Cara Membuat Ujian di Google Classroom dengan Mudah

Kehadiran google classroom dalam dunia pendidikan sangat membantu para pengajar. Selain sederhana dan gratis, pengajar dapat dengan mudah membuat ujian di google classroom.

Ujian yang dibuat di gogle classroom dapat disesuaikan dengan mudah. Menariknya, ujian tersebut berupa pertanyaan yang dapat disesuaikan dengan masing-masing kelas.

Langkah-Langkah Membuat Soal di Google Classroom

Sebelum mulai ke langkah selanjutnya, pastikan Anda sudah membuat Akun dan kelas baru di google classroom. Jika belum, silahkan Anda pelajari tutorial lainnya dibawah ini:

Baca juga:

1. Masuk Ke Akun Guru Google Classroom

Pertama, Anda dapat masuk ke akun guru pada laman google clasroom melalui link berikut: https://classroom.google.com/ dengan login menggunakan akun gmail Anda.

Pastikan Anda masuk menggunakan akun google yang sebelumnya digunakan saat membuat akun guru/pengajar. Saat login akun, Anda diperintahkan untuk memasukkan alamat email dan kata sandi email Anda.

2. Pilih Kelas Anda

Selanjutnya, silahkan pilih kelas yang akan Anda gunakan dalam membuat soal ujian di google classroom, klik pada kelas yang dipilih. Pada contoh gambar dibawah ini saya menggunakan kelas dengan nama “Belajar Itu Memang Asyik”.

pilih kelas di google classroom

3. Klik Halaman Tugas Kelas (ClassWork)

Setelah memilih kelas mana yang hendak Anda buat ujiannya, selanjutnya klik halaman tugas kelas (ClassWork) yang terletak tepat disamping forum (Stream). Lalu klik create atau buat, perhatikan step pada gambar dibawah ini:

langkah membuat tugas atau ujian di google classroom

4. Klik Question (Pertanyaan)

Setelah klik create, lalu pilih dan klik pilihan bertuliskan questions atau pertanyaan yang berada tepat dibawah Quiz Assignment (Tugas Quiz). Perhatikan gambar dibawah:

Klik Question (Pertanyaan) di google classroom

5. Masukkan Judul Pertanyaan, Instruksi, dan Jenis Jawaban

kolom pertanyaan buat soal di google classroom

Setelah Anda klik question (pertanyaan) seperti langkah ke 4 diatas, maka selanjutnya saatnya untuk membuat judul pertanyaan, instruksi pertanyaan, dan jenis jawaban.

Instruksi pertanyaan merupakan instruksi atau perintah khusus yang dapat pengajar tambahkan pada pertanyaan tertentu.Sehinga instruksi pertanyaan bersifat opsional (bisa ada, bisa tidak).

Untuk menambahkan judul pertanyaan, Anda dapat klik kolom berjudul “Question (Pertanyaan)”. Sedangkan untuk menambahkan instruksi khusus pada pertanyaan, Anda dapat klik kolom “Instructions (instruksi)”.

Selain itu Anda dapat menambahkan instruksi dengan format lain, seperti google drive, link, file, maupun video youtube dengan klik “Add (Tambahkan)” yang terletak dibawah kolom instruksi tadi.

Selanjutnya ubah jenis jawaban yang Anda inginkan dari pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk mengubah jenis jawaban Anda bisa klik kolom yang terletak tepat disamping kanan kolom judul pertanyaan.

Tambahan: Jika Anda menggunakan jenis jawaban multiple choice (pilihan ganda), Anda harus menambahkan opsi pilihan jawaban. Opsi pilihan jawaban ini dapat berjumlah 2,3 atau lebih

Opsi pilihan jawaban terletak dibawah kolom instruksi pertanyaan, untuk menambahkan opsi Anda bisa klik “Add Option (Tambahkan Opsi) yang terletak dibawah opsi jawaban yang sudah Anda buat sebelumnya.

6. Pengaturan Lainnya

Setelah selesai membuat ujian atau pertanyaan, Anda dapat melakukan pengaturan lainnya seperti untuk murid siapa saja pertanyaan diberikan, berapa point pada pertanyaan, tanggal berakhir pertanyaan, dan topik pertanyaan.

7. Klik Tombol Ask (Tanyakan)

Setelah Anda sudah yakin dan selesai membuat pertanyaan dan melakukan berbagai pengaturan. Sekarang saatnya Anda untuk mempublikasikan ujian Anda kepada murid.

Caranya adalah dengan klik tombol bertuliskan “Ask (Tanyakan)” yang terletak tepat disebelah pojok kanan atas.

Catatan Penting

  1. Jenis Pertanyaan ini hanya untuk jenis pertanyaan pendek, sehingga jika Anda ingin membuat lebih dari satu pertanyaan. Anda dapat membuat pertanyaan seperti diatas sesuai dengan jumlah pertanyaan yang dibutuhkan. Sehingga apabila anda hendak membuat 5 pertanyaan, maka Anda harus buat 5 pertanyaanseperti diatas.
  2. Fitur ini tidak bisa memberikan nilai secara otomatis, sehingga Anda disarankan untuk menggunakan platform pertanyaan lain seperti google form, quizizz dan sebagainya.

Sekian penjelasan mengenai cara membuat ujian di google classroom. Semoga dapat dipahami dengan baik, terimakasih.

Bagikan Artikel melalui :