Contoh Soal Psikotes untuk Security sangatlah penting untuk Anda pelajari. Apalagi jika Anda berniat untuk menjadi seorang petugas keamanan. Ada beberapa tes yang harus Anda jalani. Mulai dari tes fisik hingga psikotes.

Tes fisik mungkin bisa Anda kuasai dengan latihan yang disiplin. Namun untuk psikotes, Anda tidak hanya membutuhkan latihan. Namun juga pemahaman yang dalam mengenai setiap materi yang ada di dalam ujian.

Seperti beberapa materi yang ada di contoh soal berikut ini:

Contoh Soal Psikotes untuk Security

Contoh Soal Psikotes untuk Security

Jika Anda memiliki keinginan untuk menjadi seorang security. Maka ada beberapa tes yang wajib Anda jalankan. Salah satunya adalah psikotes. Dan berikut merupakan contoh soal yang biasa ada di dalam psikotes:

1. Verbal

Tes pertama adalah tes verbal yang di dalamnya meliputi beberapa materi mulai dari sinomin, antonim hingga korelasi makna. Berikut ini contoh soalnya:

Sebutkan sinonim dari Insomnia!

  1. Sedih
  2. Tidak Bisa Tidur
  3. Cemas
  4. Realitas

 

Insomnia adalah sebuah kata di dalam Bahasa Indonesia yang berguna untuk menyatakan suatu kondisi seseorang tidak bisa tidur. Maka jawabannya adalah B.

2. Psikotes Wartegg

Tes ini pertama ditemukan oleh Psikolog asal Jerman. Yakni Ehrig Wartegg yang bertujuan untuk melihat karakter dari peserta tes. Di dalam tes ini Anda akan menemukan gambar persegi panjang dengan delapan kotak.

Selanjutnya Anda harus menggambar di dalam kotak tersebut. Anda bisa lihat contoh soalnya pada gambar di bawah ini:

https://global-uploads.webflow.com/5f0082d019150187c1bdb9ca/61c53a25d5d26542cc2b9a5c_wEBTrfANNVDC044mMHAPw2vN2gZyQwcTGuVIkrFQAo-2Srsrumf8TpWOFvAVTuJYaLwxbyuULSjmeVi73-Cl36fRXYO5rL-8_8wWtnRTdZHju3LK7lM8KDtTBfVVWl4b1eftuZCp.jpeg

Jika Anda mengerjakan soal tersebut dari bagian kiri ke kanan  secara berurutan. Maka Anda merupakan seseorang yang konservatif atau kaku. Sedangkan jika Anda mengerjakannya secara acak.

Maka Anda akan dianggap sebagai orang yang penuh kreatif dan cukup inovatif. Tes ini juga bertujuan untuk melihat kemampuan Anda dalam menyelesaikan suatu masalah. Dari sini juga bisa terlihat bagaimana cara Anda beradaptasi, kemauan dan keuletan yang Anda miliki.

3. Psikotes Aritmatika

Berikutnya yang sering menjadi ancaman bagi banyak orang adalah tes aritmatika. Karena tes ini membutuhkan pemahaman dalam materi matematika yang berpusat pada angka. Sehingga membutuhkan konsentrasi penuh untuk mengerjakannya.

Berikut salah satu contoh soalnya:

Berapakah nilai 260% dari 1 ¾:

  1. 2,45
  2. 4,35
  3. 4,55
  4. 24,5

 

Jawaban yang benar adalah 4,55

 

Contoh Soal Psikotes untuk Security di atas bisa Anda jadikan sebagai media latihan dan pahami materinya dengan lebih dalam. Untuk memudahkan Anda dalam menguasai tes yang akan Anda jalani nantinya.

 

Sajian Menarik:

  • Tidak Ada Konten
Bagikan: