Fungsi Sosiologi dalam Pembangunan

Fungsi Sosiologi dalam Pembangunan

Diposting pada

Sebagai ilmu sosial yang berkaitan erat dengan masyarakat, sosiologi memiliki andil penting dalam dalam proses pembangunan didalamnya.

Berikut penjelasan tentang fungsi sosiologi dalam pembangunan, dan juga peran sosiologi dalam pembangunan.

Fungsi Sosiologi dalam Pembangunan

sosiologi dalam pembangunan

1. Sosiologi sebagai Ilmu Murni

Ilmu murni adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan suatu ilmu pengetahuan secara abstrak dengan tujuan hanya untuk mempertinggi mutu ilmu pengetahuan tersebut tanpa menggunakannya di masyarakat.

Sosiologi memiliki fungsi dan peran, baik untuk ilmu sosiologi itu sendiri maupun untuk masyarakat secara umum.

Sosiologi memiliki orang-orang yang mempelajari sosiologi secara lebih mendalam, sehingga mereka dianggap sebagai ahli sosiologi. Ahli sosiologi tersebut dikenal dengan sebutan sosiolog.

Baca juga: Pengertian Interaksi Sosial dalam Sosiologi

Para sosiolog seringkali melakukan penelitian di masyarakat, seperti meniliti tentang kemiskinan pada suatu wilayah tertentu maupun meneliti perubahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Seorang sosiolog yang meneliti tentang struktur sosial pada suatu masyarakat miskin berarti sosiolog tersebut sedang bekerja sebagai seorang ilmuan murni. Hal tersebut karena ilmu sosiologi yang digunakan hanya untuk mendapatkan pengetahuan sedalam-dalamnya tentang strukur masyarakat miskin.

Tujuan Sosiologi sebagai Ilmu Murni

Ilmu sosiologi sebagai ilmu murni bertujuan untuk mencari tahu serta menambah wawasan ilmu pengetahuan dalam bidang sosiologi melalui adanya penelitian.

2. Sosiologi Sebagai Ilmu Terapan

Sosiologi sebagai ilmu terapan adalah posisi siosiologi yang berusaha untuk memecahkan berbagai masalah dan memperbaiki kehidupan suatu masyarakat.

Ilmu terapan adalah sebuah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk digunakan dan terapkan dalam kehidupan masyarakat dengan tujuan untuk membantu kehidupan masyarakat.

Sosiologi disebut sebagai ilmu terapan karena sosiologi tidak hanya melakukan penelitian dan memperdalam ilmu pengetahuan saja, sosiologi juga berusaha untuk memecahkan berbagai masalah sosial yang terjadi di masyarakat menggunakan keilmuannya tersebut.

Contohnya seperti seorang ahli yang melakukan sebuah penelitian mengenai kemiskinan yang terjadi di sebuah pedesaan, ahli tersebut berusaha mencari tahu alasan kemiskinan tersebut dapat terjadi. Tujuan ahli mencari tahu alasan kemiskinan tersebut adalah untuk mengatasi kemiskinan yang terjadi pada wilayah tersebut.

3. Fungsi Sosiologi untuk Pembangunan

Dalam perkembangannya masyarakat pasti menginginkan sebuah kemajuan atau sesuatu yang jauh lebih baik daripada hari ini untuk kehidupannya di masa depan.

Kemajuan tersebut bergantung pada kebutuhan yang ada di masyarakat itu sendiri.

Baca juga: Perubahan Sosial (Pengertian, Ciri, Teori, dan Bentuk)

Kebutuhan dan perkembangan yang ada pada setiap masyarakat berbeda-beda antara satu sama lain. Ada masyarakat yang sudah jauh lebih modern dan maju, ada juga masyarakat yang masih tradisional serta ada juga golongan masyarakat yang berkembang secara perlahan.

Salah satu cara terbaik untuk melaksanakan fungsi sosiologi dalam pembangunan di masyarakat adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu berbagai informasi mengenai masyarakat tersebut.

Oleh sebab perlu adanya perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum pembangunan dilakukan.

Perencanaan tersebut dilakukan dengan mencari berbagai data dan penelitian mengenai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Setelah data-data tersebut terkumpul dan telah diketahui berbagai hal yang dibutuhkan oleh masyarakat barulah kita dapat melakukan pembangunan di masyarakat tersebut.

Ketika pembangunan tersebut sudah selesai perlu adanya evaluasi dengan tujuan untuk melihat dampak pembangunan tersebut terhadap masyarakat.

4. Fungsi Sosiologi untuk Penelitian

Peran sosiolog sangat dibutuhkan untuk mencari tahu bagaimana penyelesaian permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Ilmu sosiologi sendiri berusaha untuk memecahkan atau mengatasi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Maksud sosiologi untuk penelitian adalah dengan melakukan penelitian guna membantu masyarakat dalam memecahkan atau mengatasi masalah yang terjadi.

Cara Sosiologi Memecahkan Permasalahan Masyarakat

  1. Mengumpulkan data mengenai penyebab terjadinya masalah
  2. Menyimpulkan data yang telah di kumpulkan untuk mencari tahu jalan keluar dari masalah tersebut.

Selain berfungsi untuk menyelesaikan masalah sosiologi untuk penelitian juga hanya untuk memperdalam ilmu pengetahuan saja berdasarkan ilmu sosiologis, tanpa selalu memecahkan masalah yang terjadi.

Demikian penjelasan mengenai fungsi sosiologi dalam pembangunan, semoga dapat bermanfaat..

Gambar Gravatar
Founder pusilpen.online/pusatilmupengetahuan.com Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, dan qothrunnadaa.com