Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Untuk Siswa Kelas 12 – Kamu siswa kelas 12? Bagaimana rasanya jadi super senior di sekolah?

Kebanyakan orang akan senang jika berada dikelas 12. Karena mereka pikir, jadi super senior itu enak, bisa bebas layaknya jadi penguasa sekolah. kalian harus tahu kalau menjadi siswa kelas 12 tidak seenak’ yang kalian kira.

Banyak yang harus dipersiapkan untuk menghadapi proses jadi pelajar tingkat akhir. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, dirimu akan merasa stress dan terbebani.

Umur 12 tahun

Apa saja hal yang harus persiapan itu? berikut kami rangkum 10 hal yang harus dipersiapkan untuk siswa kelas 12.

1. Uang

Benar kata orang, ‘uang bukan segalanya tapi segalanya butuh uang’. Persiapan uang yang banyak untuk siswa kelas 12 merupakan hal yang wajib. Karena anak kelas 12 akan banyak pengeluaran, umumnya seperti berikut ini:

•Biaya perpisahan
•Biaya pembuatan album kenangan
•Biaya bimbel
•Biaya try out
•Dan biaya tak terduga yang lain.

Ada baiknya, kalian menabung dan mengurangi uang jajan untuk meringankan orang tua, biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit. Maka mulai sekarang, tanamkanlah kebiasaan hemat sebelum terlambat. Percayalah, kamu akan merasa tidak tega terhadap orangtuamu ketika meminta uang dengan jumlah banyak, meringankan beban mereka dengan mengurangi uang jajan adalah solusi yang paling tepat

2. Mental

Mental yang kuat dan jiwa yang sabar harus dimiliki siswa kelas 12. Akan banyak masalah yang dihadapi seperti banyaknya pelajaran tambahan, banyak pengeluaran, dan berkurangnya waktu untuk santai.

Kamu harus punya mental yang kuat untuk menghadapi ini semua. Seberat apapun masalah yang kamu alami di kelas 12, ada baiknya tetap bersabar dan harus selalu berdoa, jangan sampai rasa stres mu yang berlebihan berdampak buruk bagi masa depanmu. Ingat, semua ini bagian dari proses menuju sukses. Jadi tetaplah bersabar. Perlahan, kamu akan terbiasa sendiri.

3. Bahan Belajar

Mulailah mengumpulkan materi-materi pembelajaran, karena akan banyak sekali ujian yang akan dihadapi. Kalian bisa mendapatkannya lewat kakak tingkat mu atau dari internet. Mulailah rajin latihan soal untuk melatih kemampuanmu demi mendapat nilai yang terbaik. Nilai ijazah yang bagus akan mempermudah mendapat pekerjaan.

Terlebih lagi untuk kamu yang ingin kuliah, belajar adalah hal wajib yang harus dilakukan. Tinggalkan kebiasaan tak bermanfaat, mari fokuslah ke masa depanmu.

4. Tujuan

Masalah yang sering dihadapi siswa kelas 12 adalah sering ditanya ‘habis tamat mau kemana?’

Sebaiknya, kamu harus mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan itu. Karena akan banyak sekali orang yang bertanya termasuk gurumu sendiri. Jadi, apa rencana mu setelah tamat? jangan sampai kamu tidak punya jawaban untuk pertanyaan ini, kamu akan dicap sebagai orang yang tidak punya rencana masa depan. Jangan sampai, setelah lulus, kamu hanya berdiam diri di rumah karena bingung dengan tujuan hidupmu sendiri.

5. Persiapan Diri Menuju Tamat

Ditengah kesibukan belajar, teruslah mencari informasi yang menyangkut tentang tujuanmu. Rajinlah mencari informasi tentang universitas incaran mu beserta hal-hal penting lainnya seperti beasiswa dan jadwal tes, agar kamu bisa mempersiapkan dengan matang.

Dan untuk kamu yang ingin bekerja, persiapkanlah dirimu dengan baik menuju dunia kerja. Mempelajari tips-tips tes wawancara adalah hal yang penting kamu lakukan. Agar memperbesar peluang mu untuk diterima kerja.

6. Bersiap Untuk Berpisah Dengan Teman

Kebersamaan dengan teman seperjuangan mu dikelas 12 sudah hampir berakhir, persiapkanlah diri untuk rela berpisah dengan mereka semua. Percayalah, hari-harimu selanjutnya akan tidak sama seperti saat sekolah. Jadi, luangkanlah waktu untuk mengukir kebersamaan dengan mereka.

Banyak-banyak berfoto, sering-sering menghabiskan waktu bersama, karena masa-masa inilah yang paling kamu rindukan nantinya.

Selalu berhubungan baik dengan mereka semua, lebih baik lagi jika kamu membuat grup kelas bersama teman-temanmu yang lain, agar tidak susah untuk berkomunikasi. Dan jika ada permusuhan dengan temanmu ada baiknya segera dituntaskan. Karena mungkin kalian tidak akan dipertemukan lagi, dan akan sulit memperbaiki semuanya. Bisa jadi, kalian tidak dipertemukan lagi dan hanya rasa dendam yang tersisa.

Intinya, kalian harus siap-siap akan berpisah dengan teman seperjuangan mu. Meskipun begitu, tetaplah berhubungan baik dan saling mendukung satu sama lain. Bisa jadi, temanmu bisa membantu mencarikan pekerjaan.

7. Siap-Siap Berpisah Dengan Gurumu

Selain akan berpisah dengan teman, tentunya kamu akan rela berpisah dengan sosok yang telah mengajarimu selama tiga tahun, kamu jangan pernah melupakan jasa-jasa mereka.

Mulailah meminta nomor kontak mereka, hubungan guru dan murid tidak semata-mata berakhir hanya karena sudah lulus. Barangkali, kamu bisa dapat kerjaan karena direkomendasikan oleh gurumu.

Guru merupakan orang tua kedua setelah orangtuamu di rumah. Maka, jangan ragu untuk sharing dengan mereka. Sebelum lulus, cobalah untuk berdiskusi dengan gurumu. Mintalah pendapatnya tentang dirimu, tanyakanlah hal-hal seperti.

“Apa sifat buruk saya yang harus dirubah?”

“Apa jurusan kuliah yang cocok untuk saya?”

“Bagaimana caranya meningkatkan motivasi belajar?”

Jangan ragu untuk menanyakan semua itu, karena gurumu pasti sudah memahami sifat dan perilaku mu dengan baik. Gurumu akan memberi jawaban yang jujur, karena tujuan mereka memang ingin melihat siswanya sukses.

8. Waktu

Perbanyak meluangkan waktu untuk fokus belajar dikelas 12. Tinggalkanlah kebiasaan yang tidak bermanfaat, karena waktu tidak akan pernah bisa diulang.

9. Buat KTP

Jika umurmu sudah menginjak 17 tahun dikelas 12. Segeralah mengurus KTP. Hal ini sangat penting karena akan sangat diperlukan nantinya, syarat ini paling utama jika ingin mendaftar kuliah ataupun melamar pekerjaan. Persiapkanlah jauh-jauh hari agar kamu tidak kelabakan, karena bisa jadi proses pembuatan KTP akan diproses berbulan-bulan.

Itulah berbagai Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Untuk Siswa Kelas 12, semoga bisa bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.