Informasi Pendaftaran UTBK TA 2020/2021 lengkap! Ketentuan,Syarat…

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh…

Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit informasi penting seputar pendaftarkan UTBK 2020, simak bak-baik ya teman-teman..

Pembukaan

Siapa yang tidak mengenal LTMPT, pastinya seluruh murid SMA khususnya kelas 12 pastinya sudah familiar dengan kata yang satu ini, LTMPT (Lembaga Penyelenggara Tes Masuk Perguruan) merupakan lembaga yang bertujuan untuk menyeleksi para calon mahasiswa maupun mahasiswi yang hendak mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri, menurut Wikipedia  lembaga ini berada dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penerimaan mahasiswa baru PTN (perguruan tinggi negeri) tahun 2020 dilaksanakan dengan menggunakan 3 jalur masuk dimana setiap jalurnya memiliki Kuota yang berbeda-beda, diantara jalur-jalur masuknya adalah:

  • SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri), dengan kuota minimum sekitar 20% dari seluruh daya tampung setiap PTN
  • SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) atau biasa kita sekarang kita kenal dengan UTBK (ujian tulis berbasis komputer), kuota jalur ini relatif cumul banyak yaitu berkisar minimun 40% pada setiap PTN nya
  • Mandiri, ini adalah jalur seleksi yang digelar oleh masing-masing PTN dan ketentuannya berdasarkan masing-masing PTN, kuota pada jalur ini sekitar 30% dari keseluruhan kuota pada PTN.

Pada jalur masuk tersebut jelas mana yang memiliki kuota paling banyak, tapi dibalik banyaknya jumlah kuota berimbang juga dengan banyaknya peminat pada jalur masuk yang satu ini.

Menurut informasi, ketua LTMPT menyebut bahwa ada sebanyak 698.505 siswa yang terdaftar di sbmptn (ubtk) pada gelombang pertama (13 april – 04 mei 2019)

Pada gelombang keduanya (11 Mei – 26 Mei 2019) terdapat sebanyak  597.115 yang telah mendaftarkan diri pada SBMPTN (utbk)

Woww.. banyak sekali ya.. diperkirakan setiap tahunnya akan terus mengalami kenaikan karena setiap tahun pasti ada saja yang gap year (tidak kuliah 1-beberapa tahun setelah lulus) yang kemudian mendaftarkan diri pada SBMPTN ditahun berikutnya, bayangkan jika pendaftar sebanyak itu dan kuotanya terbatas, kemungkinan masuknya pun akan lebih kecil, eitss… nggak juga kok, tergantung semangatt dan perjuangan kita juga, kesempatan akan terbuka lebar bagi siapa saja yang mau berjuang dan berusaha untuk menggapainya.

Apa itu UTBK?

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis komputer, yapss… sesuai dengan namanya, ujian ini full menggunakan sistem komputer terhubung dengan internet yang menghubungkan setiap komputer ke server pusat, sehingga hasil ujian akan akan dengan lebih cepat dan mudah untuk dianalisa.

Adapun materi yang diujikan pada UTBK ini antara lain terbagi menjadi 2 bagian umum, diantaranya : 

  1. TPS (tes potensi skolalistik)
  2. TPA (tes potensi akademik)

| Baca juga: Mengenal Tes Verbal pada UTBK (SBMPTN) | Kumpulan Materi Saintek | Kumpulan Materi Soshum

Masing-masing ujian tersebut diujiankan kepada 3 kelompok jurusan, diantaranya:

  • Saintek (IPA) dengan materi ujian mencakup : TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi)
  • Soshum (IPS) dengan materi ujian mencakup : TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi);
  • Campuran (IPC) dengan materi ujian mencakup TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Dilansir dari website resmi LTMPT www.ltmpt.ac.id bahwa jadwal pelaksanaan tes dilakukan selama 7 hari dengan 14 sesi, terdapat 2 materi yang akan diujiankan setiap harinya.

Ketentuan Umum UTBK 2020

Berikut ini adalah ketentuan umum untuk dapat mengikuti UTBK:

  • Siswa/siswi SMA/MA/SMK Kelas 12 tahun ajaran 2019/2020 atau peserta didik paket C lulusan 2020
  • Siswa/siswi SMA/MA/SMK lulusan 2018/2019 atau lulusan paket C
  • Materi yang diujiankan sesuai dengan prodi yang dipilih oleh masing-masing peserta.
  • Hasil UTBK tahun 2020 hanya berlaku pada tahun penerimaan mahasiswa/mahasiswi tahun 2020 saja
  • Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2020 sebanyak satu kali
  • Peserta membayar bea (biaya) UTBK.

Tahapan pendaftaran UTBK

Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk dapat mengikuti UTBK:

  • Registrasi (Mendaftarkan) akun LTMPT teman-teman terlebih dahulu dengan menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pendaftaran dibuka mulai tanggal 07 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
    Sekedar informasi untuk alumni 2019 atau yang gapyear registrasi akun hanya bisa dilakukan setelah tanggal 7 januari ya teman-teman, jadi harap bersabar.. ini ujian :v
  • Silahkan teman-teman melakukan login dengan menggunakan username/email dan password (yang telah teman-teman daftarkan sebelumnya) ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Sekarang teman-teman pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, dengan mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata
  • Memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis materi ujian dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk bisa mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  • Membayar tagihan pembayaran yang telah teman-teman dapatkan taxi melalui trasnfer bank (Bank Mandiri, BNI, atau BTN) menggunakan slip pembayaran kecuali bagi teman-teman yang menggunakan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam ya.. jadi jangan sampai lupa
  • Setelah teman-teman selesai melakukan pembayaran sekarang saatnya untuk mencetak kartu pęseta UTBK, caranya : login kembali ke laman, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  • Nahh setelah semua langkah-langkah diatas telah dilakukan saatnya teman-teman menunggu waktu ujian tiba, disaat menunggu saat tiba ujian alangkah baiknya jika teman-teman persiapkan dengan matang diri teman-teman untuk menghadapi UTBK, pastikan juga ya teman-teman datang tepat waktu… jangan sampai terlambat.

Nb: catat (buat tanda alarm atau penanda kalender) sesuai dengan hari dan tanggal ujian.

Jadwal UTBK

Berikut ini adalah jadwal UTBK  


Jadwal UTBK 2020, Sumber: www.ltmpt.ac.id

Pengumuman Hasil UTBK

Hasil UTBK pada tahun 2020 dapat dilihat secara serentak di seluruh indonesia pada tanggal 12 Mei 2020 pukul 17.00 WIB.

Sebagai saran, sebaiknya jangan terburu-buru untuk membuka pengumuman ya teman-teman, alangkah baiknya untuk meminta doa kepada tuhan, orang tua, saudara, teman-teman maupun kerabat terlebih dahulu yaa.. dan diusahakan untuk membukanya malam ya teman-teman karena biasanya server akan mengalami down akibat banyaknya peserta UTBK yang ingin melihat hasil UTBK nya.

Sekian informasinya, semoga bermanfaat dan semoga teman-teman mendapatkan hasil yang terbaik ya…

Jangan lupa bagikan juga informasi ini kepada teman-temanmu agar dapat memberikan manfaat kepada mereka.

Share on print
PRINT ARTIKEL

Bagikan Artikel melalui :