Introvert, Extrovert, dan Ambivert (Pengertian,Ciri-Ciri, dll)

Mungkin diantara kita sering mendengar istilah Introvert Extrovert dan Ambivert. Namun tidak banyak dari kita yang tahu apa yang dimaksud dengan Introvert Extrovert dan Ambivert. Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari Pengertian dan Ciri Introvert, Extrovert, dan Ambivert.

Pada awalnya istilah  Introvert Extrovert dan Ambivert mulai dipopulerkan oleh seorang psikologi berkebangsaan Swiss yang cukup terkenal bernama Carl Gustav Jung atau akrab dipanggil “C.G Jung” didalam bukunya yang berjudul “Psychologische Typen”.

“konsep dan tolak ukur utama yang dipakai untuk melakukan analisa psikologi seseorang adalah dengan melakukan penelitian terhadap sifat individual mereka. Apakah ia termasuk kategori Introvert Extrovert atau Ambivert “

Carl Gustav Jung (C.G Jung)

Secara umum manusia memiliki sisi introvert dan extrovert yang ada didalam kepribadian mereka masing-masing. Namun pasti terdapat salah satu sisi yang akan muncul lebih dominan pada karakter setiap orang. Apakah Kamu kamu termasuk yang memiliki sisi Introvert Extrovert dan Ambivert? Yuk kita simak pembahasannya.

Pengertian Introvert, Extrovert, dan Ambivert

Mungkin diantara kita sering mendengar istilh Introvert, Extrovert, dan Ambivert. Tapi tidak banyak dari kita yang familiar dengan istilah yang satu ini yaitu Ambivert, karena memang istilah tersebut kalah terkenal dibandingkan dengan istilah lainnya seperti Introvert dan Extrovert. Berikut penjelasannya:

Pengertian Introvert

introvert

Introvert adalah sikap atau karakteristik yang dimiliki oleh seseorang dimana ia memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya.

Orang yang memiliki kecenderungan Introvert lebih menyukai keadaan yang tenang, mereka jauh lebih menyukai kesendirian dan saat melakukan sesuatu hal mereka akan cenderung reflektif serta biasanya Mereka memilih untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal yang baru.

Seseorang dengan sisi Introvert jauh lebih menyukai melakukan sesuatu hal yang sifatnya soliter (bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain)

Cara mengenali seseorang dengan karakteristik Introvert adalah dengan memperhatikan reaksinya ketika melakukan suatu kegiatan yang berhubungan dengan keadaan lingkungan yang interaktif (membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain). Jika reaksinya menunjukan bahwa ia tidak menyukai ajakan tersebut maka bisa dipastikan bahwa ia cenderung memiliki karakter Introvert.

Baca Juga: Cara Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiri

Beberapa orang yang kebanyakan masuk dalam golongan Introvert adalah seorang seniman, penulis, atau penemu. Menurut mereka, sendiri adalah suatu hal yang sangat menyenangkan sehingga mereka jauh lebih menikmati waktu yang mereka habiskan sendirian.

Saat mereka berkunjung maupun datang ke suatu acara dimana ada banyak orang disana mereka yang memiliki sisi Introvert ini akan cenderung menyendiri atau biasa disebut “me time”, biasanya mereka melakukan hal tersebut dengan tujuan untuk memulihkan kembali fikiran dan tenaga mereka.

Orang dengan kecenderungan Introvert sering di nilai sebagai orang yang pendiam, pemalu, dan penyendiri, namun sebenarnya seorang introversi itu bukan jenis orang yang selalu menutup diri dari dunia luar hanya saja mereka memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda dengan sisi Extrovert. Sehingga hal inilah yang menyebabkan mereka sering mendapatkan penilaian yang salah dari banyak orang.

Ciri-ciri Introvert

Pada umumnya seseorang dengan sisi Introvert memiliki beberapa perbedaan karakteristik dan kebiasaan, berikut uraiannya:

  1. Pendiam dan menyukai kesendirian bahkan cenderung menyimpan perasaannya sendiri.
  2. Cenderung Menarik diri dari perkumpulan orang yang tidak dikenal
  3. Tidak suka dengan keramaian
  4. Memiliki kecenderungan suka menulis
  5. Mudah bersosialisasi dengan orang yang dikenal
  6. Cermat dalam mengamati keadaan sekitarnya
  7. Biasanya handal dalam memahami karakteristik orang lain
  8. Sedikit bicara dan berfikir panjang sebelum bicara
  9. Berfikir panjang sebelum melakukan sesuatu hal
  10. Menyukai pembicaraan yang berat

Fakta Menarik Orang Introvert

Mayoritas seseorang yang Introvert memiliki beberapa fakta menarik, dian taranya:

  1. Lebih menyukai derdialog dengan diri sendiri dibandingkan berdialog dengan orang lain
  2. Cenderung menghindari adanya kontak mata dengan orang lain
  3. Suka menyimpan gagasan yang berasal dari pemikiran didalam benak mereka sehingga mereka merasa tidak perlu untuk berbicara dengan orang lain untuk menemukan suatu gagasan.
  4. Cenderung menyukai beberapa aktivitas yang dilakukan untuk diri sendiri seperti membaca, menulis, dan meneliti.

Baca Juga: Kepribadian Introvert (PENGERTIAN, SEJARAH, CIRI DLL)

Pengertian Extrovert

extrovert
Ilustrasi Extrovert

Extrovert sendiri singkatnya kebalikan dari Introvert. Extrovert adalah sikap atau karakteristik seseorang yang menyukai keadaan lingkungan yang interaktif sehingga mereka cukup antusias terhadap hal-hal baru dan lebih senang bergaul dengan banyak orang.

Kalau sebelumnya kita mengenal si Introvert sebagai orang yang lebih menyukai keadaan yang ada didalam diri mereka maka Extrovert justru sebaliknya, mereka dengan sisi Extrovert jauh lebih menyukai keadaan yang ada diluar diri mereka sendiri.

Sesorang yang Introvert biasanya jauh lebih mudah melakukan hal yang berhubungan dengan sosial seperti: berinteraksi dengan orang, bertukar informasi, atau bahkan bergaul adalah hal yang menyenangkan bagi si Extrovert ini.

Baca Juga: 9 Langkah Jitu Menemukan Passion

Karena karakteristik si Extrovert yang dominan dengan sosialisme, hal inilah yang menyebabkan si Extrovert merasa bosan ketika berada dalam keadaan sendiri karena bagi mereka yang Extrovert kesendirian adalah hal yang sangat membosankan.

Cara mengenali apakah seseorang termasuk dalam Extrovert adalah dengan memperhatikan bagaimana reaksi orang tersebut ketika diajak untuk melakukan banyak hal yang berkaitan dengan lingkungan yang interaktif seperti berdiskusi, rapat, kerja kelompok, dan lain sebagainya yang membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Jika reaksi seseorang tersebut bersemangat, senang, atau bahkan bahagia berarti ia cenderun termasuk golongan orang yang Extrovert.

Singkatnya orang yang Extrovert lebih suka menyesuaikan diri dengan berbagai keadaan lingkungan interaktif dan memiliki kerjasama yang baik dalam sebuah komunitas atau organisasi sosial lainnya.

Ciri-ciri Kepribadian Extrovert

Si Extrovert akan terlihat jauh lebih energik dibandingkan dengan si Introvert. Biasanya mereka dengan karakteristik ini cenderung memiliki sifat terbuka.

Hal yang menarik dari orang dengan karakteristik Extrovert mereka biasanya sangat komunikatif (memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi) dan easy going.

Seorang Extrovert lebih banyak melakukan aktivitas yang ada diluar diri mereka secara spontan.

Biasanya si Extrovert ini cenderung tidak memusingkan hal-hal kecil sehingga mereka tidak muluk-muluk saat bertindak dan lebih menyukai sesuatu yang sederhana.

Berikut beberapa ciri-ciri Extrovert:

  1. Memiliki antusias yang tinggi
  2. Mudah bersemangat
  3. Spontan dalam bertindak
  4. Menyukai sosialisasi dan interaksi dengan banyak orang
  5. Senang menjadi pusat perhatian sehingga biasanya si Extrovert menyukai popularitas
  6. Suka hal sederhana
  7. Memiliki sifat cekatan
  8. Sigap dan tegas dalam bertindak
  9. Mudah beradaptasi dengan lingkungan baik lingkungan baru maupun lama
  10. Menyukai aktivitas yang berkaitan dengan linkungan interaktif seperti organisasi, komunitas,
  11. Mudah mencairkan suasana
  12. Suka menjadi pembicara daripada pendengar

Jika Kamu merasa dirimu memiliki salah satu ciri diatas berarti Kamu cenderung orang yang Extrovert.

Baca: Kepribadian Extrovert (Pengertian, Ciri-Ciri dan Mitos)

Pengertian Ambivert

Ilustrasi Ambivert

Ambivert adalah kepribadian yang dimiliki seseorang dimana berada dipertengahan antara Introvert dan Ambivert.

Ambivert digambarkan sebagai sosok yang memiliki kepribadian campuran yaitu introvert dan ekstrovert

Seseorang dengan ciri Ambivert senang bersosialisasi dengan orang lain, namun mampu menikmati saat dimana ia sedang sendiri sehingga si Ambivert mampu fleksibel saat berhadapan dengan berbagai situasi dan kondisi ada.

Baca Juga: Bagaimana Sress Mempengaruhi Otak (Proses, Dampak, dan Pencengahan)

Seorang Ambivert biasanya memiliki banyak pengalaman dalam menghadapi berbagai lika-liku kehidupan sehingga mereka cenderung memiliki mental yang kuat.

Ciri-ciri Kepribadian Ambivert

  1. Mampu menjadi pendengar dan pembicara yang baik
  2. Memiliki kemampuan Adaptasi yang baik
  3. Mampu mengatur prilaku sesuai keadaan
  4. Pribadi yang seimbang (cenderung tidak dominan antara introvert dan extrovert)
  5. Dalam beberapa kondisi suka dengan pembicaraan yang spesifik
  6. Mudah berempati dengan orang lain
  7. Nyaman saat berada kerumunan banyak orang atau dalam kondisi sendiri

Baca: Kepribadian Ambivert (Pengertian, Ciri dan Jenis Pekerjaan yang Cocok)

Kelebihan Seorang Ambivert

Karena memiliki kemampuan menjadi Introvert dan Extrovert maka kepribadian yang satu ini tentunya menjadi sangat spesial dan menarik apalagi Jika kepribadian ini mampu dioptimalkan tentunya akan sangat bermanfaat dalam menjalani kehidupan sosial.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sosok dengan kepribadian Ambivert:

  1. Memiliki mental kuat dalam menghadapi berbagai kondisi
  2. Sangat mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi sehingga memiliki interaksi yang baik dengan banyak orang
  3. Memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi seorang pemimpin.
Bagikan Artikel melalui :