Berikut Jenis-Jenis Paragraf Deskripsi Beserta Contohnya

Diposting pada

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian paragraf deskripsi dan berbagai hal yang berkaitan lainnya. Pada kesempatan ini kita akan bahas mengenai jenis-jenis paragraf deskripsi dan contohnya yang perlu kita ketahui.

Apa Itu Paragraf Deskripsi?

Pengertian Paragraf Deskripsi

Berdasarkan arti kata, deskripsi berasal dari Bahasa Inggris yaitu “Describe” yang artinya “Menggambarkan” atau “Menjelaskan”. Dapat kita simpulkan bahwa paragraf deskripsi merupakan jenis paragraf yang bertujuan untuk menjelaskan atau menggambarkan sesuatu yang hendak disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

Baca Juga: Pengertian Lengkap Paragraf Deskripsi dan Cara Membuatnya

Sesuatu yang dijelaskan tersebut dapat beranekaragam seperti bentuk, rasa, sifat, karakteristik dan sebagainya. Saat menuliskan paragraf, si penulis diharuskan memberikan pendapat, kesan, perasaan maupun hasil dari pengamatannya terhadap sesuatu.

Jika dibahas lebih lanjut, maka kita akan mengetahui bahwa perbedaan utama paragraf deskripsi dengan paragraf lainnya adalah isinya. Paragraf ini berfokus pada penjelasan mengenai tempat, suasana atau kejadian tertentu yang dirangkai menggunakan kata-kata. Sehingga dapat dengan mudah di pahami bahkan dirasakan oleh si pembaca.

Jenis-Jenis Paragraf Deskripsi

Jenis-Jenis Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu paragraf deskripsi spasial, paragraf deskripsi objektif dan paragraf deskripsi subjektif. Berikut penjelasan mengenai ketiga jenis paragraf tersebut:

1. Paragraf Deskripsi Spasial

Jenis paragraf ini erat kaitannya dengan ruang dan waktu, dimana didalamya berisi penjelasan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan ruangan. Penjelasan ruangan tersebut seperti atas, bawah, dalam, dan lainnya.

Selain itu, penulis juga bisa memberikan keterangan mengenai keadaan lain seperti bersih, kotor, rapih dan sebagainya.

Contoh Paragraf Deskripsi Spasial

Perumahan di daerah Grand Wisata memiliki ukuran yang cukup besar dengan tipe 75. Di gerbang masuk perumahannya juga terlihat sangat menarik karena dihiasi dengan lukisan yang indah. Selain itu ada juga taman-taman yang dibuat dengan sangat estetik, sehingga menambah kesan asri.

Setiap halaman rumah-rumah juga disediakan garasi yang cukup luas untuk parkir kendaraan motor dan mobil. Untuk akses masuknya juga cukup mudah karena letaknya tidak terlalu jauh dari jalan utama.

Airnya juga sangat jernih karena menggunakan PAM, sehingga dapat lebih hemat daya listrik. Jika bicara soal kebersihannya, sudah tidak diragukan lagi, karena ada petugas kebersihan yang selalu siaga menjaga kebersihan lingkungan.

Keamanan yang diberikan juga sangat bisa diandalkan, hal ini karena perumahan ini sudah menggunakan one get system dimana untuk keluar masuknya harus menggunakan kartu akses khusus penghuni.

Nb: Contoh Paragraf Deskripsi Spasial

2. Paragraf Deskripsi Objektif

Paragraf ini berisi gambaran sesuatu hal yang dibuat dengan pandangan yang apa adanya (objektif), sehingga si penulis tidak diperbolehkan menambah pendapat atau opini mereka. Darisinilah dapat kita pahami bahwa apa yang tertulis pada paragraf objektif ini adalah fakta.

Contoh Paragraf Objektif

Indonesia merupakan negara yang berbentuk kesatuan yang wilayahnya terbentang dari sabang sampai marauke. Negara ini juga dikenal dengan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Negara Indonesia terletak di Asia Tenggara, melintasi garis khatulistiwa dan berada diantara daratan benua australia dan asia.

Ada beberapa nama yang disematkan untuk negara Indonesia salah satunya adalah Nusantara. Pada tahun 2020 populasi dari penduduknya sendiri bisa mencapai 270.209.917 jiwa dan memiliki 17.504 Pulau.

Bentuk pemerintahan Indonesia yaitu Republik yang dipimpin oleh kepala negara yaitu presiden dan beberapa pemerintahan seperti DPR (Dewan Perwakilan Rakyat, dan MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat).

Contoh Paragraf Objektif

3. Paragraf Subjektif

Berbeda dengan paragraf objektif, paragraf subjektif merupakan paragraf yang mengharuskan penulis untuk memberikan opini atau pendapatnya sesuai apa yang ia ketahui dan rasakan.

Didalam pembuatanya, si penulis diperbolehkan menuliskan pendapat mereka yang hendak dituangkan berupa kata-kata. Agar si pembaca dapat merasakan sesuai apa yang dituliskan oleh si penulis.

Contoh Paragraf Subjektif

Ibuku adalah pahlawan terbaik di hidupku. Kesabarannya dalam menghadapi semua kenakalanku membuatku mengerti bahwa ibuku sangat tulus menyayangiku.

Biasanya setiap pagi hari, ibu membangunkanku dari tidur untuk siap-siap sekolah. Ibu selalu mempersiapkan semua kebutuhan sekolahku diatas meja ruang tamu seperti sepatu, seragam, dan tas.

Ibuku memang sudah tidak lagi muda, tapi masih banyak orang yang mengira bahwa ibuku masih remaja. Hal tersebut karena ibuku memang sangat menjaga kebersihan dan kerapihan.

Contoh Paragraf Subjektif

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis paragraf deskripsi, semoga dapat dengan mudah dimengerti dan membantu kalian dalam memahaminya ya.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.