COVID-19 Penyakit Pandemik?

COVID-19 Penyakit Pandemi? – Yuk Kenali Apa itu Pandemi

Diposting pada

Secara resmi WHO telah menetapkan COVID-19 (Corona Virus Disease) sebagai pandemi terbaru tepatnya pada 11 maret 2020 setelah kasus H1N1 ( flu babi) pada tahun 2009.

COVID-19 pertama kali dilaporkan pada tanggal 31 Desember 2019 di Wuhan, China. Berdasarkan update terakhir oleh WHO tepatnya pada hari ini saat artikel ini dibuat terdapat 266,073 terinfeksi COVID-19 di seluruh Dunia.

Lalu terdapat sekitar 11,184 orang terdata oleh WHO yang meninggal dunia, dan terdapat sekitar 183 Negara di Dunia yang terinfeksi.

Berikut data perkembanan COVID-19 dari seluruh dunia yang telah dilaporkan kepada WHO yang kami peroleh dari website resmi WHO:

data-terbaru-tanggal-21-covid-19

Sumber: Who.int

Di negara Indonesia juga dilaporkan terakhir pada tanggal 21 Maret 2020 tepat pukul 16.00 WIB dilaporkan ada sekitar 450 kasus terkonfirmasi, 20 kasus sembuh, dan 36 kasus meninggal dunia.
Sumber: pusatkrisis.kemkes.go.id/

Sumber: http://pusatkrisis.kemkes.go.id/

Setelah WHO menetapkan adanya COVID-19 ini sebagai penyakit pandemik istilah pandemi mulai menjadi trend dan banyak disebut dimana-mana.

Lalu apa yang dimaksud dengan penyakit pandemi?, berikut penjelasannya:

Pengertian Pandemi

Menurut WHO pandemi adalah penyebaran penyakit baru keseluruh dunia dengan mudah.

“A pandemic is the worldwide spread of a new diseaseWHO (World Health Organization)

Penyakit yang tergolong sebagai pandemi akan menyebar ke beberapa negara bahkan benua dan umumnya mempengaruhi orang dalam jumlah besar.

Pandemi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘πᾶν‘ atau ‘pan’ yang artinya semua dan ‘δήμος‘ atau ‘demos’ yang artinya orang. Sehingga dapat didefinisikan bahwa pandemi adalah suatu epidemi penyakit yang menyebar secara luas ke berbagai wilayah yang luas seperti benua maupun seluruh dunia.

Baca juga: Pengaruh Alkohol Terhadap Otak Manusia

Tidak semua penyakit yang menyebar ke banyak wilayah yang luas di seluruh dunia dan mematikan dapat disebut sebagai pandemi.

Pasalnya pandemi sendiri merupakan penyakit yang jumlah orang terinfeksinya tidak stabil, sedangkan apabila suatu penyakit menyebar luas dan jumlah orang yang terinfeksi masih relatif stabil maka penyakit tersebut tidak dapat digolongkan sebagai pandemi.

Pandemi juga digolongkan sebagai penyakit dimana dapat menular dari satu individu ke individu lainnya.

Ciri-Ciri Penyakit Pandemi

  1. Persebaran penyakitnya meluas meliputi wilayah besar baik antar benua maupun antar negara (internasional).
  2. Membunuh manusia dalam jumlah banyak.
  3. Jumlah orang yang terinfeksi cenderung tidak stabil atau tidak dapat di pastikan.
  4. Dapat menular dari satu individu ke individu lainnya.
  5. Umumnya berbentuk virus yang menyerang hewan lalu menginfeksi manusia.

COVID-19 dan Berbagai Penyakit Pendemi Mematikan Lainnya

Pada tahun 2020 COVID-19 juga sudah ditetapkan sebagai penyakit pandemi yang cukup mematikan. Sebelum munculnya COVID-19 ada juga beberapa penyakit yang tergolong pandemi yang cukup mematikan menurut WHO.

Dalam buku yang diterbitkan dan disebarluas kan oleh WHO berjudul ‘Managing Epidemic‘ pada tahun 2018 disebutkan bahwa ada sekitar 15 penyakit mematikan yang ada di dunia ini pada abad 21 (update terakhir 2018) yaitu:

  1. EVD (Ebola Virus Disease)
  2. Lassa Fever
  3. CCHF (Crimean-Congo haemorrhagic fever)
  4. Yellow Fever
  5. Zika
  6. Chikungunya
  7. Avian and other zoonotic influenza
  8. Seasonal influenza
  9. Pandemic influenza
  10. MERS (Middle East respiratory syndrome)
  11. Cholera
  12. Monkeypox
  13. Plague
  14. Leptospirosis
  15. Meningococcal meningitis

Sebelum COVID-19 ada juga berbagai muncul juga penyakit bernama berasal dari virus yang diberi nama Zika tepatnya pada tahun 2014 di Brazil yang kemudian menyebarluas ke Karibia dan Amerika Latin.

Lalu setelah itu muncul juga penyakit yang diberi nama Ebola pada tahun 2014-2016 di Afrika Barat.

Sebelumnya ada HIV yang menduduki sebagai penyakit pandemik terakhir pada abad ke-20. Namun berkat adanya kemajuan dalam bidang tekhnologi khususnya pada pengobatan modern, HIV dianggap sebagai endemik yang artinya persebaran penyakit tersebut stabil dan dapat di prediksi, menurut American Medical Association

Mayoritas pandemic berasal dari virus yang menyebabkan adanya penyakit berupa flu, walaupun vaksin dari setiap virus tersebut efektif namun tidak dapat menutup angka kematian secara total.

Virus yang menyebabkan adanya flu disebut sebagai influenza musiman. Menurut WHO umumnya terjadinya flu musiman ini memakan sekitar 290.000 hingga 650.000 kematian pertahunnya.

Pandemik yang Terkenal Lainnya dalam Sejarah

Dalam sejarah manusia salah satu pandemi yang paling terkenal lainnya adalah Black Death, wabah global penyakit pes tersebut terjadi antara tahun 1346 dan 1353.

Penyakit ini disebabkan oleh adanya bakteri Yersinia pestis, dan mengakibatkan kematian di suatu tempat antara 30% dan 60 % dari populasi Eropa selama pertengahan abad ke-14, meskipun para ahli percaya bahwa penyakit ini berasal dari Asia Tengah beberapa dekade sebelumnya.

Menurut History.com pandemi kolera pertama terjadi pada 1817 dan berasal dari Rusia, tempat 1 juta orang meninggal. Bakteri tersebut ditransmisikan ke tentara Inggris, yang membawanya ke India dan akhirnya ke seluruh dunia.

Menurut History.com, Flu Rusia tahun 1889 dianggap sebagai pandemi flu besar pertama. Kemungkinan ini dimulai di Siberia dan Kazakhstan sebelum menuju barat ke Eropa dan melintasi Samudra Atlantik ke Amerika Utara dan kemudian Afrika. Pada akhir 1890, diperkirakan 360.000 orang telah meninggal akibat flu Rusia.

HIV, yang merupakan virus penyebab adanya penyakit AIDS, kemungkinan berkembang dari virus simpanse yang kemudian dipindahkan ke manusia di Afrika Barat pada 1920-an.

Virus ini menyebar hampir ke seluruh dunia dan HIV / AIDS merupakan pandemi pada akhir abad ke-20. Diperkirakan 35 juta orang telah meninggal karena penyakit ini sejak penemuannya.

Pengobatan yang dikembangkan pada 1990-an sekarang memungkinkan orang dengan penyakit ini untuk mengalami rentang hidup normal dengan perawatan teratur. Dan dikabarkan bahwa sudah ada dua orang yang telah disembuhkan dari HIV pada awal 2020.

Demikian penjelasan terkait pengertian epidemi, semoga dapat memperluas wawasan ilmu pengetahuan kita.

Avatar
Founder and CEO pusatilmupengetahuan.com, saintek.id, layananweb.site, & buatkelas.online. Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...

1 komentar.

Comments are closed.