengingat urutan warna pelangi, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Pertama, yang harus dilakukan adalah memahami suatu daftar, kemudian menentukan singkatan yang dapat digunakan untuk memastikan urutan yang tepat.

Namun, cara ini hanya efektif saat digunakan untuk menghafal materi berupa daftar atau urutan sesuatu. Untuk materi bentuk penjelasan, sebaiknya langkah yang diambil bukan menghafal, melainkan memahami.

Tanamkan pengertian dalam diri bahwa tujuan belajar adalah untuk memahami sebuah materi. Dengan memahami, tanpa harus menghafal pun akan mudah untuk selalu mengingatnya. Adapun hafalan tanpa pemahaman justru akan mudah dilupakan.

4. Jangan Terlalu Lama Belajar

Cara Belajar Efektif dengan Tidak Terlalu Lama Belajar

Cara belajar efektif  di atas terkesan aneh, tetapi justru cukup efektif. Hal ini bertujuan untuk menghindari otak terlalu terbebani. Caranya, bagi materi dalam beberapa bagian. Kemudian, tetapkan waktu dalam mempelajarinya selama 25 menit saja.

Setelah itu, beri jeda waktu istirahat setidaknya lima menit sebelum mempelajari bagian lain. Setelah istirahat, baru lanjut ke bagian berikutnya. Metode ini dikenal dengan istilah Pomodoro.

5. Cara Belajar Efektif Dengan Mengajarkannya

Cara Belajar Efektif dengan Mengajarkannya

Cara ini lebih dikenal dengan istilah metode Feynman. Ulang materi yang telah dipelajari dengan cara mengajarkannya kepada orang lain. Baik itu kepada teman, saudara, atau orang tua. Setelah memberi pemaparan, minta mereka utuk mengajukan pertanyaan agar dapat mengetahui hal tambahan apa yang perlu dipelajari lagi.

Cara ini efektif karena saat mengajarkan materi kepada orang lain, otak juga dituntut untuk mengulang kembali, sehingga makin paham dan ingat.

Itulah tadi Cara belajar efektif yang dapat dipraktikkan agar mudah memahami dan mengingat materi dalam jangka panjang.

Selain cara tersebut, perlu juga didukung dengan olahraga ringan agar suplai oksigen dan nutrisi ke otak semakin lancar. Hal yang perlu diingat adalah menghindari belajar dalam sistem kebut semalam karena hasilnya tidak optimal.

Dimas Shandy
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.