Jenis-Jenis Beasiswa di Perguruan Tinggi yang Wajib Kamu Ketahui

Diposting pada

Ternyata ada banyak jenis-jenis beasiswa di perguruan tinggi yang disediakan untuk mahasiswa/wi. Ini berguna  agar dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dengan biaya murah bahkan gratis. Menyenangkan sekali bukan?.

Namun, sebelum memutuskan untuk mendaftar program beasiswa, Anda harus memahami betul syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara. Tujuannya agar Anda bisa menyiapkan berkas selengkap mungkin dan meminimalisir kesalahan.

Hal ini sangat berguna untuk memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Artikel berikut akan menjelaskan jenis-jenis beasiswa agar dapat Anda pahami. Sehingga nantinya bisa memilih paling tepat dan berguna demi kepentingan pendidikan. Jadi bisa kuliah dengan lebih menyenangkan.

Apa Itu Beasiswa?

Beasiswa adalah pemberian dana bantuan untuk perorangan dalam rangka digunakan bagi kelangsungan pendidikan yang sedang ditempuh.

Berikut adalah jenis-jenis beasiswa di perguruan tinggi berdasarkan sumber, bentuk, dan cakupan pembiayaan. Mari simak selengkapnya.

1. Beasiswa Berdasarkan Skala Pembiayaan Yang Diberikan

Jenis Beasiswa di Perguruan Tinggi Berdasarkan Skala Pembiayaan Yang Diberikan

Untuk jenis ini, penerima harus jeli dari lingkup pembiayaan yang diterima. Jenis ini bisa dibedakan menjadi kelompok beasiswa penuh dan kelompok sebagian atau parsial. Pada jenis beasiswa penuh, penyelenggara beasiswa akan menutup seluruh biaya pendidikan.

Tidak hanya itu, penyelenggara juga memberikan dana bagi kebutuhan pendukung lain selama penerima masih belajar di universitas tersebut. Keren sekali bukan? Semua tercukupi dan paling penting adalah kemudahan lain dalam hal pembiayaan yang bisa diperoleh.

Penyelenggara beasiswa penuh juga menanggung biaya hidup, akomodasi, perjalanan, dan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan studi. Kerennya lagi ada juga loh jenis beasiswa yang juga menanggung biaya hidup keluarga penerima beasiswa secara penuh.

Biasanya beasiswa yang menanggung biaya hidup keluarga ini harus melalui pembuktian bahwa penerima tergolong keluarga yang tidak mampu untuk jenis beasiswa di perguruan tinggi yang satu ini.

Selain beasiswa penuh, ada juga beasiswa parsial, dalam beasiswa ini hanya menanggung sebagan dari biaya keseluruhan yang Anda butuhkan selama studi, tentunya dengan syarat tertentu, biasanya biaya yang ditanggung adalah biaya kuliah dan akomodasi saja.

Beberapa penyelenggara memberikan beasiswa dalam bentuk kursus singkat.  Jadi cek dulu syarat dan bagaimana cara kerjanya, sehingga sewaktu melamar tidak salah fokus dan bisa memanfaatkan sebaik mungkin.

2. Beasiswa Sponsor atau Macam Sumber Pembiayaan

Beasiswa Melalui Sponsor atau Macam Sumber Pembiayaan

Jenis beasiswa di perguruan tinggi berdasarkan sponsor berjumlah cukup banyak. Beasiswa dengan sponsor pemerintah ditawarkan oleh pihak pemerintahan misalnya kementerian. Berbagai instansi pemerintah juga menawarkan beasiswa bagi umum dan karyawannya, misalnya Bidikmisi, Beasiswa LIPI dan Beasiswa BAPPENAS serta banyak lagi lainnya.

Ada lagi beasiswa yang disponsori oleh pihak swasta. Beasiswa ini biasanya diselenggarakan oleh perusahaan besar sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).

Umumnya jenis beasiswa dan program studi yang ditawari beasiswa berkaitan dengan bidang usaha perusahaan tersebut. Contoh perusahaan pemberi beasiswa adalah Beasiswa Sampoerna dan Beasiswa BCA Finance.

Macam-macam beasiswa di perguruan tinggi berdasarkan sponsor bisa berasal dari negara asing. Program beasiswa ini diselenggarakan sebagai sebuah bentuk kerjasama antar negara di bidang pendidikan dan kesejahteraan.

Penyelenggara beasiswa yang bekerjasama dengan perguruan tinggi dapat berasal dari Lembaga pemerintahan, Yayasan, ataupun perusahaan.

Pemberian beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pusat penelitian di negara berkembang.  Jadi penerima bisa memanfaatkan untuk kemajuan daerah atau negara masing-masing.

Sponsor atau penyelenggara beasiswa juga bisa berasal dari organisasi, yayasan, atau komunitas. Beasiswa yang diberikan pada penerima, biasanya sejalan dengan visi, misi atau kreteria khusus dari organisasi tersebut. Sebut saja beasiswa Yayasan Orbit milik ibu Ainun Habibie yang mempunyai misi membantu pemuda berprestasi untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya.

Jenis-Jenis beasiswa di perguruan tinggi dengan sponsor perguruan tinggi juga telah banyak diselenggarakan. Beasiswa ini diprioritaskan bagi lingkup mahasiswanya sendiri, bisa juga untuk mahasiswa dari lingkup luar universitas tersebut.

Adapun macam atau jenis beasiswa yang diebrikan juga sangat ervariasi. Contohnya adalah beasiswa pendidikan, untuk kelompok olahraga dan seni, bahkan bisa berupa pertukaran mahasiswa untuk saling belajar.

3. Jenis Beasiswa di Perguruan Tinggi untuk Pembiayaan Mahasiswa

Jenis Beasiswa untuk Pembiayaan Mahasiswa

Secara garis besar, ada 5 kategori beasiswa yang dberikan berdasarkan bentuk pembiayaan yang diterima. Misalnya adalah jenis beasiswa penghargaan yang diberikan untuk penghargaan atas prestasi akademis penerima dalam kurun waktu studi. Patokan pihak penyelenggara adalah nilai IPK yang selalu stabil dan tidak kurang dari 3,00. Bagi siswa sekolah, maka patokannya adalah nilai raport setiap semester.

Beasiswa bantuan ditawakan untuk para pelajar atau mahasiswa yang memiliki prestasi akademis baik. Syarat utamanya adalah berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan dibuktikan dengan surat keterangan yang berasal dari kelurahan.

Penilaian lain yang digunakan adalah pendapatan orang tua, jumlah tanggungan, biaya hidup, sampai kondisi rumah dan lingkungan sekitar. Jadi pastikan betul persyaratan yang dibutuhkan untuk macam-macam beasiswa di perguruan tinggi ini.

Beasiswa penelitian diberikan sebagai bentuk pendanaan sebuah penelitian terkait bidang studi yang ditempuh. Beasiswa penelitian bisa berasal dari perguruan tinggi dan perusahaan. Lembaga pemerintahan yang memiliki proyek penelitian juga sering menawarkan beasiswa ini karena mereka membutuhkan tenaga akademis yang handal.

Beasiswa non-akademik ditawarkan oleh perguruan tinggi atau Yayasan untuk pelajar atau mahasiswa yang berprestasi di luar akademik. Contohnya beasiswa seni dan beasiswa olahraga yang akan membebaskan dari biaya kuliah selama Anda tetap berprestasi di bidang tersebut. Sehingga sangat beragam macam-macam beasiswa di perguruan tinggi yang bisa dipilih.

Beasiswa ikatan dinas berarti sebuah bentuk beasiswa yang berfungsi untuk mengikat penerima kepada pihak sponsor. Hal ini merupakan sebuah bentuk timbal balik yang diajukan oleh pihak sponsor setelah mendanai studi. Apabila Anda menerima beasiswa ikatan dinas ini, artinya Anda bersedia untuk bekerja di perusahaan sponsor dalam jangka waktu tertentu.

Saat ini banyak beasiswa kuliah yang ditawarkan oleh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Sesungguhnya beasiswa itu ada bermacam-macam dan Anda harus mengenalnya sebelum memutuskan untuk mendaftar.

Agar bisa memperoleh jenis-jenis beasiswa di perguruan tinggi diatas Anda harus berusaha dengan sungguh-sungguh dan belajar dengan giat. Sertai juga kemampuan akademis Anda dengan skill lain seperti kemampuan berbahasa Inggris atau asing. Hal ini akan memberikan nilai tambah bagi resume yang Anda miliki. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.