Cara Memperbaiki Masalah Pencarian Pada Windows 10

Jika Anda mencari cara untuk memperbaiki masalah pencarian pada Windows 10, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Salah satu fitur unggulan Windows 10 yang paling berguna adalah kemampuan untuk mencari file di PC atau laptop Anda – serta internet – langsung dari kotak pencarian di taskbar pada Windows 10 Anda.

Sayangnya, Microsoft sendiri telah merilis sejumlah pembaruan terbaru untuk Windows 10 dimana pembaruan tersebut ada yang bahkan menimbulkan masalah tentang fitur pencarian yang ada di Windows 10 – baik dari taskbar maupun saat menggunakan browser seperti Windows Explorer.

Jika Anda menemukan masalah saat melakukan pencarian pada Windows10, maka kabar baiknya adalah bahwa ada berbagai perbaikan yang dapat Anda coba agar pencarian di Windows 10 dapat berfungsi kembali.

Jadi silahkan baca artikel dibawah mengenai Cara Memperbaiki Masalah Pencarian Pada Windows 10.

Cara termudah untuk memperbaiki masalah pencarian pada Windows 10 adalah dengan menggunakan Troubleshooter bawaan pada Windows 10 Anda.

Untuk dapat menyelesaikan masalah ini, silahkan Anda buka aplikasi Pengaturan (klik menu Mulai dan kemudian ikon roda gigi), lalu klik ‘Perbarui & Keamanan’.

Pada sisi kiri jendela yang muncul, Anda akan melihat entri yang disebut ‘Troubleshooter’. Klik, lalu scroll ke bawah hingga Anda melihat tulisan ‘Cari dan Pengindeksan (Search and Indexing)’. Klik itu, lalu klik ‘Jalankan pemecah masalah (Run the Troubleshooter)’.

Run the Troubleshooter (Pemecah Masalah) adalah salah satu alat pada Windows 10 yang berguna karena akan menyelesaikan pertanyaan tentang masalah yang Anda alami saat ini, kemudian akan menjalankan beberapa tes untuk melihat apa yang perlu diperbaiki pada Windows 10 Anda.

Setelah Anda melewati setiap langkah diatas, Anda akan menemukan berbagai masalah pencarian Windows 10 yang harus segera Anda perbaiki.

Cara Memperbaiki Masalah Pencarian Pada Windows 10 Menggunakan "Windows Update"

Seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa Windows sendiri telah merilis pembaruan dimana tujuan adanya pembaruan tersebut adalah untuk membuang memperbaiki berbagai masalah yang ada pada Windows 10 terutama masalah pencarian yang saat ini sedang kita bahas.

Jadi sebaiknya Anda melakukan Pembaruan pada Windows 10 kemudian Anda bisa cek apakah pembaruan terbaru tersebut mencakup masalah yang sedang Anda hadapi saat ini (Masalah Pencarian). 

Cara Memperbarui Windows 10

Ada beberapa langkah untuk memperbarui Windows 10 pada Komupter/Laptop Anda, yaitu:

1. Buka Aplikasi (Settings) Pengaturan
2. Klik tulisan “Update and Security (Kemanan dan Pembaruan)
3. Lihat bagian atas layar yang muncul, Anda akan diberitahu seputar pembaruan yang ada pada Windows 10 Anda

Untuk mengetahui apakah ada pembaruan pada Windows Anda silahkan klik tulisan “Check Update (Periksa Pembaruan)”.

Jika ada pembaruan yang perlu diinstal pada Windows 10 Anda, pastikan semua pekerjaan yang sedang berjalan pada Windows 10 Anda saat ini sudah disimpan agar tidak terhapus atau tertutup saat proses instalasi, setelah semua pekerjaan pada Windows 10 Anda tertutup silahkan lakukan pembaruan dan Restart PC Anda.

| Baca JugaCara Blokir Panggilan yang Tidak Diinginkan (iOs, Android, Windows)

Cara Memperbaiki Masalah Pencarian Pada Windows 10 dengan Menghapus Instalan Pembaruan

Salah satu penyebab kenapa pencarian pada Windows 10 tidak bekerja adalah karena terjadi kesalahan saat pembaruan Windows 10.

Jika Microsoft belum merilis perbaikan, maka salah satu cara untuk memperbaiki pencarian di Windows 10 adalah dengan menghapus instalasi pembaruan yang bermasalah.

Cara Menghapus Instalasi Pembaruan Windows 10

Silahkan masuk ke Aplikasi Pengaturan, lalu klik ‘Perbarui & Keamanan (‘Update & Security)’.

Pada jendela yang muncul, klik ‘View update history (Lihat riwayat pembaruan)’, lalu ‘Copot pemasangan pembaruan (Uninstall updates)’ dan pilih pembaruan terakhir yang Anda instal sebelum masalah pencarian Anda bermasalah.

Cara Memperbaiki Masalah Pencarian Pada Windows 10 dengan "Rebuilding the Index"

Terkadang Windows 10 mengindeks file dan folder pada PC Anda dapat menyebabkan masalah yang membuat pencarian di Windows 10 tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, jadi jika tidak ada langkah lain yang berhasil, Anda bisa mencoba cara yang satu ini.

Untuk memperbaiki masalah pencarian pada versi Windows 10 tertentu, Anda perlu membangun kembali basis data indeks Windows 10 atau dikenal dengan “rebuilding the index”.

Untuk melakukan cara ini, sekali lagi buka aplikasi Pengaturan, dan klik ‘Cari’.

Di menu sebelah kiri, klik ‘Searching Windows’, lalu di bawahnya tertulis “Lebih Banyak Pengaturan Pengindeksan Pencarian (More Search Indexer Settings)”, klik ‘Pengaturan Pengindeksan Pencarian Lanjutan (Advanced Search Indexer Settings).’

Klik tombol ‘Advanced’ di jendela berikutnya yang muncul, lalu klik tombol ‘Rebuild ’. Klik ‘OK’ dan biarkan Windows 10 membangun kembali basis data index (rebuilding the index).

Semoga salah satu dari metode diatas dapat memperbaiki masalah pencarian pada Windows 10 Anda.

Bagikan Artikel melalui :