Istilah down syndrome sudah tidak asing lagi ditelinga kita saat mempelajari seputar genetika dan penyakit yang berkaitannya.

Pengertian Down Syndrome

Down Syndrome adalah kelainan genetik pada seseorang yang disebabkan karena adanya kelebihan kromosom pada tubuhnya. Sindrom down ini menyebabkan penderitanya mempunyai kecerdasan dibawah rata-rata manusia normal lainnya. Selain itu penderita penyakit ini juga mempunyai ciri fisik khas yang membedakannya dengan manusia normal.

Beberapa orang yang menderita penyakit ini dengan gangguan berat akan mengalami timbulnya penyakit jantung.

Down syndrome disebabkan karena adanya kelaianan kromosom pada tubuh manusia. Menurut WHI setidaknya ada sekitar 3000-5000 bayi diseluruh dunia yang lahir dengan membawa penyakit ini.

Biasanya, bayi lahir dengan 46 kromosom. Bayi dengan sindrom Down memiliki salinan ekstra dari salah satu kromosom ini, kromosom 21. Istilah medis untuk memiliki salinan ekstra kromosom adalah ‘trisomi.’

Sindrom Down juga disebut sebagai Trisomi 21. Salinan ekstra ini mengubah cara bayi tubuh dan otak berkembang, yang dapat menyebabkan tantangan mental dan fisik bagi bayi.

Orang dengan sindrom Down mungkin bertindak dan terlihat serupa seperti orang normal lainnya. Orang dengan sindrom Down biasanya memiliki IQ (ukuran kecerdasan) dalam kisaran ringan hingga sedang dan lebih lambat untuk berbicara daripada anak-anak lain.

Penyebab Down Syndrome

Penyebab Down Syndrome

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya diatas bahwa penyebab utama penyakit down syndrome adalah kelainan genetik pada tubuh. Kelainan genetik tersebut menyebabkan terjadinya pembentukan komponen DNA secara abnormal (tidak normal).

Apa Itu Genetika?

Namun, perlu Anda ketahui bahwa sampai saat ini para ilmuwan dan pakar kesehatan belum bisa menjelaskan penyebab pasti kenapa janin bisa mengalami penyakit tersebut.

Walaupun demikian penting bagi kita untuk memahami faktor apa saja yang bisa meningkatkan resiko anak bisa terlahir dalam keadaan kelainan genetik ini. Beberapa faktor down syndrome tersebut yaitu:

1. Mempunyai Riwayat Keturunan Down Syndrome

Salah satu cara untuk mengenali seberapa besar resiko seorang ibu melahirkan anak dengan kelainan ini adalah melihat keturunannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa keturunan membawa faktor genetik yang cukup berpengaruh terhadap kelahiran si bayi.

Alhasil apabila seorang ibu sebelumnya pernah melahirkan anak dengan keadaan kelainan ini, maka besar kemungkinan anak selanjutnya akan mengalami syndrome ini.

Hal tersebut yang membuat Anda wajib untuk melakukan pemeriksaan lebih intensif untuk mengenali apakah si janin memiliki indikasi kelainan ini atau tidak.

Dengan melakukan pemeriksaan lebih dini maka akan membantu proses penyembuhan dari si bayi ketika lahir.

2. Terpapar Zat Beracun dan Polusi

Tidak hanya bisa membahayakan bagi orang yang terpaparnya saja, zat beracun dan polusi juga bisa menyebabkan timbulnya sindrom down ini.

Oleh karena itu hendaknya seorang ibu hamil untuk sangat menghindari lingkungan yang berpotensi memiliki polusi atau zat beracun yang tinggi.

Beberapa zat beracun yang bisa memicu timbulnya kelainan genetik ini seperti limbah pabrik, logam, timbal, merkuri, pestisida dan sebagainya.

3. Merokok atau Konsumsi Minuman Keras

Pernahkah Anda melihat tulisan warning di bungkus rokok atau iklan?. Disana sudah jelas bahwa banyak sekali bahaya dari merokok. Bahkan diperjelas lagi dengan mengatakan bahwa merokok bisa menyebabkan masalah pada kehamilan.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa komponen genetik dan DNA yang dimiliki oleh janin masih sangat rentan. Mudah terbentuk dan mudah juga mengalami kerusakan atau kelainan. Hal inilah yang menyebabkan merokok bisa menjadi faktor timbulnya kelainan genetik ini.

Tidak hanya rokok saja, konsumsi minuman keras yang mengandung Alkohol juga bisa menjadi sebab munculnya resiko Down Syndrome pada janin.

4. Hamil Tua

Bukan tanpa alasan jika ada beberapa resiko yang bisa terjadi pada ibu yang hamil dengan keadaan usia yang sudah tidak lagi muda. Resiko kelainan pada janin aka semakin meningkat seiring dengan bertambahnya umur dari si ibu.

Namun, resiko kelainan genetik down syndrome akan lebih meningkat pada wanita hamil yang berusia 30an keatas. Secara biologis hal tersebut disebabkan karena kualitas dari sel telur pada ibu menjadi semakin menurun seiring bertambahnya usia.

Hal inilah yang membuat munculnya berbagai gangguan pada proses pembentukan komponen genetik pada janin saat masa pembuahan.

5. Asupan Gizi Tidak Terpenuhi

Asupan gizi berupa nutrisi dan sebagainya merupakan hal penting untuk perkembangan janin. Selain membantu agar janin senantiasa sehat, gizi juga berperan penting dalam mengurangi resiko penyakit pada janin.

Beberapa nutrisi yang penting bagi ibu hamil yaitu vitamin D, Zat Besi, Folat, Protein, dan sebagainya. Sehingga penting bagi ibu hamil untuk menjaga agar tidak kekurangan asupan gizi bagi si calon buah hatinya.

Gejala Down Syndrome

Ada beberapa gejala yang dialami oleh penderita Down Syndrome yaitu:

  1. Ukuran Mulut Kecil
  2. Leher Pendek
  3. Bentuk Telinga Abnormal (Tidak Normal)
  4. Tulang dan Otot Lentur (Lemah)
  5. Kepala Berukuran Lebih Kecil
  6. Kendurnya Kulit Leher
  7. Tulang pada Hidung Rata

Cara Mengobati Down Syndrome

Tidak sedikit orang yang mencari bagaimana solusi menyembuhkan down syndrome ini. Perlu diketahui ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menangani down syndrome salah satunya dengan terapi.

Ada beberapa terapi yang bisa kita coba untuk mengobati down syndrome seperti terapi fisik, terapi kerja, terapi bicara, alat bantu, terapi okupasi, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian down syndrome dan berbagai penjelasan lainnya. Semoga bisa membantu dan memberikan manfaat kepada teman-teman semua. Terimakasih.

Bagikan:
Dimas Shandy

Dimas Shandy

I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia