Aku Bukan Meramal, Aku Hanya Membaca Karakter Kepribadianmu

Cara Membaca Karakter Seseorang

Diposting pada

Terkadang kita merasa heran dengan orang – orang yang bisa menebak karakter kita dengan tepat, padahal sebelumnya tidak saling mengenal satu sama lain.

Apa dia meramal ? atau menebak dan benar kebetulan saja ? pasti itu salah satu kemampuan yang luar biasa bukan ?

Sebagian besar dikalangan kita menginginkan untuk dapat memiliki kemampuan membaca karakter seseorang dengan benar.

Untuk dapat mengetahui cara yang terbaik untuk menghadapinya orang yang belum kita kenal tersebut.

Karena kita makhluk sosial yang pastinya tidak lepas dengan berhadapan dengan orang lain yang memiliki sifat yang berbeda – beda.

Jikalau kita saja tidak mengetahui  karakter orang lain yang sedang kita hadapi, ada kemungkinan besar sebuah proses berkomunikasi tidak dapat berlangsung secara dengan baik.

Apabila kita bisa membaca karakter seseorang, bukannya itu suatu hal yang menarik dan memiliki tantangan bukan ?.

Kemampuan ini dapat menumbuhkan kecerdasan kita untuk menebak karakter seseorang dengan tepat, khususnya ke seseorang yang belum kita kenal dekat.

Baca juga: 8 Ciri Kepribadian Orang Yang Sangat Cerdas

Membaca karakter seseorang tidak hanya dipakai dilingkupan pekerjaan saja, akan tetapi dilingkungan kita tentunya berurusan dengan orang lain yang belum kita ketahui sifat aslinya tentunya.

Adapun cara membaca sifat atau karakter seseorang, kita dapat menilai dan dapat dilakukan melalui cara dibawah ini :

1. Cara dalam Bersalaman

bersalaman

Disaat kita berpapasan dengan seseorang atau berkenalan dengan orang yang belum kita kenal, secara otomatis kita akan bersalaman untuk mengawali suatu perkenalan. Cara ini termasuk cara yang efektif untuk membaca karakter seseorang.

Disaat kita bersalaman yang kuat, menandakan seseorang itu memiliki rasa percaya diri yang tinggi, sedangkan bersalaman yang lemah bisa menunjukan adanya kurang percaya diri seseorang tersebut.

Didalam sebuah hasil penelitian, orang yang berjabat tangan atau bersalaman yang kuat adalah seseorang yang bukan pemalu, memiliki jiwa ekstrovert atau memiliki gairah yang tinggi dan memiliki jiwa yang ekspresif.

Baca juga: Pengertian Kepribadian Ekstrovert

2. Dalam Segi Bertatap Mata

menatap

Disaat kita sedang berbicara dengan lawan bicara kita, dan ia mempertahankan kontak mata disaat berbicara, berarti ia seseorang yang agresif.

Jikalau ia mempertahankan kontak matanya -/+ 60% maka orang tersebut memiliki sebuah karakter yang ramah, menarik, dan mudah dapat percaya.

Jikalau seseorang itu kurangnya kontak mata saat berbicara atau berbincang, maka dapat mencerminkan jikalau dia kurangnya rasa kemauan dan kurang dalam mengontrol diri.

3. Ruman Wajah

ruman wajah

Sering kali disaat kita emosi atau marah yang sedang meluap, mudah sekali untuk terbaca di raut wajah dan menjadi sebuah cara membaca karakter kita dengan mudah.

Jikalau adanya garis kerutan dibagian sudut mata, itu menandakan orang itu sering tersenyum.

Jikalau adanya garis-garis di dahi menandakan seseorang tersebuat suka berfikir berlebihan dan memiliki rasa khawatir yang tinggi. Sedangkan bibir yang ditekuk atau cemberut itu menandakan kemarahan.

4. Cara Berinteraksi

interaksi

Membaca karakter seseorang bisa kita lakukan melalui cara orang tersebut dalam berinteraksi. Hal tersebut sebuah ciri yang paling kita dapat dilihat untuk menunjukan karakter seseorang tersebut.

Jikalau orang tersebut disaat berinteraksi dengan mementingkan diri sendiri, ada kemungkinan besar seseorang itu memiliki karakter yang egois, keras kepala, dan sulit untuk berbagi.

Sebaliknya, seseorang tersebut mendengarkan pembicaraan orang lain dari pada diri sendiri, ada kemungkinan orang tersebut memiliki sifat rendah hati, mudah berbagi, dan ramah.

5. Suka Mengecek Handphone

pegang handphone

Banyak dari kalangan kita yang sulit melepas pandangan kita dari handphone, dengan hal ini dapat kita menilai karakter orang tersebut dalam memperhatikan kebiasaannya dalam menggunakan handphone.

Jika teman bicaramu sering kali ia buka tutup handphone di tengah-tengah suatu perbincangan.

Kita dapat menilai bahwa orang tersebut memiliki karakter yang kurang menghargai orang lain.

Baca juga: 10 Tips Cara Berteman dengan Baik

Bukan sebagai pendengar yang baik, atau bisa jadi bosan dalam pembicaraan tersebut.

6. Dalam Mengatur Waktu

waktu

Jikalau ada diantara teman kita yang selalu telat atau tidak tepat waktu, pasti dia akan mendapatkan penilaian yang negatif.

Sedangkan orang yang tepat waktu, akan mendapatkan penilaian yang baik karena dapat menghargai orang lain dan waktu.

Bukan berarti orang yang suka telat atau datang tidak waktu itu tidak menghargai orang lain, bisa saja orang tersebut memiliki karakter yang santai.

7. Dari Cara Berjalan

berjalan

Cara membaca karakter selanjutnya ialah, kita bisa mengamati dari cara berjalan orang tersebut. Amati bagaimana cara berjalan dengan bermacam-macam gaya seperti dibawah ini :

  • Cara berjalannya dengan cepat yang cenderung lebih menumpukan berat badan kearah depan mencerminkan orang tersebut memiliki jiwa produktif dan cara berfikir yang logis.
    Akan tetapi lebih menonjol bersikap dingin dan suka bersaing.
  • Cara berjalan dengan dada yang arahkan kedepan, bahu yang berhadap kebelakang, dan kepala yang tegap menunjukan seseorang tersebut memiliki sebuah karakter yang menyenangkan,dan mempunya daya Tarik atau menyenangkan.
  • Cara berjalan dengan berjinjit dengan mengarahkan mata kebawah, menunjukan orang tersebut memiliki kesopanan dan introvert.

8. Memperhatikan Dalam Waktu Bangun Tidur

waktu bangun tidur

Seseorang yang suka bangun lebih awal atau bangun pagi, ada kemungkinan orang tersebut merupakan memiliki jiwa introvert dan fokus pada logikanya.

Baca juga: Pengertian Introvert, Extrovert dan Ambivert

Orang tersebut memiliki jiwa yang menyenangkan terhadap orang lain. Sedangkan orang yang suka tidur terlalu larut malam, kemungkinan ia memiliki jiwa yang kreatif, impulsif, dan orang yang siap untuk mengambil resiko.

9. Menilai Dari Cara Pengunaan Kata Secara Tertulis

menulis

Dari jumlah kata positif maupun kata negatif didalam pesan melalui handphone atau tulis tangan bisa mencerminkan sebagian besar karakter orang tersebut.

Dengan kita perhatikan dalam menggunakan kata-kata, kita dapat memperkirakan orang tersebut.

10. Dari Cara Minum

menuangkan air ke gelas

Dari cara minum seseorang, kita dapat melihat karakter orang tersebut. Ketika ia minum, dan arah matanya tertuju kedalam wadah minum, kemungkinan orang tersebut memiliki jiwa fokus, idealis, dan sadar diri.

Sedangkan orang yang tatapan keluar atau jatuh pada bibir wadah minum tersebut, kemungkinan orang tersebut mudah dipengaruhi, ceria, terbuka, dan mudah mempercayai orang sekitar.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Orang yang Gak Tegas & Gampang Ikut Arus

Mudahkan untuk membaca karakter orang disekitar kita ? mungkin itu saja beberapa cara untuk mengetahui karakter orang lain. Bukan meramal, tapi membaca dari apa yang orang lain lakukan. Semoga bermanfaat ¬

Gambar Gravatar
Alumni Pondok Pesantren Modern Al Islam ( Angkatan 3 Revival ), Pernah berkiprah sebagai Content Writer PusatIlmuPengetahuan.com tidak boleh menyerah, dan bersyukur yang utama.

1 komentar.

Comments are closed.