Dampak Positif Pandemi Covid-19

Di dunia yang mulai tua ini, telah banyak sekali berjuta-juta kejadian, baik itu yang membawa dampak positif pandemi covid-19 maupun yang membawa kesedihan mendalam.

Seperti kejadian menyedihkan yang banyak terjadi akhir-akhir ini, misalnya: bencana alam, wabah penyakit, krisis ekonomi, perang sengit diantara dua kubu, dan lain sebagainya.

Setiap masa seakan diuji oleh peristiwanya sendiri. Membawa luka mendalam maupun pelajaran berharga bagi setiap penghuni alam. Di tahun ini pula kita mengalami wabah penyakit pandemi covid 19. Penyakit ini melanda hampir di seluruh bagian di belahan bumi.

Baca: COVID-19 Penyakit Pandemi? – Yuk Kenali Apa itu Pandemi

Banyaknya cerita pilu didalamnya, dimulai dari hilangnya pekerjaan seseorang hingga terenggutnya nyawa setiap orang.

Entah wabah penyakit macam apa ini, tetapi semua orang diseluruh dunia terus menerus berusaha untuk melakukan yang terbaik yang mereka bisa lakukan, ikut andil disetiap bagian.

Begitu pun kita, sekecil apapun yang kita lakukan akan membawa dampak bagi orang-orang disekeliling kita. Karena virus ini melakukan media penyebarannya lewat satu orang ke orang lain melalui udara, sentuhan, dan juga media lainnya.

Manusia hanya bisa berencana, namun Allah lah penentu segalanya. Betul bukan? Keadaan ini cukup membuat kita sadar bahwa kita adalah manusia biasa.

Mungkin saja dengan adanya musibah ini, kita diperintahkan untuk merenung dan menyadari bahwa ajal itu dekat sekali dengan diri kita, tak pandang jabatan, harta, atau tahta.

Lantas, kira-kira apa saja hikmah yang dapat kita petik serta kita renungi dari semua kejadian ini?

Berikut ini beberapa dampak positif pandemi covid-19 yang dapat kita petik hikmahnya, selama #dirumah aja, yakni :

1. Pola Hidup Sehat

Pola hidup Sehat

Mayoritas orang saat ini cenderung lebih berhati-hati ketika mereka keluar rumah dengan memakai masker dan membawa hand sanitizer. Kemudian, tak lupa untuk menjaga jarak antara satu sama lainnya (fisical distancing).

Hal ini dilakukan sesuai anjuran dari pemerintah. Serta diimbangi dengan asupan makanan dan minuman yang baik, seperti meminum vitamin, memakan sayur, buah-buahan dan sebagainya.

2. Istirahat Lebih Teratur

bayi tidur

Sebagian orang mulai sadar bahwa tubuh harus diistirahatkan ketika lelah. Karena kualitas tidur yang baik dapat membuat mood seseorang menjadi jauh lebih baik.

Selain itu istirahat teratur juga dapat menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan adanya anjuran di rumah aja, membuat kita mempunyai waktu istirahat yang lebih ketimbang hari-hari biasanya.

3. Berkuranganya Polusi Udara

Kendaraan umum maupun kendaraan pribadi telah banyak menghasilkan polusi. Tanpa kita sadari, langit di atas kita mulai gelap terutama pada jam-jam sibuk kerja.

Tentunya hal tersebut dapat memberikan suatu dampak positif keadaan pandemi.

Tetapi sejak di rumah aja, kita hanya keluar rumah untuk keperluan mendesak saja, akibatnya langit menjadi lebih cerah serta kulit kita pun terhindar dari tebalnya polusi kendaraan.

4. Tanaman dan Hewan Lebih Terjaga

Banyak orang yang mulai mengisi waktu luang mereka dengan merawat tanaman dan hewan kesayangan. Dengan di rumah aja, kita mulai bisa merawat yang dulu sempat terbengkalai. Dampak positifnya tanaman dan hewan menjadi lebih terjaga dan terawat.

5. Lebih Khusyu’ dalam Beribadah

gambar orang sholat

Ketika beraktivatas di luar rumah seperti di tempat kerja, sekolah, ataupun tempat umum. Biasanya kita tidak bisa berlama-lama di masjid karena harus bergantian tempat dengan orang lain.

Setelah dirumah aja, kita memiliki waktu yang jauh lebih fleksibel. Oleh karena itu, kita bisa lebih banyak waktu untuk melaksanakan shalat sunnah serta ibadah lainnya dalam keadaan tenang.

6. Lebih Banyak Waktu dengan Keluarga

Selain melakukan renungan, mungkin kita juga harus belajar komunikasi. Bukan dengan makhluk sosial di tempat kerjamu, media sosial, ataupun tempat kamu menuntut ilmu. Melainkan, berkomunikasi dengan baik bersama keluarga terutama ayah dan ibu.

Selama bekerja, kapan terakhir kita mengajaknya mengobrol? Walau hanya sekedar tawa sederhana dan senyuman manis dibibirmu. Itu membahagiakan mereka.

Jangan lupa sobat, ayah dan ibumu merupakan media pertama dalam pembelajaranmu dulu.

Jangan sombong ataupun melupakan segala jasa-jasa beliau. Kau sekarang memang lebih cerdas tau akan banyak hal. Akan tetapi, tetap ingatlah kewajibanmu sebagai anak, yaitu berbakti pada orang tuamu hingga kapan pun.

7. Mengenali Diri Sendiri Lebih dalam

Berdiam diri dirumah tentu membuat kita lebih banyak melakukan segala sesuatu secara sendiri (individu). Hal ini menjadikan kita mempunyai waktu sendiri untuk lebih mengenali diri sendiri. Tujuannya agar kita mendapatkan ketenangan dan kedamaian.

8. Belajar Hobi Baru

Pekerjaan dan tugas yang dilakukan dengan media daring menjadikanmu lebih fleksibel dan punya banyak ruang waktu. Kamu mungkin penasaran apakah kamu bisa melukis, memasak, ataupun menanam tanaman.

Dengan bantuan internet dan media sosial, kamu bisa mencoba hobi baru dengan lebih mudah.

9. Merawat Rumah atau Kamar Tidur

merawat rumah dan merapikan tempat tidur

Dulu mungkin kamu berangkat saat matahari terbit dan pulang ke rumah saat matahari tenggelam. Sangat padat jadwal harianmu, belum lagi perjalanan ke tempat kerja ataupun kampus yang cukup menyita waktu.

Hal itu menjadikanmu tak sempat untuk mengurus kamar tidurmu apalagi mendekorasinya dengan cantik. Namun, sekarang kamu bisa melakukan dekorasi sederhana untuk rumahmu dan mencoba membersihkan debu-debu yang ada disekeliling rumahmu.

10. Menolong Sesama

Dengan punya banyak waktu #dirumahaja kita akan punya banyak ruang untuk menolong sesama. Selain hubunganmu dengan manusia menjadi lebih baik, monolong sesama juga dapat membuatmu jauh lebih bahagia dari biasanya.

Kamu bisa memulai menengok sekelilingmu dan peka terhadap lingkungan sekitarmu. Kamu pun juga dapat menolong orang tuamu membersihkan rumah, membantu tetangga, ataupun ikut andil dalam kegiatan kerja bakti di lingkungan tempat tinggalmu.

11. Kreatifitas Tak Bisa Dibatas

Waktu luang dapat melahirkan banyak hal. Kamu mulai sadar bahwa mungkin ragamu di dalam rumah tetapi kreatifitasmu melangkah jauh tak terbatas.

Kreatifitas tak dapat dibatas oleh sekat-sekat dalam ruangan. Kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau. Kamu juga bisa membuat apapun yang kamu mau.

Itulah beberapa Dampak positif pandemi covid-19, semoga kita bisa menjadi pribadi yang jauh lebih lebih baik dan bersyukur atas berbagai hal yang terjadi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Bagikan Artikel melalui :