Kepribadian Introvert (Pengertian, Sejarah, Ciri dll)

Introvert, sebuah istilah yang mungkin tidak asing lagi ditelinga kita bahkan seringkali kita menemukan istilah tersebut didalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah kita benar-benar faham apa pengertian kepribadian introvert?.

Introvert (introversion) merupakan salah satu kepribadian dari tiga macam tipe kepribadian yang ada didalam diri seseorang, kepribadian lainnya yaitu: Introvert dan Extrovert.

Baca Juga: Introvert, Extrovert dan Ambivert (Pengertian, Ciri-ciri, dll)

Pernahkah kamu mempunyai sahabat atau teman yang lebih senang menyendiri?, atau mungkin kamu sendiri yang jauh lebih senang dengan suasana yang hening dan sendiri?. Nahh beberapa tanda-tanda tersebut adalah salah satu ciri seorang Introvert lohh. Lalu muncul pertanyaan “kira-kira apasih introvert itu?”, berikut penjelasannya:

Pengertian Introvert

introvert

Introvert adalah suatu kepribadian yang dimiliki oleh seseorang dimana orang tersebut memiliki orientasi yang mendalam terhadap diri mereka sendiri atau kita kenal dengan istilah “inward thinking”.

Seseorang yang memiliki kecenderungan introvert ini terkenal jauh lebih senang melakukan sesuatu hal sendiri baik itu dalam berfikir maupun beraktivitas sehari-hari.

Menyendiri adalah cara terbaik bagi si introvert untuk mengumpulkan sumber mental yang ada didalam diri mereka, sehingga tidak heran jika si introvert sering dianggap aneh oleh kebanyakan orang.

Seorang introvert cenderung tertarik pada dunia pemikiran, ide dan konsep. Sehingga si introvert biasanya lebih menyukai aktivitas yang berhubungan dengan pemikiran, ide dan konsep.

Seorang yang memiliki kepribadian introvert sering dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai orang yang pendiam, tertutup atau bahkan anti sosial. Namun pada kenyataannya semua pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Biasanya ketika si introvert melakukan banyak aktivitas berhubungan dengan interaktif maka saat itu juga sisa cadangan energi mereka perlahan berkurang.

Asal Mula Istilah Introvert

Istilah introvert awalya dicetuskan Carl Jung didalam bukunya yang berjudul “Psychologische Typen” bersamaan dengan istilah sebutan untuk kepribadian lainnya seperti extrovert dan ambivert. Istilah tersebut menjadi salah satu istilah yang cukup populer hingga saat ini.

Beberapa teori menyebut bahwa setiap orang memiliki kecenderungan bahwa didalam dirinya ada 2 kepribadian yaitu introvert dan extrovert, namun umumnya manusia hanya cenderung diantara salah satunya.

Ciri-ciri Kepribadian Introvert

Introvert memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat kita kenali, yaitu:

  1. Cenderung menyimpan perasaannya sendiri
  2. Memiliki sifat pendiam
  3. Tidak suka keramaian
  4. Lebih banyak berfikir sebelum bertindak atau melakukan sesuatu
  5. Senang mengamati lingkungan sekitarnya dengan cermat
  6. Lebih suka kesendirian
  7. Memiliki kemampuan memahami karakteristik orang lain
  8. Tidak menyukai emosi
  9. Lebih menikmati waktu sendiri ‘me time’
  10. Tidak mudah bergaul
  11. Mampu menjadi perencana yang baik
  12. Selektif memilih lawan bicaranya

Beberapa Mitos Terkait Introvert

Seorang introvert sering mendapat penilaian yang salah dari masyarakat bahkan tidak sedikit mitos yang bermunculan tentang orang yang introvert, berikut beberapa mitos terkait introvert:

Orang Introvert Pendiam dan Anti Sosial

Tentunya pernyataan diatas tidaklah benar. Ketahuilah bahwa seorang introvert pada dasarnya bukan orang yang pendiam secara mutlak mereka yang introvert hanya bicara disaat ada sesuatu hal yang benar-benar penting atau mengharuskan untuk bicara, dalam artian seorang introvert berkata hanya pada waktu yang tepat dan benar-benar penting.

Paradigma bahwa introvert adalah anti sosial tentunya bukan pernyataan yang benar, si introvert hanya lebih selektif dalam memilih pergaulan, bukan karena mereka anti sosial akan tetapi karena mereka dengan kepribadian introvert cenderung merasa nyaman dengan orang yang benar-benar dianggap cocok dengannya, baik cocok dalam artian kebiasaan, hoby, dll.

Orang Introvert Susah Jadi Pemimpin

Diantara mitos lainnya adalah yang mengatakan bahwa seorang introvert sulit jadi pemimpin. Tentunya pernyataan ini tidak benar, sebuah studi pada tahun 2012 yang dilakukan oleh Corinne Bendersky dan Neha Shah dan diterbitkan didalam jurnal Academy of Management mengatakan:

Orang-orang dengan kecenderungan introvert bekerja dengan sangat baik dalam proyek grup

Seseorang dengan karakteristik introvert cenderung memiliki ketelitian yang tinggi, sangat teratur dalam melakukan banyak hal termasuk meneliti, berfikir dan melakukan aktivitas lainnya, sehingga orang dengan karakteristik introvert sebenarnya bisa memberikan kontribusi besar terhadap kesuksesan.

Orang Introvert Tidak Suka Keluar Rumah

Pernyataan tersebut tentu bukan pernyataan yang benar karena orang yang introvert hanya tidak suka berlama-lama dalam ruang publik. Mereka cenderung tidak ingin dirinya terlibat masalah ditempat umum. Seorang dengan kepribadian introvert mampu mendapatkan banyak informasi dengan sangat cepat sehingga seseorang dengan karakteristik ini lebih cepat berpindah tempat ketika merasa sudah mendapatkan apa yang dicari.

Kenapa Introvert Cenderung Suka Menyendiri?

Setelah kita memahami beberapa penjelasan diatas terkait kepribadian introvert ini, muncul sebuah pertanyaan “kenapa sih introvert cenderung suka menyendiri?”, nah ini merupakan pertanyaan yang cukup bagus, berikut alasannya:

Tidak Mudah Berkomunikasi dengan Banyak Orang

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert biasanya cenderung merasa sulit berkomunikasi dengan orang lain terutama orang yang tidak dikenal atau baru dikenalnya, biasanya mereka dengan kepribadian ini cenderung menutup banyak celah yang menyebabkan adanya pembicaraan.

Pada dasarnya seorang introvert bukanlah seseorang yang mutlak sulit berkomunikasi, namun mereka sulit berkomunikasi disaat yang tidak tepat atau tanpa tujuan yang mereka anggap jelas. Karena seseorang dengan kepribadian ini cenderung merasa nyaman dan cocok dengan orang yang sesuai dengan dirinya baik hoby, kebiasaan dan lain sebagainya.

Memiliki Sifat Pemalu yang Tinggi

Salah satu alasan lainnya adalah karena si introvert biasanya memiliki sifat pemalu yang tinggi, sifat pemalu sendiri pada umumnya didasari karena adanya rasa tidak percaya diri sehingga si introvert akan merasa canggung saat berhadapan dengan orang lain terutama yang tidak ia kenali.

Sulit Adaptasi dengan Lingkungan Baru

Si Introvert ini cenderung sulit menerima keadaan baru, dalam artian sulit beradaptasi dengan lingkungan baru terutama adaptasi yang dilakukan secara komunikatif. Mereka dengan kepribadian ini memilih untuk diam ketika mereka merasa sulit untuk menerima lingkungan baru yang mereka hadapi terlebih lingkungan yang sifatnya interaktif.

Kelebihan Introvert

Seorang yang memiliki kepribadian introvert memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki beberapa orang lainnya dengan kepribadian yang berbeda, berikut ulasannya:

Ahli Menilai Orang Lain

Kepribadian Extrovert ahli menilai orang
Ilustrasi Ahli Menilai Orang Lain

Yaa… seorang dengan kepribadian introvert memiliki kecenderungan mampu menilai orang lain secara lebih dalam berbeda dengan jenis kepribadian lainnya, hal tersebut dikarenakan si introvert memiliki kemampuan untuk memperhatikan sesuatu dengan cermat.

Seorang introvert cenderung lebih banyak berfikir, hal tersebut yang menjadikannya mampu untuk menilai orang lain dengan cukup baik.

Pembuat Keputusan yang Baik

Pengambil Keputusan yang Baik

Seorang introvert memiliki kemampuan mengambil keputusan dengan cukup baik karena si introvert pada dasarnya adalah seorang yang jauh medahulukan cara berfikir yang cukup panjang saat merencakan sesuatu hal. Sehingga seorang introvert saat mengambil suatu keputusan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Introvert Berkreativitas Tinggi

Introvert Berkreativitas Tinggi
Ilustrasi Introvert Berkreativitas Tinggi

Si introvert memiliki kreativitas yang berbeda dengan kepribadian lainnya. Dimana si introvert umumnya senang dengan penelitian dan penemuan maupun rancangan sesuatu hal baru. Hal tersebutlah yang membuat si introvert biasanya memiliki kreativitas yang cukup tinggi.

Baca Juga: 9 Langkah Jitu Menemukan Passion

Introvert Suka Hal Sederhana

Ilustrasi Introvert Suka Hal Sederhana

Karena kesenangan si introvert akan hal yang sederhana membuat kepribadian yang satu ini biasanya memiliki tingkat kepekaan yang cukup tinggi.

Introvert Adalah Seorang Mandiri

Ilustrasi Introvert Adalah Seorang Mandiri

Introvert biasanya dikenal sebagai orang yang mandiri, hal tersebut dikarenakan si introvert lebih senang melakukan berbagai hal sendirian tanpa bantuan orang lain. Sehingga kepribadian ini cenderung tidak mudah bergantung pada orang lain.

Introvert Tidak Mudah Marah atau Emosi

Ilustrasi Introvert Tidak Mudah Marah atau Emosi

Introvert adalah orang yang tidak mudah marah atau terpancing emosi, hal tersebut dikarenakan sosok introvert tergolong orang yang tenang, kalem, dan adem. Sehingga si introvert cenderung pandai menyembunyikan perasaan dan pandai mengontrol emosi yang ada pada dirinya.

Introvert Suka Mengalah

Ilustrasi Introvert Suka Mengalah

Kelebihan kepribadian yang satu ini adalah sifatnya yang suka sekali mengalah, hal tersebut disebabkan karena introvert cenderung menyukai lingkungan yang tenang, damai, dan nyaman tanpa kegaduhan. Sehingga si introvert tidak akan tidak akan membiarkan masalah yang ada menjadi rumit.

Si introvert lebih memilih diam saat berhadapan pada sesuatu hal yang dapat mengganggu ketenangan seperti diajak bertengkar atau berdebat akhirnya si introvert jauh memilih diam dan tidak banyak bereaksi.

Dari penjelasan diatas apakah merasa dirimu adalah seorang introvert?, jika jawabannya ‘iya’ maka banyak hal yang harus kamu syukuri dari kepribadianmu. Keep enjoy, postive thingking and do the best in your life!.

Klik tombol dibawah untuk print Artikel

Bagikan Artikel melalui :