Kesadaran finansial dari masyarakat Indonesia semakin meningkat sejak pandemi 2020 lalu. Banyak yang akhirnya menyadari bahwa selain menabung, perlu juga untuk berinvestasi. Salah satu jenis investasi yang populer adalah investasi saham.

Namun banyak juga yang masih belum memahami bagaimana sih cara beli saham untuk pemula? Nah di artikel ini akan membahas bagaimana langkah dan tips bagi pemula yang hendak terjun ke dunia investasi saham.

Secara sederhana, saham merupakan bukti kepemilikan nilai suatu perusahaan. Dengan kata lain, seseorang yang memiliki saham, maka dia memiliki hak atas sebagian aset perusahaan tersebut. Investasi saham sendiri merupakan salah satu instrumen yang diminati investor karena memberikan tingkat laba yang cukup menarik.

Tidak ada ketentuan khusus untuk siapa yang hendak memiliki saham. Selama sudah memiliki KTP, maka dia bisa memiliki saham atas namanya. Berikut ini merupakan langkah dan cara beli saham bagi pemula, anti ribet dan bisa dilaksanakan secara online.

1. Cara Beli Saham yang Pertama adalah Menentukan Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas adalah perantara untuk membantu jual beli saham dan membantu anda untuk membuka rekening pada Bursa Efek Indonesia. Anda akan bertransaksi saham dengan bantuan perusahaan sekuritas ini, maka pastikan memilih perusahaan yang tepat. Cek apakah sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia melalui situs resmi otoritas bursa.

2. Langkah Selanjutnya, Membuka Rekening Dana Nasabah

Sudah memiliki Rekening Dana Nasabah atau RDN. RDN ini berbeda dengan rekening biasa yang sudah anda miliki. Pembukaan RDN bisa anda lakukan dengan mudah secara online dengan menyediakan berkas atau data yang dibutuhkan. Salah satu sekuritas yang menawarkan pembukaan RDN online adalah BCA Sekuritas dan BNI Sekuritas.

3. Mengecek Deposit Awal

Setelah memiliki rekening sekuritas yang resmi terdaftar, maka anda perlu mengecek deposit yang dipatok oleh perusahaan sekuritas yang telah anda pilih sebelumnya.

Besaran deposit awal ini berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan. Namun jangan khawatir, banyak perusahaan sekuritas yang membolehkan nasabah untuk melakukan deposti awal dengan nilai yang rendah.

Bahkan ada beberapa sekuritas yang mematok Rp. 100.000 saja sebagai deposit awal dan langsung bisa anda gunakan untuk membeli saham dan transaksi lainnya.

4. Tips Beli Saham yang Tepat Melalui Aplikasi Sekuritas

Sebelum memilih akan berinvestasi di perusahaan tertentu, anda harus memastika sudah membaca laporan keuangan hingga kinerja perusahaan. Hal ini untuk memastikan bahwa perusahaan yang anda investasi di dalamnya tidak berpotensi untuk rugi di masa mendatang.

Tips beli saham untuk pemula, anda dapat membeli saham blue chip yaitu saham perusahaan dengan reputasi yang baik. Saham blue chip ini memiliki nilai yang cenderung naik dari tahun ke tahun, sehingga cocok untuk investasi jangka panjang.

Itulah empat cara beli saham untuk pemula yang bisa anda pelajari terlebih dahulu. Berinvestasi saham yang paling penting adalah memahami prospek dan kinerja dari perusahaan yang hendak anda beli sahamnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia