Koneksi internet sudah seperti kebutuhan yang paling dicari. Tidak sedikit orang yang susah payah untuk mencari sinyal internet. Bahkan rela pasang WiFi di rumah. Saat WiFi bermasalah atau tidak terhubung, mau tak mau harus tahu cara mengatasi WiFi yang tidak bisa connect tersebut. Hal ini tentunya juga akan menghemat biaya service.

Nah untuk membantu Anda mengatasi WiFi yang tidak bisa connect, berikut kami rangkumkan berbagai cara mudah yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Connect di Laptop

Mengatasi WiFi yang Tidak Bisa Connect di Laptop

1. Router, Modem, atau Wireless Router di Restart

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan bila WiFi terhubung namun tidak terkoneksi adalah restart perangkat router.

Caranya pun cukup mudah. Anda cukup matikan router berikut dengan modem dari saklar utama. Tunggu beberapa detik kemudian nyalakan kembali. Setelah perangkat menyala tunggu beberapa saat sampai lampu DSL stabil.

Atau Anda juga bisa langsung melakukan router reboot melalui browser. Caranya adalah dengan mengetik 192.168.0.1/192.168.1.1 di kolom pencarian. Kemudian masukkan username dan password Anda yang ada pada halaman login. Bila belum memiliki username dan password, Anda bisa menggunakan kata “Admin” di keduanya.

Selanjutnya pilih opsi “System Tools a Reboot” yang ada pada menu sebelah kiri, kemudian klik reboot lalu tunggu sampai proses reboot selesai.

2. Mengecek Pengaturan Jaringan WiFi Pada Laptop

Langkah kedua adalah dengan mengecek pengaturan WiFi yang ada di laptop. Hal ini karena tidak jarang sumber masalah juga ada pada laptop itu sendiri.

Caranya pun terbilang mudah. Anda cukup memperhatikan ikon pemberitahuan yang ada pada laptop. Umumnya ikon tersebut akan muncul di sebelah kanan bagian pojok bawah layar laptop.

Kalau muncul ikon tanda seru dengan warna kuning, itu artinya perangkat laptop Anda tidak terkoneksi atau terhubung dengan jaringan WiFi di rumah. Langkah yang bisa Anda terapkan yakni :

  • Klik tombol “Start” lalu masuk ke menu “Control Panel”, selanjutnya klik menu “Network and Internet”.
  • Kemudian klik opsi “Network and Sharing Centre”, lalu lanjut ke menu ”Change Adapter Setting.”
  • Klik kanan pada mouse di menu “Wireless Connection”, lalu Anda pilih “Properties”.
  • Nanti Anda akan menemukan tab “Networking” cari pilihan “Internet Protocol Version 4” dan klik dua kali.
  • Setelah itu klik “Obtain IP Address Automatically” kemudian lanjut ke “Obtain DNS Server Address Automatically” langkah terakhir adalah OK. Lalu restart laptop.

3. Instal Ulang Driver Wifi Laptop

Apabila Anda sudah melakukan cara di atas tetapi WiFi masih belum terkoneksi, bisa jadi ada kesalahan pada driver WiFi. Untuk memperbaikinya agar WiFi kembali terkoneksi, maka Anda bisa melakukan instalasi ulang pada driver. Berikut ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan :

  • Pada menu “Start” yang terletak pojok kiri bawah desktop, Anda klik kanan lalu pilih “Manage.”
  • Pilih pilihan “Device Manager” lalu cari opsi “Network Adapter”. Apabila terlihat tanda seru berwarna kuning di menu ini, itu pertanda driver WiFi ada masalah.
  • Maka Anda harus mencari opsi “Hardware Wifi” yang ada di bawah menu “Network Adapter”.
  • Pada opsi “Hardware Wifi” Anda klik kanan lalu pilih “Uninstall.”
  • Pada mouse Anda klik kanan lagi, lalu pilih opsi “Scan for Hardware Changes”. Saat Anda memilih opsi ini, maka laptop secara otomatis akan melakukan instalasi ulang driver Wifi.
  • Kalau sudah selesai, Anda tutup semua opsi lalu koneksikan kembali perangkat laptop ke Wifi.

Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Connect di Smartphone

mengatasi WiFi tidak bisa connect

WiFi yang tidak terkoneksi bukan hanya bisa menjadi masalah pada perangkat laptop saja, tetapi juga sering terjadi pada smartphone. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika WiFi tidak terkoneksi di perangkat smartphone.

1. Cek Kecepatan Jaringan Internet yang Digunakan

Tidak jarang WiFi menyala tetapi tidak terkoneksi pada smartphone sering membuat orang jengkel. Jangan emosi dulu, coba Anda cek kecepatan jaringan pada WiFi yang Anda gunakan.

Bisa jadi kecepatan jaringan WiFi terkendala akibat banyaknya pengguna internet di sekitar Anda. Atau dengan kata lain, WiFi Anda tidak hanya digunakan oleh keluarga saja. Namun juga dipakai oleh tetangga yang nakal. Anda bisa melakukan pengecekan kecepatan jaringan tersebut dengan beberapa cara, yaitu:

  • Gunakan situs pengecekan kecepatan internet seperti di Fast com, Speedtest.com, Testmy.net dan Bandwidth Place.
  • Keempat situs di atas dapat digunakan untuk mengecek dan mendeteksi kecepatan dari : mengunggah, mengunduh, ping.

Dengan menggunakan situs di atas sangat bermanfaat untuk mengenali masalah yang terjadi pada WiFi Anda.

2. Restart Ulang modem atau Router.

Anda juga bisa melakukan langkah ini untuk mengatasi WiFi yang tidak bisa connect ke perangkat gadget.

3. Restart Ulang Smartphone

Apabila Anda sudah melakukan restart ulang pada modem atau router dan masalah ini masih belum teratasi Anda bisa melakukan restart ulang pada smartphone. Namun, jika cara ketiga ini masih belum berhasil membuat jaringan internet Anda kembali normal Anda bisa menggunakan cara keempat.

4. Cache pada Smartphone Wajib untuk Dihapus

Cache atau penyimpanan dataa sementara pada memori Smartphone Anda bisa menjadi sebab jaringan internet Anda tidak terkoneksi. Untuk itu Anda bisa mencoba hapus cache di Smartphone terlebih dahulu namun, jika cara ini tidak berhasil silahkan Anda coba cara terakhir dibawah ini.

5. Sebaiknya Tidak Terlalu Banyak Aplikasi dan Jendela Di Laman Browser

Saat berselancar internet seringkali Kita lupa menutup jendela pada laman browser. Alhasil banyak jendela pada browser kita yang terbuka dan bisa saja menyebabkan koneksi internet kita menjadi lamban atau bahkan terputus. Sehingga penting bagi Anda untuk menutup jendela browser setelah melakukan jelajah di internet.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi WiFi yang tidak bisa connect, baik di perangkat laptop atau smartphone. Caranya tergolong mudah untuk Anda terapkan. Selamat mencoba.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia