Fitur Baru Android 12 Versi Beta – Generasi Android selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Banyak pengembang smartphone yang menggunakan sistem yang satu ini agar bisa bertahan dari persaingan gadget yang semakin canggih.

Sebagai bahan penyempurnaan OS Android 11, pihak pengembang dan Google telah bekerja sama untuk membuat Android 12. Hasilnya Android 12 versi beta telah dirilis pada bulan Juni tahun ini. Tentunya Anda semakin penasaran fitur baru apa saja yang dibawa OS besutan Google ini. Langsung saja yuk kita kenalan dengan fitur barunya.

1. Desain yang Bisa Dipersonalisasi

Android 12 beta memiliki desain yang memungkinkan pengguna bisa mengunduh warna dan mendesain ulang beberapa komponen di dalamnya.

Ketika Anda sebagai pengguna memilih wallpaper baru, secara otomatis sistem akan menentukan warna apa yang lebih dominan dipakai dalam desainnya. Hal ini mencakup jendela notfikasi, kunci layar, dan juga kontrol suara.

2. Animasi dan Gerakan Lebih Fluid

Gerakan yang ada pada Android 12 beta akan lebih mulus dan fluid dibandingkan versi sebelumnya. Ketika menggunakan OS Android ini, ponsel Anda akan merespon sentuhan dengan gerakan yang halus.

3. Ruang Notifikasi Lebih Intuitif

Notifikasi yang muncul dari atas layar akan lebih rinci. Akan terlihat notifikasi dari aplikasi saat dibuka. Berisi keterangan apa saja yang sedang dilakukan oleh pengguna, apa yang didengarkan dan ditonton.

Memungkinkan pengguna bisa mengontrol pengaturan di sistem operasi secara langsung. Pada pengaturan menu cepat terdapat pilihan Google Pay dan Home Controls. Google Pay berhubungan dengan sistem pembayaran. Home controls merupakan pusat kontrol untuk mengatur perangkat-perangkat lain yang terhubung dengan pengguna.

Menggunakan cara yang ada pada Android 12 beta membuat notifikasi menjadi konsisten dan memudahkan pemindaian dengan perluasan notifikasi yang mudah ditemukan.

4. Performa Lebih Cepat

Perpindahan antar aplikasi akan terasa lebih responsive ketika dibuka jika dibandingkan dengan android sebelumnya. Andorid 12 beta memperkenalkan standar performance class. Google telah bekerja sama dengan mitranya untuk memperkenalkan standar baru ini.

Pada awalnya standar baru ini memfokuskan pada penggunaan media, ketersediaan codec, kualitas encoding. Lalu bertambah pada penggunaan ukuran memori minimum, resolusi layar, performa, dan latensi pengaktifan kamera.

5. Fitur Privasi Baru

Beberapa fitur baru hadir pada Android 12 beta ini. Diunggulkan karena lebih banyak memberikan transparansi mengenai aplikasi mana saja yang mengakses data. Simak fitur-fitur privasi barunya di bawah ini:

OS Android ini menawarkan dasbor yang mempunyai satu tampilan pada pengaturan izin pengguna, sesering apa, dan oleh aplikasi mana. Dasboar ini memudahkan pengguna mencabut izin aplikasi secara langsung.

Pada bilah status yang terdapat pada bagian kanan, Anda akan tahu aplikasi mana yang sedang mengakses mikrofon atau kamera. Jika Anda ingin menghapus akses aplikasi ke seluruh sistem ada dua pilihan baru.

OS Android ini memberi kontrol terhadap banyaknya informasi yang ingin dibagikan. Anda bisa memilih untuk membagi lokasi yang tepat atau hanya perkiraan saja. Peruntukannya bisa dilihat pada aplikasi perkiraan cuaca.

Penambahan APl SplashScrenn memungkinkan animasi peluncur baru untuk semua aplikasi. Aplikasi ini meliputi gerakan saat peluncuran aplikasi. Layar pembuka menampilkan aplikasi dan menampilkan transisi.

Pengalaman ini tergolong baru yang tidak hanya menghadirkan elemen desain standar. Sehingga branding unik masih bisa dipertahankan.

Layar pembuka dapat disesuaikan menggunakan cara berikut ini:

  • Mengatur atribut tema untuk mengubah tampilan
  • Menyimpannya pada layar utuk jangaka waktu yang lebih lama
  • Menyesuaikan animasi untuk menutup dan membuka layar

Anda dapat menentukan dan menyesuaikan layar pembuka. Jika Anda sudah lama menggunakan pembuka layar, sediakan file resource alternative untuk OS Android ini. Simak langkah-langkah untuk menetapkan tema:

  • Gunakan window Splash Screen Background untuk latar belakang dengan satu warna saja.
  • Ganti ikon di bagian tengah jendela. Jika objek dapat dianimasikan, objek tersebut akan memutar saat tampil di jendela awal.
  • Gunakan window Splash Screen Animation Duration mengatur frekuensi kemunculan layar pembuka. Waktu maksimumnya adalah 1.000 md.
  • Untuk menetapkan layar di balik ikon layar pembuka.
  • Gunakan window Splash Screen Branding Imange untuk mengatur gambar yan tampil di bawah layar pembuka.

5. Picture in Picture (PIP)

Fitur yang diperkenalkan oleh Android 12 beta adalah mode picture in picture (PiP) sehingga memunculkan peningkatan perilaku, diantaranya:

Apa saja yang mengalami peningkatan perilaku ketuk sekali dan dua kali? Berikut di bawah ini penjelasannya.

  • Ketuk sekali pada jendela PiP akan menampilkan kontrol bagi pengguna. Sebelumnya ketuk sekali hanya akan memperluas jendela PiP dan mengontrol tampilan.
  • Ketuk dua kali akan mengalihkan ukuran PiP saat ini dan ukuran maksimum. Untuk sebelumnya, ketuak dua kali pada PiP kiri hanya untuk mengaktifkan mode layar penuh.

Android ini menggunakan Auto Enter Enabled. Tujuannya untuk memberi transisi lebih lancar ke mode PIP saat menggeser ke beranda dalam mode navigasi gestur. Sebelumnya hanya menunggu animasi bergeser ke beranda sebelum memudar dari jendela PiP.

Anda bisa menambahkan flag Seamless Resize Enable menyediakan animasi cross-fading. Sehingga lebih lancar saat mengubah ukuran konten non-video pada jendela PiP.

Flag set Seamless Resize Enabled ditetapkan pada tombol true untuk kompatibilitas mundur. Jangan ubah setelan, tetapkan pada tombol true untuk konten video. Sedangkan untuk konten non-video, ubah setelan pada tombol false.

6. Dukungan Gestur Baru

Android 12 versi beta menawarkan fitur baru yaitu memliki gestur baru untuk memperbesar jendela PiP. Apa saja gestur baru tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Anda dapat menarik jendela ke tepi kiri atau kanan untuk menyembunyikannya. Sedangkan untuk membatalkannya, cukup mengetuk bagian jendela yang sebelumnya telah disembunyikan.
  2. Fitur cubit hadir untuk mempermudah pengguna. Anda hanya perlu mencubit layar untuk memperbesar.

Baca Juga: HP Oukitel WP15: Baterai Super Jumbo 15.600 mAh dengan Segudang Fitur

7. Izin Bluetooth

Versi Android 12 beta memperkenalkan beberapa fitur bluetooth barunya. Simak pemaparannya agar bisa memperoleh manfaatnya.

  • Bluetooth scan
  • Bluetooth advertise
  • Bluetooth connect

Ketiganya mendukung aplikasi Anda memindai perangkat yang ada di sekitar tanpa perlu meminta izin lokasi.

  • Mendeklarasikan Izin Baru

Ketika Anda hendak berinteraksi dengan perangkat Bluetooth, ada baiknya melakukan hal di bawah ini:

  1. Tambahkan izin Bluetooth scan ke manifest aplikasi.
  2. Ketika ingin membuat perangkat Anda atau perangkat yang ingin Anda temukan, tambahkan izin Bluetooth advertise.
  3. Saat Anda ingin berkomunikasi dengan perangkat Bluetooth yang telah tersambung, tambahkan izin Bluetooth connect.
  4. Untuk izin Bluetooth lama, tetapkan tombol android: maxSdk Version ke angka 30. Langkah ini akan membantu sistem hanya memberi izin Bluetooth ke aplikasi yang diperlukan saat penginstalan.

8. Menawarkan Pembaharuan untuk Perusahaan

Pada Android 12 Versi Beta Menawarkan Pembaruan untuk Perusahaan. Namun, Fitur apa sajakah yang disediakan untuk perusahaan? Sehingga dapat Anda manfaatkan fitur baru di dalamnya. Simak pemaparannya di bawah ini.

Kompleksitas sandi ini menerapkan persyaratkan mengatur kata sandi untuk seluruh perangkat. Berbentuk bucket dengan kompleksitas lebih tinggi dari sebelumnya. Atur dengan pengaturan sandi yang sangat ketat untuk ditempatkan di verifikasi keamanan profil kerja.

Pemilik perangkat perusahaan, Anda tidak perlu khawatir. Android 12 beta menyediakan perangkat yang mengelola perangkat profil kerja milik perusahaan.

Fungsi pengisian daya pada perangkat perusahaan, Anda dapat menontaktifkan USB. Cakupan dari fitur ini antara lain untuk memeriksa apakah perangkat tersebut disuport oleh perangkat atau tidak.

Membatasi masuknya metode yang menggunakan profil pribadi. Hanya mengizinkan metode masukan sistem.

Caranya dengan mengaktifkan dan mengumpulkan peristiwa pada log keamanan. Serta dapat memanggil dan meneruskan delegasi security.

Fungsi utama dari log utama adalah untuk membantu mengumpulkan data penggunaan dari perangkat.

Demikian penjelasan singkat mengenai beberapa fitur baru dari Android 12 Versi Beta yang baru rilis. Semoga bermanfaat.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Sajian Menarik:

  • Tidak Ada Konten
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.