HP Oukitel WP15 mencengangkan dunia smartphone dengan menghadirkan baterai super jumbo 15.600 mAh. Seketika ponsel buatan China ini menarik perhatian para pecinta gadget di berbagai belahan dunia.

Hingga saat ini yang sering kita ketahui adalah baterai-baterai jumbo yang hanya berkisar antara 4000 hingga 7000 mAh. Sebut saja dari merek Samsung Galaxy M51 dan Galaxy M62, yang memiliki daya baterai sebesar 7000 mAh. Namun ternyata merek Oukitel berhasil memproduksi banyak seri smartphone dengan daya baterai di atas 1000 mAh. Seperti seri terbaru mereka HP Oukitel WP15 ini, yang bahkan memiliki daya baterai terbesar di dunia.

Peningkatan pengguna handphone yang semakin tinggi, memang membuat beberapa vendor meluncurkan sebuah ponsel dengan spesifikasi terbaik. Bagi orang yang memiliki banyak kesibukan di luar rumah, kapasitas baterai tentunya menjadi salah satu indikator utama dalam memilih sebuah ponsel dengan kualitas terbaik. Selain itu, HP dengan daya baterai besar juga memungkinkan Anda untuk melakukan komunikasi dalam waktu yang lama.

Secara keseluruhan, Oukitel WP15 mampu menghadirkan kinerja dan performa terbaik, serta menawarkan berbagai fitur yang sangat menarik. Nah agar lebih mengenal ponsel canggih ini, berikut dapat Anda simak mengenai spesifikasi HP Oukitel WP 15.

  1. Pabrikan : OUKITEL
  2. Model : WP15 5G
  3. Jenis : Rugged Phone
  4. RAM : 8 GB
  5. Memori Internal (ROM) : 128 GB
  6. Memori Eksternal : 256 GB
  7. Sistem Operasi : Android 11
  8. Chipset : MediaTek Dimensity 700 5G Octa-core
  9. Kartu Grafis : Mali-G57MC
  10. Ukuran Layar (Diagonal) : 6.52 inci
  11. Jenis Layar : IPS LCD
  12. Jumlah Sentuhan : 10
  13. Kecerahan : 450 cd/m²
  14. Resolusi : 1600 x 720 piksel, aspek rasio 18:9
  15. Kamera Depan : 8 MP (Sony IMX582)
  16. Kamera Belakang : 48 MP Sony + 2 MP macro + 0,3 MP portrait, LED ganda
  17. Perlindungan : Tahan air, anti debu dan guncangan (IP68, IP69K, MIL-STD-810G)
  18. SIM Card : Dual SIM Card (Nano SIM, Nano SIM atau kartu memori)
  19. Jaringan : 2G, 3G, 4G, 5G
  20. Berat : 485 gram
  21. Dimensi : 178.2 x 86.2 x 23.8 mm
  22. Bluetooth : Ada
  23. WiFi : Ada
  24. NFC : Ada
  25. USB : Type C 1
  26. Dukungan Sistem : GPS, A-GPS, GLONASS, Beidou, Galileo
  27. Tipe Baterai : Tetap
  28. Kapasitas Daya Baterai : 15.600 mAh
  29. Pengisian Daya Cepat : Ada
  30. Waktu Siaga : 8-9 hari mode normal 3-4 hari
  31. Sensor : Sidik jari, kedekatan cahaya, cahaya sekitar, giroskop, accelerometer, kompas
  32. Material Case : Plastik, karet
  33. Warna : Hitam dan orange

Oukitel merupakan salah satu produsen smartphone yang belum lama ini meluncurkan sebuah ponsel dengan menawarkan kapasitas baterai super monster. Perusahaan Oukitel sendiri berasal dari Tiongkok dan berada di bawah naungan perusahaan Shenzhen YunJi Intelligent Tech.Co, Ltd.

HP Oukitel WP15 memiliki kapasitas daya baterai yang sangatlah besar, yakni mencapai 15.600 mAh. Hadir dengan fitur fast charging 18W, hp ini diklaim mampu bertahan selama 3-4 hari dalam penggunaan mode normal. Maka tak heran, perangkat ini menjadi salah satu ponsel dengan kapasitas baterai terbesar di dunia.

Kapasitas baterai memang menjadi faktor utama dalam memilih sebuah ponsel, karena dapat menunjang berbagai kegiatan dalam waktu yang lama. Meskipun powerbank bisa menjadi alternatif dalam mengatasi darurat daya baterai, tapi membawa HP Android bersama powerbank tentunya sangatlah merepotkan.

Maka dari itu, memilih ponsel dengan kapasitas baterai besar menjadi solusi terbaik, karena Anda tidak perlu repot membawa powerbank atau bahkan mencari colokan listrik terdekat. Anda hanya perlu memastikan daya baterai terisi penuh untuk menunjang segala aktivitas dalam waktu lama.

Selain memiliki kapasitas baterai yang besar, HP Oukitel WP15 juga mampu meluncurkan tiga buah kamera (triple camera) dibagian belakang. Tingkat resolusi kamera utamanya sebesar 48 MP dan bersensor Sony. Selain itu ada 2 MP kamera macro dan 0,3 MP kamera portrait.

Sedangkan pada kamera bagian depan atau kamera selfie memiliki resolusi 8 MP (Sony IMX582), yang mendukung kecerdasan buatan (AI) dengan konsep desain waterdrop. Dengan ukuran resolusi kamera yang terbilang besar, tentunya dapat menghasilkan kualitas foto dan video yang lebih maksimal. Meskipun produk ini belum seterkenal smartphone lainnya, tapi kualitas kameranya cukup bisa diandalkan.

Tak bisa dipungkiri, bahwa HP Oukitel WP15 memiliki kapasitas penyimpanan yang terbilang besar. Hal tersebut tentunya menjadi suatu kelebihan tersendiri, dimana Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan proses multitasking pada ponsel. Atau bahkan membersihkan penyimpanan secara berkala.

Perangkat ini sendiri memiliki RAM sebesar 8GB dengan Memori Internal (ROM) sebesar 128 GB. Selain itu melalui slot TF Card, pengguna juga dapat menambahkan memori eksternal hingga 256 GB. Tentunya semakin besar kapasitas penyimpanan, maka semakin banyak pula ruang yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi.

Sistem keamanan ponsel menjadi suatu hal yang wajib ada dan paling penting bagi para penggunanya. Pasalnya seluruh data informasi yang bersifat pribadi tersimpan pada ponsel tersebut, yang terkadang rawan terjadi kebocoran data.

Namun, sekarang Anda tak perlu khawatir karena ponsel ini mampu menghadirkan beberapa rangkaian keamanan yang super kuat. Salah satunya memakai fitur keamanan fingerprint dan face unlock.

Fingerprint adalah salah satu fitur keamanan yang mengandalkan sensor dan sidik jari pengguna sebagai identifikasi pemilik ponsel tersebut. Sedangkan, face unlock merupakan fitur keamanan yang mengandalkan wajah pengguna untuk membuka kunci, sehingga dapat mengakses ponsel yang digunakan. 

Pada dasarnya, HP Oukitel WP15 menjadi ponsel rugged phone terbaik yang didesain khusus memiliki pertahanan dan perlindungan yang kokoh terhadap segala kerusakan. Misalnya kerusakan yang disebabkan oleh air, debu, getaran atau bahkan guncangan. Selain itu, ponsel ini juga memang dirancang untuk bertahan dalam kondisi suhu maupun cuaca ekstrim, penanganan kasar, dan kerusakan yang tidak disengaja.

Sebagai salah satu ponsel outdoor terbaik, ponsel ini pastinya mendukung sertifikasi IP68 (tahan air) dan IP69K (tahan debu). Perangkat ini bahkan telah lulus uji dalam standar militer ketahanan ponsel, dengan mengantongi sertifikat MIL-STD-810G. Oleh karena itu, HP ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki banyak kesibukkan di luar ruangan.

HP Oukitel WP15 diklaim menjadi ponsel 5G tangguh pertama yang memiliki baterai dengan kapasitas super besar. Apalagi perusahaan Oukitel memasang chipset MediaTek Dimensity 700, yang memungkinkan pengguna dapat terkoneksi dengan jaringan 5G tanpa kendala.

Perlu Anda ketahui, bahwa Teknologi 5G adalah jaringan generasi kelima yang digadang-gadang memiliki kecepatan unduhan yang berkali-kali lipat lebih cepat. Apalagi jika dibandingkan dengan kecepatan jaringan 4G.

Dilansir dari laman Gizmochina, perusahaan Oukitel menjelaskan bahwa smartphone ini mampu mengunduh dalam kecepatan 2,3GBp/s dan 1,2GBp/s ketika mengunggah file. Selain itu, dengan memiliki daya baterai yang super besar tentunya dapat menghemat baterai ketika digunakan untuk berselancar di dunia maya.

Secara tampilan, HP Oukitel WP15 memiliki desain body belakang yang sangatlah elegan dengan menghadirkan dua varian warna, yaitu hitam dan orange. Terlebih lagi HP Oukitel WP15 mengusung resolusi layar HD+ sebesar 6.52 inci bertipe IPS LCD, dengan rasio aspek 18:9 dan berkonsep waterdrop.

HP Oukitel WP15 memang tidak jauh berbeda dengan ponsel outdoor pada umumnya yang memiliki rancangan tahan banting dan rugged. Namun yang membuatnya berbeda, ponsel ini dibekali jaringan 5G dengan kapasitas baterai super monster.

Selain desain dan tampilan, smartphone ini juga mampu memberikan sederet fitur tangguh yang sangat menarik. Seperti Waterproof, Dustproof, Shockproof, Google Pay, Android 11, Fingerprint ID, Face Unlock, GPS, GLONASS, Beidou, Galileo, dan NFC (Near Field Communication).

Berbicara soal harga, produk ini dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif.  HP Oukitel WP15 sendiri dirilis secara resmi pada tanggal 23 Agustus melalui marketplace AliExpress. Harga HP ini terbilang ramah di kantong, yakni sekitar $299 atau setara dengan Rp 4,3 juta rupiah pada saat peluncuran komersial pertama.

Harga tersebut tentunya sangatlah terjangkau untuk ponsel sekelas mid-range. Mengingat ponsel ini menghadirkan sederet fitur menarik dan performa terbaik yang tidak bisa Anda temukan pada ponsel sejenisnya.

Baca Juga: Android Versi 12 Beta Resmi Rilis, Yuk intip fitur terbarunya!

Kekurangan HP Oukitel WP15

Setelah Anda melihat gambaran umum dari spesifikasi, desain, harga, hingga kualitas baterai HP Oukitel WP15 ini, tak lengkap rasanya bila kita tidak menggali lebih jauh kekurangan yang dimiliki perangkat ini. Hal ini nantinya juga bisa menjadi standar pertimbangan Anda, apakah produk ini patut dilirik. Berikut di bawah ini sederet kekurangan handphone ini, yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Bobot yang Terlalu Berat

Menurut beberapa riset yang telah dilakukan, bobot ideal sebuah ponsel adalah sekitar 140 gram sampai 170 gram. Sementara itu, HP Oukitel WP15 memiliki bobot mencapai 485 gram dengan dimensi 178.2 x 86.2 x 23.8 mm. Dengan bobot serta dimensi sebesar itu, tentunya HP ini dianggap terlalu berat untuk digunakan.

Hal tersebut memang terasa wajar, mengingat HP ini termasuk ke dalam jajaran rugged phone yang memiliki desain super kokoh. Apalagi dengan adanya baterai super monster berkapasitas 15.600 mAh membuat ponsel ini memiliki bobot yang terlalu berat.

Selain itu, smartphone ini juga terbilang besar dan tebal apabila dibandingkan dengan jenis ponsel lainnya. Hal tersebut dapat terjadi karena handphone ini memiliki desain frame berlapis. Mulai dari lapisan plastik, karet, hingga frame metal, sehingga membuat ponsel ini memiliki pertahanan dan perlindungan yang sangat kuat.

2. Pengisian Baterai Lebih Lama

Suatu hal yang wajar apabila ponsel dengan kapasitas baterai super besar memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan pengisian daya baterai. Ibaratnya, Anda mengisi air pada gelas kecil dan gelas besar secara bersamaan. Maka tentunya yang akan terisi penuh lebih dulu ialah gelas kecil, bukan?

Sama halnya dengan HP Oukitel WP15 yang memiliki baterai super besar berkapasitas 15.600 mAh, sehingga membutuhkan waktu pengisian daya yang cukup lama. Meskipun handphone ini memiliki fitur fast charging 18W, tapi untuk melakukan pengisian daya baterai secara penuh Anda harus sabar menunggu kira-kira sampai 5 jam lamanya.

3. Sulit Mencari Charger yang Kompatibel

Charger original yang Anda gunakan pada ponsel dengan kapasitas baterai super besar, tentunya sangatlah berbeda dengan charger biasa pada umumnya. Dimana besaran daya yang ditransfer melalui charger original pastinya lebih besar jika dibandingkan dengan charger biasa.

Jika charger original rusak atau bahkan hilang, maka kendala yang akan Anda hadapi ialah sulitnya mencari charger yang kompatibel. Apalagi merek Oukitel belum banyak dijual di pasaran dalam negeri. Hal ini tentu akan semakin menyusahkan Anda dalam mencari charger yang kompatibel.

Apabila Anda melakukan pengisian daya melalui charger biasa, terdapat beberapa risiko yang dapat terjadi seperti pengisian daya yang jauh lebih lama, tidak optimal, dan cepat habis. Oleh karena itu, pastikan mengetahui besaran daya listrik yang dihasilkan charger original supaya bisa mengganti charger lama dengan charger baru yang kompatibel.

4. Tidak Dilengkapi Kamera Ultrawide

Meskipun memiliki sederet fitur menarik, HP Oukitel WP15 ternyata tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal ponsel dalam kelas menengah sekarang ini telah menerapkan teknologi kamera berjenis ultrawide, karena mampu menghasilkan kualitas foto terbaik dengan sudut pandang yang lebih luas.

Selain itu, kamera macronya yang terbilang kecil hanya beresolusi 2 MP membuat hasil jepretan yang kurang bagus apabila dicetak pada kertas foto. Akan tetapi jika pengguna hanya berbagi hasil foto tersebut dalam aplikasi jejaring sosial, maka resolusi foto yang dihasilkan masih bisa ditoleransi.

5. Sensor kamera berumur

Pada dasarnya, handphone ini tidak termasuk dalam golongan ponsel photography. Melainkan sebuah smartphone outdoor yang memiliki ketahanan super kokoh dan diperuntukkan bagi orang yang mempunyai banyak kesibukkan di luar ruangan.

HP Oukitel WP15 ini dapat dikatakan memiliki sensor kamera yang berumur. Dimana kinerja sensor lama-kelamaan akan menurun seiring dengan pemakaiannya. Meskipun begitu, sensor yang tertanam bukanlah sensor sembarangan. Dikarenakan memang HP ini memakai sensor kamera dari Sony yang sudah terkenal dan terjamin memiliki kualitas natural dan jernih.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.