gambar overthingking

Dampak Overthinking Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Berpikir sebelum bertindak memanglah sesuatu yang bagus. Berpikir dahulu serta menimbang-nimbang segala dampak negatif dan positif dari keputusan yang kita ambil merupakan bentuk dari tindakan yang baik, sehingga tidak menimbulkan dampak overthingking.

Namun, apa jadinya jika kita terlampau memikirkan hal tersebut sehingga mengakibatkan insomnia di malam hari, apakah boleh? Tentu tidak.

Overthinking dapat terjadi pada siapa saja dan dari berbagai latar belakang. Dalam sebuah studi penelitian, dari Universitas Michigan menemukan bahwa 52 persen dari orang-orang setengah baya berusia 45-55 tahun memikirkan suatu problem secara berlebihan atau mengalami overthinking.
Sumber: Most Women Think To Much Overthinkers

Selain itu, sekitar 73 persen dari orang dewasa usia 25-33 tahun terjebak dimasalah overthinking juga.

Pengertian overthinking

Segala sesuatu yang diberikan porsi berlebihan tidaklah berdampak baik. Begitu juga dengan memikirkan atau merenungi masalah secara berlebihan.

Overthinking adalah kegiatan memikirkan segala sesuatu secara berlebihan secara terus menerus. Penyebab dari kondisi ini bisa berasal dari berbagai hal baik masalah sepele maupun masalah besar.

Umumnya overthinking juga bisa timbul dari kejadian trauma seseorang terhadap masa lalu atau kejadian yang tidak baik yang telah menimpanya.

Mengapa Overthinking Dapat Merugikan?

Setiap mengahadapi masalah tertentu, hendaknya kamu memikirkan solusinya. Jika belum menemukannya juga mungkin kamu bisa bertanya kepada orang di sekitarmu atau orang yang lebih ahli. Hal tersebut sungguh lebih efektif.

Ketimbang kamu larut dalam pikiran. Overthingking tentu membuang-buang waktu anda saja. Serta energi anda juga. Terlalu banyak memikirkan satu hal juga dapat membuat Anda terlalu khawatir.

Lalu, overthinking dapat membuat anda mengalami kecemasan berlebihan, keresahan dan kepanikan.

Angota tubuh anda mengalami respon yang tidak baik. Otak dan pikiran hanya akan dihantui dengan perasaan benar atau tidak yang sudah atau akan Anda lakukan.

Bukannya memikirkan solusi atau pilihan apa yang terbaik untuk Anda. Anda hanya akan terjebak dalam pikiran dan ini akan membatasi Anda berbuat sesuatu.

Dampak Negatif Overthinking Bagi Kesehatan

dampak overthingking

1. Kesehatan mental terganggu

Tanpa kamu sadari atau tidak. Sebenernya ketika kamu memikirkan secara berlebihan maka tubuhmu akan stres. Serta saat itulah, sistem saraf pusat dalam tubuh akan mengirim sinyal untuk melepas hormon kortisol.

Baca: 6 Cara Ampuh Menghadapi Stress

Akibat dari pelepasan hormon kotisol inilah yang dapat memengaruhi produksi gula darah dari organ hati yang nantinya berfungsi memberi energi. Namun, apabila energi tidak terpakai, tubuh akan menyerap gula darah kembali.

Selanjutnya, proses tersebut akan menimbulkan beberapa efek seperti: detak jantung yang meningkat, pusing, sakit kepala, mual, merasa lelah. Pada beberapa oranh juga akan mengalami napas yang tergesa-gesa, hingga mengganggu konsentrasi.

2. Tidak Tepat Dalam Mengambil Keputusan

Dalam mengambil keputusan kita memang harus tau skala prioritas kita. Tetapi terkadang ketika kita terlalu larut dalam pikiran kita, kita lupa akan hal tersebut.

Jadi hendaklah kita mengurangi sikap overthinking terhadap sesuatu hal.

3. Memicu Penyakit

Di dalam tubuh yang sehat terdapat raga yang kuat. Begitulah nasihat dari orang tua kita. Ini menunjukan bahwa kesehatan fisik dan mental haruslah seimbang.

Marilah kita kurangi karena akan menimbulkan beberapa penyakit seperti hipertensi, insomnia, cemas berlebihan, dan lainnya.

4. Menghambat Aktivitas Harian

Menghadapi keresahan akan membuatmu kurang produktif. Akibatnya kamu selalu melamun dan berdiam diri saja.

Hal ini akan menghambat aktivitas kantormu dan aktivitas sehari-harimu.

5. Mengganggu Sistem Pencernaan

Stres yang diakibatkan overthinking dapat menganggu sistem pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang terjadi seperti: gangguan radang pada lambung, sindrom iritasi perut, sekresi lambung. Hingga dapat memicu perubahan mikribiota pada perut.

Dalam sebuah penelitian berjudul “Effect of Coffe and Stress with Incidence of Gastristis” yang dilakukan oleh Berta Yolanda Selviana menemukan bahwa asam lambung menjadi keluar berlebihan jika dipicu oleh stres akut. Aktivitas lambung menjadi terganggu, bahkan dapat memicu kebocoran lambung.

Cara Mengatasi Overthinking dengan Mudah

mengatasi overthingking

Untuk mengatasi kondisi overthingking ini sebenarnya bisa dilakukan dengan cara-cara mudah seperti berikut:

• Berbikipir tidak terlalu lama
• Istirahat jika mulai lelah
• Berdoa kepada Tuhan
• Lakukan Hobimu
• Berdiskusi dengan teman dan keluarga
• Lakukan Meditasi
• Perbanyak bersyukur
• Pergi ke alam terbuka

Jika anda merasakan gejala berlanjut. Kami menyarankan untuk mencoba berkonsultasi kepada tenaga medis yang lebih profesional.

Demikian, beberapa pengertian seputar overthinking serta berbagai dampak negatif nya. Semoga kita semua menjadi manusia yang lebih baik lagi. Sehat jasmani dan rohani. Semoga bermanfaat.

Avatar
Mahasiswi yang sedang berproses dan mencari jati diri