Cara Blokir Panggilan yang Tidak Diinginkan (iOs, Android, Windows)

Diposting pada

Setiap orang didunia ini tentunya memiliki smartphone yang menghubungkan mereka satu sama lain dengan sangat cepat bahkan realtime.

Namun, ada banyak alasan orang ingin menghentikan beberapa panggilan dari orang lain, mungkin karena merasa terganggu atau terdapat ancaman didalamnya.

Berikut ada beberapa cara blokir panggilan yang tidak diinginkan dengan berbagai jenis perangkat baik itu iOS, Android, maupun Windows.

Cara Blokir Panggilan di iOS

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan blokir kepada orang-orang yang tidak Anda inginkan saat Anda menggunakan perangkat iOS.

Yang harus Anda catat disini adalah ketika Anda melakukan blokir nomor tertentu nomor tersebut tidak dapat menghubungi Anda baik itu via SMS, panggilan suara, maupun FaceTime di iOS karena mereka akan secara otomatis diblokir melalui pihak ketiga ponsel Anda.

Saat ingin melakukan blokir panggilan tertentu Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut:

Jika ponsel iOS Anda berbahasa inggris maka langkahnya sebagai berikut:

Settings > Phone > Call Blocking & Identification > Block Contact

Jika ponsel iOS Anda berbahasa inggris maka langkahnya sebagai berikut:

Pengaturan> Telepon> Pemblokiran Panggilan & Identifikasi> Blokir Kontak

Ketika Anda melakukan blokir tersebut ini akan memunculkan daftar kontak blokir Anda dan memungkinkan Anda untuk melakukan blokir lebih dari satu nomor seperti yang Anda inginkan.

Anda juga dapat melakukan hal tersebut dengan klik:

Settings > Messages > Blocked > Add New

Atau

Pengaturan> Pesan> Diblokir> Tambah Baru

Cara Blokir Panggilan di Android

Apabila Anda pengguna Android maka cara yang digunakan bervariasi bergantung pada jenis sistem operasi yang Anda gunakan baik itu Jellybean, Kitkat, maupun Lolipop dan hal itu tidak berlaku untuk iPhone.

Jadi Anda perlu untuk mengetahui sistem operasi yang ada pada smartphone Android anda tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan blokir panggilan.

Cara mengetahui versi Android

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui versi Android pada smartphone Anda.

Berikut langkah-langkahnya:
Buka Pengaturan -> Tentang Ponsel -> Informasi Perangkat Lunak -> Disana terlihat versi Android Anda, untuk mengetahui jenisnya operasinya Anda bisa melihat logo sistem operasi yang ada didalam smartphone Anda dengan klik sebanyak 3 kali (terkadang mungkin lebih banyak dari itu) pada tulisan “Versi Android”, disana muncul logo versi Android Anda, berikut versi Android beserta lmasing-masing logonya:

Pada Marshmallow (atau yang terbaru: Nougat) klik: Panggilan dan buka daftar panggilan terbaru Anda. Kemudian cari nomor yang ingin Anda blokir dan pilih ‘Blokir / Laporkan Spam’. Anda tidak boleh memblokir nomor tanpa melaporkannya sebagai spam agar nomor tersebut tidak bisa menghubungi Anda suatu saat nanti.

| Baca Juga: Tips Membuat Rutinitas Rebahan Jadi Produktif dan Menghasilkan Uang

Saat menggunakan Android versi Lollipop atau di bawahnya, buka aplikasi Telepon dan pilih:

Pengaturan Panggilan> Tolak Panggilan (blokir panggilan)> Daftar blokir Otomatis.

Anda kemudian harus mengetikkan nomor secara manual dan mencarinya (jika Anda tidak mengetahui nomor tersebut) dan kemudian konfirmasi.

Sedangkan pada versi saat ini 2019/2020, Anda bisa perhatikan gambar dibawah ini:

Pilih Telepon

Klik Icon bertuliskan “Telepon”

Klik 3 titik dipojok Kanan Atas

Klik 3 titik dipojok kanan atas selanjutnya Anda akan masuk dalam pengaturan telepon/panggilan

Klik Pengaturan

Klik tulisan “pengaturan”, Anda akan diarahkan masuk ke menu Pengaturan telepon/panggilan

Klik Blokir Nomor

Klik tulisan “Blokir Nomor”

Klik centang pada tulisan “Blokir pemanggil yg itidak dikenal”

Jika sebelumnya Anda belum pernah melakukan blokir nomor maka klik centang dipojok kanan atas

Cara Blokir Panggilan di Windows

Kini ponsel yang memiliki sistem operasi windows mulai sedikit populer, semenjak samsung meluncurkan versi samsung galaxy S mereka mulai semakin mengembangkan sistem operasi dan promosi mereka untuk bersaing dengan merek terkemuka seperti Apple dan Samsung, mereka menggunakan sistem operasi yang berbeda jadi penning untuk mengetahui cara blokir nomor pada sistem operasi Windows ini.

Pada smartphone versi Windows, Anda dapat memblokir panggilan dan pesan dari satu nomor secara sekaligus. Berikut langkahnya:

buka Pengaturan dan Klik Panggilan> Filter SMS, sebelum menerima Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi aktifkan blokir panggilan terlebih dahulu. Kemudian masuk ke aplikasi Telepon, tahan nomor yang ingin Anda blokir lalu pilih Nomor Blokir untuk konfirmasi. Ini akan mencegah semua bentuk komunikasi dari nomor yang dipilih, membantu Anda menghindari komunikasi yang tidak diinginkan.


Gambar Gravatar
Founder pusilpen.online/pusatilmupengetahuan.com Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, dan qothrunnadaa.com

1 komentar.

Comments are closed.